Pengembangan Prototype Tripod Dengan Kendali Jarak Jauh Berbasis Arduino Dan Android

Rafika Akhsani, Heri Priya Waspada, Moch. Kholil

Abstract


Posisi kamera dapat mempengaruhi kualitas video yang didapatkan. Sudut pengambilan video yang bervariasi memerlukan usaha dari videografer untuk terus menerus memindahkan dan mengatur posisi kamera pada tripod dan kamera untuk menjangkau sudut pengambilan yang tepat. Hal ini dapat menyebabkan kinerja videografer menjadi berat karena harus berpindah-pindah secara terus menerus. Oleh karena itu perlu dilakukan pengembangan prototype sebuah perangkat yang dapat menopang sebuah kamera yang dapat dikontrol dari jarak jauh untuk memudahkan kinerja videografer dalam mengambil gambar pada sudut pengambilan gambar yang bervariasi. Prototipe dibangung dengan mengintegrasikan aplikasi di android dengan Arduino. Tahapan pada penelitian ini adalah 1) studi literatur 2) rancang bangun prototipe tripod 3) pemrograman arduino 4) rancang bangun aplikasi android 5) ujicoba dan perbaikan. Waktu pelaksanaan penelitian selama 7 bulan mulai bulan Mei sampai dengan Desember 2021. Berdasarkan hasil pengujian, aplikasi pada smartphone dapat terhubung dan berjalan dengan baik dengan perangkat keras. Rata-rata tingkat akurasi sudut dari motor servo MG996R yang digunakan dalam prototype pada penelitian ini adalah 99.44%.  Posisi kamera dapat mempengaruhi kualitas video yang didapatkan. Sudut pengambilan video yang bervariasi memerlukan usaha dari videografer untuk terus menerus memindahkan dan mengatur posisi kamera pada tripod dan kamera untuk menjangkau sudut pengambilan yang tepat. Hal ini dapat menyebabkan kinerja videografer menjadi berat karena harus berpindah-pindah secara terus menerus. Oleh karena itu perlu dilakukan pengembangan prototype sebuah perangkat yang dapat menopang sebuah kamera yang dapat dikontrol dari jarak jauh untuk memudahkan kinerja videografer dalam mengambil gambar pada sudut pengambilan gambar yang bervariasi. Prototipe dibangung dengan mengintegrasikan aplikasi di android dengan Arduino. Tahapan pada penelitian ini adalah 1) studi literatur 2) rancang bangun prototipe tripod 3) pemrograman arduino 4) rancang bangun aplikasi android 5) ujicoba dan perbaikan. Waktu pelaksanaan penelitian selama 7 bulan mulai bulan Mei sampai dengan Desember 2021. Berdasarkan hasil pengujian, aplikasi pada smartphone dapat terhubung dan berjalan dengan baik dengan perangkat keras. Rata-rata tingkat akurasi sudut dari motor servo MG996R yang digunakan dalam prototype pada penelitian ini adalah 99.44%. Kata kunci— tripod, tripod kendali jarak jauh, Arduino, android, blynk.

Keywords


tripod, tripod kendali jarak jauh, Arduino, android, blynk

Full Text:

PDF

References


Primariadi, Y. O., Susanto, E. dan Sunarya, U., 2015. “Perancangan Kendali pada Tripod dan Kamera Dslr Menggunakan Komunikasi Bluetooth Berbasis Aplikasi Android”. e-Proceeding of Engineering, 2(2), 2003-2010.

Maiyana, E., 2018. “Pemanfaatan Android dalam Perencanaan Aplikasi Kumpulan Doa”. Jurnal Sains dan Informatika, 4(11), 54-67.

Rahadi, D. R., 2014. “Pengukuran Usability Sistem menggunakan Use Questionnaire pada Aplikasi Android”. Jurnal Sistem Informasi, 6(1), 661-671.

https://www.arduino.cc/en/software

Admin-kece, 2017. “mengenal-aplikasi-blynk-untuk-fungsi-iot”. https://www.nyebarilmu.com/mengenal-aplikasi-blynk-untuk-fungsi-iot/ diakses 4 Mei 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.