Logika Fisika Peserta Didik untuk Memajukan Alat Penangkap Ikan Tradisional di Danau Tempe

M. A. Martawijaya, Muliana Razaq, Abdul Haris, Mutahharah Hasyim

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kualitatif jenis fenomenografi. Penelitian ini bertujuan untuk memahami persepsi setiap individu dalam menggambarkan fenomena disekitarnyauntuk mengetahui logika fisika peserta didik SMA untuk memajukan alat penangkap ikan tradisional di danau tempe. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Soppeng yang menyukai mata pelajaran fisika. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pedoman wawancara yang digunakanmerujuk pada kearifan lokal di Wajo dengan objek “ Alat Penangkap Ikan Tradisional di danau Tempe”.Wawancara dilakukankepada setiap subjek penelitian yang diajukan secara lisan dan dijelaskan sedetail mungkin.Data hasil penelitian yang diuji keabsahannya kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian sudah memenuhi logika induktif. Sebagian besar subjek memenuhi logika induktif sebab akibat, dan sebagian kecil yang memenuhi logika induktif analogi dan generalisasi. Peserta didik juga dapatmemberikan saran untuk memajukan alat penangkap ikan tradisionalBubudi danau tempe dengan memanfaatkan konsep fisika.


Keywords


Logika; logika induktif; bubu ikan

Full Text:

PDF

References


Azmi, M. P. (2017). Mengembangkan Kemampuan Analogi Matematis. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1, 100-111. doi: 10.31004/cendekia.v1i1.12

Gunawan. (2016). Pemetaan Profil Kemampuan Penalaran Calon Guru Fisika di FKIP Universitas Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi Vol. 2 No. 1, 1-6. doi: 10.29303/jpft.v2i1.427

Handayani, L. T., & Rahmawati, L. E. (2016). Pola Penalaran Penggalan Teks Materi Ajar Bahasa Indonesia Dalam Buku Siswa Kelas VII Kurikulum 2013. Kajian Linguistik dan Sastra Vol. 1 No. 1, 48-60. doi: 10.23917/kls.v1i1.2478

Hartini, S. S., & Sumaryam. (2018). Effisiensi Penggunaan Alat Tangkap Bubu (Trap) yang Berbeda Terhadap Pendapatan Nelayan Rajungan (Portunus Pelagicus) di Desa Kemantren Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol. 3 No. 2, 791-810. doi: 10.1234/jeb17.v3i02.2136

Hastjarjo, T. D. (2011). Kausalitas Menurut Tradisi Donald Campbell. Buletin Psikologi Vol. 19 No. 1, 1-15. doi: 10.22146/bpsi.11542

Huda, S., & Moefad, A. (2011). Logika Saintifik Wawasan Dasar, Keilmuan, dan Filsafati. Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press.

Kristiyani, A. (2014). Model Penalaran Penulisan Artikel Ilmiah Mahasiswa Program Studi PBSI FBS UNY. Diksi Vol. 22 No. 2, 194-206. doi: 10.21831/diksi.v2i22.3190

Noor, F. M. (2020). Memperkenalkan Literasi Sains Kepada Peserta Didik Usia Dini: Perspektif Mahasiswa PIAUD. Vol. 8 No. 1, 57-67. doi: 10.21043/thufula.v8i1.7066

Perdana, M. T., Boesono, H., & Sardiyatmo. (2016). Pengaruh Umpan Dan Lama Perendaman Alat Tangkap Jebak (Bubu Lipat) Terhadap Hasil Tangkapan Rajungan (Portunus Pelagicus) Di Desa Semat, Jepara. Journal of Fisheries Resources Utilization Management and Technology Vol. 5 No. 1, 1-8.

Rakhmat, M. (2013). Pengantar Logika Dasar. Bandung: LoGoz Publishing.

Siahaan, L. H. (2016). Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Logis Dan Pengetahuan Tentang Paragraf Dengan Keterampilan Menulis Esai Bahasa Inggris. Jurnal Sosioreligi Vol. 14 No. 2, 87-94.

Wahyuni. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Berpikir Spritual (Spritual Thingking) Pada Siswa Kelas X MIA 2 SMA Negeri 19 Gowa. SKRIPSI, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Makassar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 
Printed ISSN (p-ISSN): 2502-3861
Online ISSN (e-ISSN):2715-551X

Our Journal has been Indexed by: 
 

    Smiley face   Smiley face 

About license:

Creative Commons License
Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika by Jurusan Pendidikan Fisika FKIP UHO was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.    Based on a work at http://ojs.uho.ac.id/index.php/JIPFI 

Penerbit:

Jurusan Pendidikan Fisika FKIP Universitas Halu Oleo,
Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
e-mail office: jipfi@uho.ac.id