HUBUNGAN ANTARA DIMENSI KUALITAS LAYANAN PERAWAT DENGAN KEPUASAN KELUARGA PASIEN DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT JIWA

Linda Agnes Matali(1), B.H. Ralph Kairupan(2), Aaltje E Manampiring(3), Yulianty Sanggelorang(4),


(1) Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Program Pascasarjana, Universitas Sam Ratulangi
(2) 1. Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Program Pascasarjana, Universitas Sam Ratulangi 2. Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi, Manado, Indonesia
(3) 1. Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Program Pascasarjana, Universitas Sam Ratulangi 2. Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi, Manado, Indonesia
(4) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sam Ratulangi, Manado, Indonesia
Corresponding Author

Abstract


Pelayanan kesehatan sudah seharusnya memberikan kepuasan terhadap pengguna layanannya. Penelitian ini mengkaji faktor yang berhubungan dengan kepuasan keluarga pasien pada pelayanan perawat di Instalasi Rawat Jalan UPTD Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. V.L. Ratumbuysang. Penelitian ini dilakukan dengan desain cross sectional study dengan seluruh keluarga pasien sebagai populasi penelitian. Sebanyak 255 responden diikutsertakan sebagai sampel. Data dikumpulkan dengan mengadministrasikan kuesioner, sementara uji korelasi dan regresi linear digunakan dalam analisis data. Diperoleh bahwa lebih dari setengah responden merasa puas terhadap pelayanan perawat (73.3%). Analisis bivariat menunjukan bahwa terdapat hubungan antara seluruh dimensi mutu pelayanan perawat; reliability (nilai korelasi =0.523, p-value =0.000), responsiveness (nilai korelasi = 0.599, p-value = 0.000), assurance (nilai korelasi= 0.571, p-value = 0.000), empathy (nilai korelasi= 0.577, p-value = 0.000), dan tangibles (nilai korelasi = 0.591, p-value= 0.000), dengan kepuasan keluarga pasien. Hasil analisis multivariat menunjukan bahwa responsiveness perawat merupakan faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan keluarga pasien. Selanjutnya, seluruh dimensi mutu pelayanan perawat secara signifikan berhubungan dengan kepuasan keluarga pasien, dimana responsiveness perawat menjadi faktor yang paling dominan menentukan kepuasan keluarga pasien.
Kata kunci: mutu pelayanan, kepuasan keluarga pasien, rumah sakit jiwa

Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 21 times
PDF Download : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.