PERANCANGAN JARINGAN DISTRIBUSI 220/380 VOLT PADA KANTOR WALIKOTA DARI FEEDER PLTSA KOTA KENDARI

Muh Hutri Lipultah Kasim

Abstract


Telah dilakukan perencanaan jaringan distribusi tegangan rendah pada kantor walikota kota kendari dari Feeder PLTSA Kota Kendari. System distribusi jaringan tegangan rendah adalah bagian dari system tenaga listrik yang berada di antara sumber daya listrik dan pemakai tenaga listrik(konsumen).

Dengan bertambahnya kebutuhan daya listrik memaksakan jaringan tegangan rendah yang semakin handal guna menyediakan sumber listrik yang optimal. Salah satu bagian dari proses penyediaan tenaga listrik bagi konsumen pelanggan listrik adalah operasi jaringan distribusi.

Saluran Udata Tegangan Rendah adalah system penyaluran tegangan listrik 380-400 Volt melalui kawat hantar udara direntang diatas tiang kontruksi, secara ekonomis jaringan saluran udara tegangan rendah lebih murah dibanding saluran kabel tegangan rendah bawah tanah.

Untuk konstruksi jaringan SUTR yang berdiri sendiri dipakai tiang beton atau tiang besi dengan panjang 9-13 meter. Tiang beton yang dipakai dari berbagai jenis yang memiliki kekuatan beban kerja (working load) 200daN, 350daN dan 500daN (dengan angka faktor keamanan tiang=2 ) Pada titik yang memerlukan pembumian dipakai tiang beton yang dilengkapi dengan terminal pembumian. Untuk langkah selanjutnya bias dilanjutkan dengan perancangan kabel bawah tanah.

 

Kata Kunci : Jaringan Distribusi, Perancangan, SUTR.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33772/jfe.v3i4.6584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About license: 
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
Kampus Hijau Tridharma, Gedung Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo Jurusan Teknik Elektro Lt. 2,
Jl. H.E.A. Mokodompit, Kampus Baru Anduonouhu, Kendari, Sulawesi Tenggarai 93232 - Indonesia.