ANALISIS BREAK EVEN POINT PADA PRODUKSI ES BALOK DI PT. YANAGHI HISTALARAYA

Sabrin Sabrin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat break even point penjualan es balok dan mengetahui faktor –faktor pencapaian break even point. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan bantuan perhitungan break even point dan margin of safety.  Penelitian menggunakan data sekunder hasil catatan produkssi, penjualan dan biaya perusahaan periode 2012-2014. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa besarnya volume penjualan agar perusahaan berada pada posisi break even point pada tahun 2012 adalah sebanyak 36.806 balok atau senilai Rp 515.283.621, dengan margin of safety sebesar 60,72 persen. Pada tahun 2013 sebanyak 35.104 balok atau sebesar Rp 526.561.971 dengan margin of safety sebesar 59,01 persen dan pada tahun 2014 BEP terjadi pada penjualan sebanyak 32.524 balok atau sebesar Rp 520.392.107 dengan margin of safety sebesar 57,52 persen. Faktor-faktor yang mempengaruhi pencapaian break even point pada PT. Yanaghi Histalaraya adalah faktor internal diantaranya pemasaran dan keuangan; dan faktor eksternal seperti persaingan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

e-ISSN: 2503-2089; Print ISSN: 1979-231X