Deskripsi Sarana dan Prasarana Laboratorium Fisika SMA Negeri di Kabupaten Buton Tengah

Dewi Satriyanti, La Maronta Galib, Luh Sukariasih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sarana dan prasarana laboratorium fisika SMA Negeri di Kabupaten Buton Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMAN yang ada di Kabupaten Buton Tengah yang berjumlah 17 sekolah. Sampel terdiri dari 5 sekolah yaitu SMAN 1 Gu, SMAN 1 Lakudo, SMAN 1 Mawasangka Tengah, SMAN 2 Mawasangka Tengah dan SMAN 1 Mawasangka yang diperoleh secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Selanjutnya instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi dan dokumentasi. Lembar observasi dalam penelitian ini menggunakan instrument daftar ceklis untuk memeperoleh data kesesuaian sarana dan prasarana laboratorium berdasarkan Permendiknas No. 24 Tahun 2007. Sedangkan dokumentasi sebagai data penguat instrument yang lain. Data dianalisis dengan menggunakan teknik perhitungan deskriptif persentase. Berdasarkan hasil perhitungan dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa secara umum sarana dan prasarana laboratorium fisika SMA Negeri di Kabupaten Buton Tengah berada pada kategori sangat sesuai dengan perolehan persentase sebesar 78,62%.

Keywords


Sarana dan Prasarana; Laboratorium Fisika

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Berlian, S. (2019). Analisis Standarisasi Laboratorium Dalam Pembelajaran Fisika (Studi Kasus di MAN 4 Aceh Besar). Aceh: Universitas Islam Negeri AR-RANIRY Banda Aceh.

Borsthoh El dan Najmi Hayati. (2020). Evaluasi Sarana dan Prasarana Laboratorium IPA SMA Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Kepemimpinan dan Kepengurusan Sekolah. Vol. 5, No. 1. E-ISSN: 2502-6445.

Decaprio, Richard, (2013). Tips Mengelola Laboratorium Sekolah. Yogyakarta: DIVA Press.

Hamid, A.A. (2011). Sistem Manajemen Laboratorium MIPA, Makalah diseminarkan dalam Pendidikan dan Pelatihan Manajemen Pengelolaan Laboratorium IPA SMP/MTS Bagi Pengelola Laboratorium, Jurusan Pendidikan Fisika MIPA UNY.

Imastuti, dkk. (2016). Pemanfaatan Laboratorium Fisika Dalam Pembelajaran Fisika SMA/MA Se-Kota Salatiga. Unnes Physics Education Journal 5 (6) (2016).

Indrawan, I. (2015). Pengantar Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Deepublish.

Marlan. (2020). Studi Evaluasi Sarana dan Prasarana Laboratorium Kimia SMA Negeri 5 Bengkulu Selatan. Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol. 14 (2).

Mastika, I Nyoman., Putu Adyana., dan I Gusti Agung S. (2014). Analisis Standarisasi Laboratorium Biologi dalam Proses Pembelajaran di SMA Negeri Kota Denpasar. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Prodi IPA. Vol. 4 Tahun 2014.

Munarti dan Susi Sutjihati. (2018). Standar Sarana dan Prasarana Laboratorium IPA Sekolah Menengah Atas di Wilayah Bogor. Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol. 2 N0. 1. E-ISSN: 2550-0406.

Munandar, Kukuh. (2016). Pengenalan Laboratorium IPA-Biologi Sekolah. Bandung: PT. Refika Aditama.

Mutiara, Adila. (2019). Analisis Standarisasi Laboratorium Biologi SMA di Kota Pontianak. Universitas Muhamdiya Pontianak: Pontianak.

Nikmah, Syafridatun., Hartono., dan Sujarwata. (2017). Kesiapan dan Pemanfaatan Laboratorium mendukung Pembelajaran Fisika SMA di Kabupaten Brebes. UPEJ 6 (1).

Nursabiah., Erniwati., dan Muhammad Yuris. (2020). Kesiapan dan Pemanfaatan Laboratoium Pada Pembelajaran Fisika di SMK Negeri Se-Kabupaten Kolaka. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika. Vol. 5, Hal. 62.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007. Standar Sarana dan Prasarana Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidayah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanaeiyah (SMP/MTs), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Purnama, Dirga, dkk. (2017). Analisis Sarana Laboratorium Biologi di SMA Negeri se-Kabupaten Pakpak Bharat. Jurnal Pelita Pendidikan. Vol. 5 No. 2. pISSN: 2338-3003.

Rezeqi, Salwa. (2015). Analisis Kelengkapan Laboratorium Dalam Pelaksanaan Praktikum Biologi di SMA Negeri Se-Kabupaten Karo. Jurnal Pelita Pendidikan. Vol. 3 N. 4. ISSN: 2338-3003.

Satrio, Muhammad Adi dan Sabani. (2018). Analisis Sarana Prasarana dan Pemanfaatan Laboratorium Fisika SMA Negeri Di Kota Medan. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Negeri Medan, Vol. 4 No. 4.

Setyaningrum, Rus. (2017). Efektivitas Pelaksanaan Praktikum Fisika Siswa SMA Negeri Kabupaten Purwokerto. Jurnal Berkala Pendidikan Fisika. 03(1): 83-84.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno. (2010). Modul Laboratorium Fisika Sekolah 1 Pendidikan Fisika FPMIPA. Universitas Pendidikan Indonesia.

Wahyunidar. (2017). Analisis Pemanfaatan Laboratorium Fisika Sebagai Sarana Kegiatan Praktikum Di SMA Negeri Se-Kabupaten Luwu Timur. Makassar: UIN Alauiddin.

Yanti, Dian Eka Budi., Subiki., dan Yushardi. (2016). Analisis Sarana Prasarana Laboratorium Fisika dan Intensitas Kegiatan Praktikum Fisika Dalam Mendukung Pelaksanaan Pembelajaran Fisika SMA Negeri Di Kabupaten Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 5 No. 1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 
Printed ISSN (p-ISSN): 2502-3861
Online ISSN (e-ISSN):2715-551X

Our Journal has been Indexed by: 
 

    Smiley face   Smiley face 

About license:

Creative Commons License
Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika by Jurusan Pendidikan Fisika FKIP UHO was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.    Based on a work at http://ojs.uho.ac.id/index.php/JIPFI 

Penerbit:

Jurusan Pendidikan Fisika FKIP Universitas Halu Oleo,
Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
e-mail office: jipfi@uho.ac.id