Pengembangan e-modul model inquiry terbimbing (guided inquiry) berbantuan flip pdf professional pada materi gelombang mekanik untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik kelas XI SMA

Muhammad Lidrawan, Erniwati Erniwati, Hunaidah M

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui cara mengembangkan e-modul model inquiry terbimbing (Guided Inquiry) berbantuan Flip PDF Professional pada materi gelombang mekanik untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik kelas XI SMA, 2) mengetahui tingkat kevalidan e-modul model inquiry terbimbing (Guided Inquiry) berbantuan Flip PDF Professional pada materi gelombang mekanik untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik kelas XI SMA yang telah dikembangkan, 3) mengetahui tingkat keefektifan e-modul model inquiry terbimbing (Guided Inquiry) berbantuan Flip PDF Professional pada materi gelombang mekanik untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik kelas XI SMA, dan 4) mengetahui tingkat kepraktisan e-modul model inquiry terbimbing (Guided Inquiry) berbantuan Flip PDF Professional pada materi gelombang mekanik untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik kelas XI SMA yang telah dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development, dimana menggunakan metode 4D yang terdiri dari empat tahap, diantaranya tahap Define (pendefinisian), tahap Design (perancangan), tahap Develop (pengembangan) dan tahap Disseminate (penyebaran). Hasil penelitian diperoleh bahwa e-modul model inquiry terbimbing (Guided Inquiry) pada materi gelombang mekanik yang telah dikembangkan memiliki tingkat kevalidan sebesar 0,85 dengan kategori “Sangat Valid”. Kemudian tingkat keefektifan e-modul model inquiry terbimbing (Guided Inquiry) yang dilihat dari hasil uji Ngain sebesar 0,50 dengan kategori “Sedang”. Serta tingkat kepraktisan e-modul melalui hasil respon peserta didik sebesar 70,11% dengan kategori “Baik” serta hasil respon guru diperoleh tingkat kepraktisan sebesar 4,48 dengan kategori “Sangat Baik”

Keywords


Pengembangan; e-modul; model Inquiry terbimbing (Guided Inquiry); Flip PDF Professional; pemahaman konsep

Full Text:

PDF

References


Aiken, L,. R. (1985). Content Validity And Reliability Of Single Items Or Questionnaires. Educational And Psychological Measurement, 40, 955959.

Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals. New York: McKay.

Gunadarma, Anandha. (2011). Pengembangan Modul Elektronik Sebagai Sumber Belajar Untuk Mata Kuliah Multimedia Design. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Universitas Negeri Jakarta.

Himmah, Elok Fa’iqotul. (2019). Pengembangan E-Modul Penggunakan Flip Pdf Professional pada Materi Suhu dan Kalor. Skripsi. Universitas Islam Negeri Intan Lampung. Lampung.

Laili, Ismail., Genefri., Umeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Dinamis. Jurnal Pembelajaran Fisika. 3(6):1-10.

Melati, R. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Paradigma Padagogi Reflektif Yang Mengakomodasi Group Investigation Dikelas VII SMP Negeri 1 Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Nurhasanah, Luthfi Ajeng. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Melalui Model Flipped Classroom. Maju. Vol. 8. No. 1. p-ISSN: 2355-3732, e-ISSN: 2579-4647.

Retnawati, Heri. (2016). Analisis Kuantitatif Instrument Penilaian. Yogyakarta: Parama Publishing.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukma, Laili Komatiyah dan Muliati Syam. (2016). Pengaruh Model Inquiri Terbimbing (Guided Inquiry) dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Saintifik. Vol. 18. No. 1.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 
Printed ISSN (p-ISSN): 2502-3861
Online ISSN (e-ISSN):2715-551X

Our Journal has been Indexed by: 
 

    Smiley face   Smiley face 

About license:

Creative Commons License
Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika by Jurusan Pendidikan Fisika FKIP UHO was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.    Based on a work at http://ojs.uho.ac.id/index.php/JIPFI 

Penerbit:

Jurusan Pendidikan Fisika FKIP Universitas Halu Oleo,
Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
e-mail office: jipfi@uho.ac.id