Tingkat Keterbacaan Wacana Nonofiksi Pada buku Teks Bahasa Indonesia Pegangan Siswa SMA Kelas X Kurikulum 2013 Dengan Menggunakan Metode Grafik Fry

Muh. Ibnu Khaldum, Ruspan Takasih

Abstract


Latar belakang yang mendasari dilakukannya penelitian ini ialah adanya suatu kenyataan tentang keanekaragaman sumber bahan pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya yang berkaitan dengan penggunaan buku paket baik yang dikeluarkan oleh pihak Kemendikbud maupun buku-buku yang diedarkan atas inisiatif guru. Padahal diakui bahwa tidak semua buku paket tersebut layak untuk konsumsi baca siswa. Oleh karena itu, salah salah satu pertimbangan untuk menentukan layak tidaknya suatu bahan bacaan sebagai bahan pembelajaran bahasa Indonesia kepada siswa adalah dengan mengukur terlebih dahulu wacana yang ada pada buku paket tersebut guna mengetahui tingkat keterbacaan sesuai dengan peringkat kelasnya.

Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah keterbacaan wacana nonfiksi pada buku teks Pegangan siswa SMA Kelas X  Kurikulum 2013. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterbacaan wacana nonfiksi dalam buku teks pegangan siswa SMA Kelas X  Kurikulum 2013. Keterbacaan tersebut dianalisis menggunakan Formula Grafik Fry.

Metode penelitian yang digunakan ialah metode deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data wacana yang terdapat pada buku teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik pegangan siswa SMA Kelas X  Kurikulum 2013 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik baca catat dengan teknik analisis data dilakukan secara deskriptif setelah mengikuti langkah-langkah pengukuran Formula Grafik Fry. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik pegangan siswa SMA Kelas X  Kurikulum 2013 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dapat digunakan sebagai bahan bacaan atau bahan pelajaran untuk siswa SMA kelas VII, VII,IX,X,XI,XII dan mahasiswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.