FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEMAUAN MEMBAYAR (WILLINGNESSTO PAY) PASIEN RAWAT JALAN PUSKESMAS KATOBU KABUPATEN MUNA TAHUN 2018

Nina Desriana Putri(1), Junaid junaid(2), Lisnawaty Lisnawaty(3),


(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Halu Oleo
(2) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Halu Oleo
(3) Fakultas Kesehatan Masyarakat Uniuversitas Halu Oleo
Corresponding Author

Abstract


Kesehatan merupakan salah satu kebutuhan dasar yang harus dipenuhi setiap warga negara maka
pemenuhannya menjadi hal yang penting. Pelayanan kesehatan yang bermutu, terutama pelayanan kesehatan
di bidang Puskesmas membutuhkan biaya yang cukup tinggi, keterbatasan pembiayaan kesehatan yang berasal
dari Pemerintah, menuntut adanya mobilisasi sumber dana dari masyarakat. Salah satu cara yaitu melakukan
kesesuaian antara pelayanan yang diberikan dengan tarif pelayanan yang dibebankan pada masyarakat. Tujuan
penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran kemauan membayar pasien pelayanan kesehatan (WTP) di
Instalasi rawat jalan Puskesmas Katobu Kabupaten Muna serta hubungannya dengan karakteristik pasien,
pendapatran, jarak tempat tinggal pasien ke Puskesmas, persepsi pasien terhadap manfaat pelayanan, dan
mutu pelayanan. Penelitian ini merupakan penelitian crossectional dengan pendekatan deskriptif-analitik.
Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dengan panduan daftar pertanyaan yang telah disusun
kepada responden yang merupakan pasien atau pendampingnya. Pengukuran atas kemauan membayar
menggunakan metode Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Dari hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa kemauan membayar pasien atas pelayanan kesehatan di poli rawat jalan Puskesmas Katobu rata-rata
cukup tinggi, artinya pasien sudah merasa cukup puas atas pelayanan yang diterima, namun masih
mengharapkan lagi adanya peningkatan mutu layanan yang lebih baik. Hasil penelitian ini juga menunjukkan
bahwa kemauan membayar pasien dipengarui oleh jarak tempat tinggal pasien ke Puskesmas Katobu,
sedangkan tingkat pendapatan, manfaat pelayanan, dan mutu pelayanan tidak berpengaruh secara signifikan
terhadap kemauan membayar pasien. Oleh karena itu penelitian ini juga menyarankan perlu adanya
peningkatan yang lebih baik lagi terhadap mutu layanan sehingga akan meningkatkan pula kemauan membayar
pasien.
Kata Kunci : Kemauan membayar, pasien rawat jalan, Puskesmas Katobu


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 34 times
PDF Download : 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.