KEKERABATAN POLITIK DESA TORUKUNO DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH MOROWALI TAHUN 2018

Amriani Yusuf, Justawan Justawan, Asriani Asriani

Abstract


Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan peristiwa politik lokal sebagai salah satu wujud dari Demokrasi. Perilaku memilih tokoh masyarakat dan keterlibatannya pada pilkada memberikan kesan bahwa pilihan rasional masyarakat dalam pemimpinnya cenderung dikesampingkan. Mereka yang pada saat mencoblos, meski memilih secara sadar pilihannya, akan tetapi masih didasarkan pada pertimbangan yang bersifat Subjective Emotional, yaitu memilih hanya karena masih adanya ikatan kekeluargaan, kekerabatan, persahabatan,dan dianggap sebagai tetuah di wilayahnya. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis sistem kekerabatan dalam penentuan pilihan calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada di  desa Torukuno serta untuk mengetahui soliditas yang terdapat di keluarga besar pasangan pemenang dalam pilkada di desa Torukuno. Peneliti menggunakan teori perilaku memilih, teori Political Kinship dan teori Soliditas untuk menggambarkan sistem kekerabatan dalam penentuan pilihan pada pilkada 2018 di desa Torukuno. Dalam penelitian ini,metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan tipe deskriptif dan dasar penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem kekerabatan di Torukuno sangat berpengaruh dalam penentuan pilihan calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada 2018 Di Desa Torukuno. Sistem kekerabatan di Torukuno berdasarkan pelapisan sosial. Selain itu, preferensi masyarakat pemilih ternyata masih didasarkan pada faktor primordialisme atau faktor kekerabatan.Faktor lain yang lebih berpengaruh adalah kuatnya soliditas kedua kandidat tersebut. Soliditas keluarga Taslim yang sangat erat, ditambah lagi soliditas keluarga Najamudin yang setia mendukung. Dengan soliditas itu, pasangan Fahmi-Lukman berhasil memenangkan Pilkada 2018 di desa Torukuno.


Keywords


Kekerabatan, Soliditas, Stratifikasi sosial, Perilaku memilih

Full Text:

PDF

References


Budiardjo, Miriam. 1985. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta : Gramedia

Christian Chua. 2009. “Capitalist Consolidation, Consolidated Capitalist: Indonesia’s Conglomerates between Authoritarianism and Democracy” dalam Marco Bunte and Andreas Ufen (ed). Democratization in Post-Soeharto Indonesia.

DeliarNoer. 1983. Pengantar ke Pemikiran Politik. Jakarta: Rajawali

Dahl, Robert A. 1974. Partisipasi Dan Partai Politik: Sebuah Bunga Rampai. Jakarta: PT Gramedia.

Gaffar, Afan. 1999. Politik Indonesia ; Transisi Menuju Demokrasi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Itoh, Mayumi. 2003. The Hatoyama Dynasty ; Japanese Political Leadership Through The Generations, New York : Palgrave Macmillan™.

Mas’oed, Mohtar. 2003. Politik, Birokrasi dan Pembangunan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Ngabiyanto dkk. 2006. Bunga Rampai Politik dan Hukum. Semarang: Rumah Indonesia.

Nyoman Dantes. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Suharni dkk. 1992. Pesta Demokrasi di Pedesaan. Yogyakarta: Aditya Media.

Wantchekon, Leonard. 2003. “Clientelism and Voting Behavior : Evidence from

Sutoro, Eko. 2003. Transisi Demokrasi Indonesia, Yogyakarta : APMDPress.

aField Experiment in Benin.” World Politics, Vol. 55, No. 3, pp. 399-422. Diakses tanggal 2 April 2016,darihttp://muse.jhu.edu/journals/wp/summary/v055/55.3wantchekon.ht ml.

Winters, Jeffrey A.2011. Oligarki . Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2011.

Wahyu.Harpani Matnuh,Siti Nurfajrima 2014.Kinerja komisi pemilihan umum daerah(KPUD)dalam menyukseskan Pemilihan Umum Kepala Daerah Hulu Sungai Utara Periode 2012-2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Amriani Yusuf, Justawan Justawan, Asriani Asriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.