Efektivitas Pendekatan Inkuiri dalam Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X SMK Pancasakti Makassar

Harnipa Harnipa, I Gede Purwana Edi Saputra, Nurhikmah Hasan

Abstract


Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan desain One-Shot Case Study yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan inkuiri pada hasil belajar fisika siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Pancasakti, semester genap Tahun Ajaran 2021/2022. Instrumen pengumpul data yang digunakan yakni tes hasil belajar koognitif siswa dan lembar observasi kekatifan dan sikap belajar siswa untuk aspek psikomotorik dan afektif. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif sebesar 78,4, pada aspek psikomotorik diperoleh skor rata-rata sebesar 79.46, dan untuk aspek afektif diperoleh skor rata-rata sebesar 12,71. Dari hasil analisis inferensial  untuk aspek kognitif diperoleh Zhitung = 1,46 < Ztabel = 1,64, sehingga Ho diterima dan H1 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa untuk aspek kognitif hasil belajar siswa berada pada kategori tinggi atau persentase siswa yang mencapai KKM > 75%. 
 

Keywords


Efektivitas; hasil belajar fisika; inkuiri

Full Text:

PDF

References


Hunaidah, M., Sukariasih, L., & Saputra, I. G. P. E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA Peserta Didik Kelas VIIID SMP Kartika XX-6 Kendari. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 7(3).

Ismawati, D., & Prasetyo, I. (2020). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 665. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.671

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Saputra, I. G. P. E., Harnipa, H., & Akhfar, M. (2021). Development of Science Learning Device Oriented Guided Inquiry with Virtual Laboratory to Train Science Process Skills of Junior High School Students in Kendari. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 7(1), 13–22. https://doi.org/10.21009/1.07102

Saputra, I. G. P. E., Saputra, I. G. P. E., Sejati, A. E., & Nurazmi, N. (2021). Development of Virtual Laboratory System Using EWB and Zoom Cloud in Dynamic Electricity Practicum as a Learning Solution in the Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(3), 262–272. https://doi.org/10.26618/jpf.v9i3.6066

Saputra, I. G. P. E., Saputra, I. G. P. E., Sukariasih, L., Nursalam, L. O., & Desa, S. S. (2022). The Effect of Scientific Literacy Approach with Discovery Learning Model toward Physics Concepts Understanding. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(2), 144–153. https://doi.org/10.26618/jpf.v10i2.7769

Saputra, I. G. P. E., & Sukariasih, L. (2019). Penerapan Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas XI-IPA 3 SMA Negeri 1 Watubangga. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 7(3). http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/14317

Sudjana. 2015. Metode Statistika Edisi 6. Bandung : Transito

Sukariasih, L., Gede, I., Saputra, P. E., Ikhsan, F. A., Sejati, A. E., & Nisa, K. (2019). IMPROVING THE LEARNING OUTCOMES OF KNOWLEDGE AND INQUIRY SKILL DOMAIN OF THIRD GRADE STUDENTS AT SMP NEGERI 14 KENDARI USING GUIDED INQUIRY LEARNING MODEL ASSISTED BY SCIENCE KIT. Luh Sukariasih et Al/ GEOSI, 4(2), 175–187. https://doi.org/10.19184/geosi.v4i2.10097

Sukariasih, L., Purwana, I. G., Nursalam, L. O., Sahara, L., & Reskiawan, B. (2019). Improving the Skill of Physics Science Process through Guide Discovery Method in Students at Senior High School. 341–344. https://doi.org/10.2991/icamr-18.2019.84


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 
Printed ISSN (p-ISSN): 2502-3861
Online ISSN (e-ISSN):2715-551X

Our Journal has been Indexed by: 
 

    Smiley face   Smiley face 

About license:

Creative Commons License
Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika by Jurusan Pendidikan Fisika FKIP UHO was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.    Based on a work at http://ojs.uho.ac.id/index.php/JIPFI 

Penerbit:

Jurusan Pendidikan Fisika FKIP Universitas Halu Oleo,
Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
e-mail office: jipfi@uho.ac.id