MOTIVASI PETANI DALAM PEMBUDIDAYAAN JATI LOKAL (Tectona grandis L.F) DI DESA BAKERAMBA KECAMATAN KUSAMBI KABUPATEN MUNA

Hafidah Nur, Nur Arafah, Alamsyah Flamin, Wa Ode Sariati

Abstract


MOTIVASI PETANI DALAM PEMBUDIDAYAAN JATI LOKAL (Tectona grandis L.F) DI DESA BAKERAMBA KECAMATAN KUSAMBI KABUPATEN MUNA

 

Hafidah Nur1*, Nur Arafah1, Alamsyah Flamin1, Wa Ode Sariati1

1Jurusan Kehutanan/Universitas Halu Oleo, Jalan Mayjend. S Parman Kemaraya, Kendari, Indonesia

*Penulis korespondensi: hafidah.nur12@gmail.com

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi petani dalam pembudidayaan jati lokal di Desa Bakeramba, 2) untuk   mengetahui motivasi petani dalam pembudidayaan jati lokal di Desa Bakeramba, , 3) untuk mengetahui hubungan antara    tingkat motivasi dan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi petani dalam pembudidayaan jati lokal di Desa Bakeramba.

Penentuan sampel dilakukan secara acak sederhana (simple random sampling) yaitu dengan mengambil sampel 30% dari jumlah populasi sehingga diperoleh sampel 30 responden. Jenis data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang sangat mempengaruhi motivasi petani dalam pembudidayaan jati lokal yaitu umur petani, jumlah tanggungan keluarga, luas lahan dan pendapatan. Sedangkan tingkat motivasi petani di Desa Bakeramba berada pada kategori tinggi, hal tersebut menunjukkan bahwa timbulnya motivasi petani dalam membudidayakan jati di Desa Bakeramba dengan harapan dapat meningkatkan pendapatan, melestarikan lingkungan dan melestarikan nilai-nilai sosial dan budaya. Hubungan antara tingkat motivasi dengan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi petani dalam pembudidayaan jati lokal diperoleh hubungan yang signifikan antara umur,   luas lahan, jumlah tanggungan keluarga dan pendapatan dengan tingkat motivasi petani dalam pembudidayaan jati lokal di Desa Bakeramba dimana diperoleh nilai X²hitung  > X²tabel.

 

 

 

Kata Kunci : Motivasi, Petani, Jati.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Andayani, W., 2002. Analisis Finansial Potensi Sengon Rakyat Pola Agroforestry di Kabupaten Wonosobo. Jurnal Hutan Rakyat. Volume IV Nomor 2.

Andayani, W., 2003. Strategi Peningkatan Evisiensi Usaha Perhutanan Rakyat.

Jurnal Hutan Rakyat. Volume V Nomor 3. Halaman 19.

Arikunto, S., 2006. Prosedur Penenelitian Suatu Metode Pendekatan Praktek

(Edisi Revisi VI). PT Rineka Cipta. Jakarta.

Attar, M., 2000. Hubungan Rakyat, Kontribusi Terhadap Pendapatan Rumah Tangga Petani dan Peranannya dalam Perekonomian Desa (Kasus di Desa sumberejo Kab. Wonogiri Jawa Tengah). Di dalam : Suharjito D, editor. Hutan Rakyat di Jawa. Bogor : Fakultas Kehutanan IPB.

Awang, S.A., 2000. Hutan Rakyat Sosial Ekonomi dan Pemasaran. BPFE- Yogyakarta. Yogyakarta.

Biro Pusat Statistik, 2000. Sensus Pertanian Indonesia. Biro Pusat Statistik.

Jakarta.

Badan Pusat Statistik, 2011. Kecamatan Kusambi Kabupaten Muna Dalam

Angka. BPS. Sulawesi Tenggara.

Danim, S., 2004. Motivasi, Kepemimpinan dan Kreativitas Kelompok. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Dewandini, S.K.R., 2010. Motivasi Petani Dalam Budidaya Tanaman Mendong (Fimbristylis globulosa) di Kecamatan Minggir Kabupaten Sleman (skripsi). Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret. www.bukabuku.com/browse/bookdetail/17557/budi-daya-mendong.html (Diakses 15-11-2012).

Fauzi, A., 2009. Paritisipasi Petani Dalam Pengelolaan Hutan Rakyat ( di Kecamatan Kertanegara Negara Kabupaten Purbalingga Provinsi Jawa Tengah). Jurnal. Pascasarjana Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Hafidah, N., 2005. Motivasi Dalam Pengelolaan Kahuma di Areal Hutan Rakyat (Kasusus Kecamatan Sawerigadi Kabupaten Muna. Sekolah Pascasarjana. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Hamzan, B. Uno., 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang

Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Herhyanto dan Hamid, A., 2011. Statiska Dasar . Universitas Terbuka. Jakarta.

Hasan, 2000. Analisis Produksi Kopi di Desa Mbenti Kecamatan Minyambow

Kabupaten Manokwari. Program StudiAgrobisnis.www.papuaweb.org(20-

-2013).

Mantra, I. B., 2003. Demografi Umum. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Mardikanto, T., 2001. Penyuluhan Pembangunan Kehutanan. Pusat Penyuluhan Kehutanan Departemen Kehutanan Republik Indonesia bekerjasama dengan Fakultas Pertanian UNS. Jakarta.

Masrul, L., 2012. Motivasi dan Tingkat Partisipasi Petani Dalam Pembudidayaan

Jati Lokal (Skripsi). Jurusan Kehutanan. Kendari.

Murtiyanto, N., 2002. Sustensi Hutan Rakyat : Studi Kasus Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Hutan Rakyat di Desa Sidoharjo Kec. Samigaluh Kab. Kulon Progo. Jurnal Hutan Rakyat. Volume IV Nomor 3. Halaman 49.

Nurhayati H.G., dan Yatlimin, Y., 2003. Motivasi Perambahan Kawasan Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai di Sulawesi Tenggara. Jurnal Hutan Rakyat. Volume V. Nomor 3. Halaman 32.

Pujaningrum, R.R., 2002. Motivasi Petani Dalam Mengelola Lahan Pekarangannya Dengan Sistem Wanatani di Desa Pecero Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur (Skripsi). Bogor. Institut Pertanian Bogor. Fakultas Kehutanan. Jurusan Manajemen Hutan.

Puspita, ID., 2006. Motivasi Petani dan Peranan Kelompok Tani Hutan (KTH) Dalam Mengelola Sumber Daya Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) di Desa Warnasari (Skripsi). Institut Pertanian Bogor. Fakultas Kehutanan. Departemen Manajemen Hutan.

Rakhmat, J., 2001. Psikologi Komunikasi. Bandung. Remaja Rosdakarya. Sastrohadiwiryo, S., 2003. Manajmen Tenaga Kerja Indonesia. PT Bumi Aksara,

Jakrata.

Soekanto, S., 2002. Sosiologi Suatu Pengantar. Rajawali Press. Jakarta. Sugiyono, 2007. Statistik Non Parametris Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung. Sumarna, Y., 2003. Budidaya Jati. Penebar Swadaya. Jakarta.

Supriadi, D., 2002. Pengembangan Hutan Rakyat di Indonesia. Jurnal Hutan

Rakyat. Volume IV Nomor 1. Halaman 25.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Jurusan Kehutanan FHIL UHO
Jl. Mayjen S. Parman, Kampus Kemaraya Kendari
journalcelebica@uho.ac.id