PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI LAJU REAKSI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMK 02 BOMBANA

Wahyu Hendrawan Tulungi, Sahidin Sahidin, LOAN Ramadhan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dampak penerapan  model pembelajaran berbasis masalah pada materi laju reaksi terhadap penguasaan konsep dan  keterampilan berfikir kritis siswa. Penelitian eksperimen semu ini menggunakan desain preetest-posttest non equivalen control group design dengan subyek penelitian sebanyak 53 orang masing-masing 26 orang kelas eksperimen dan 27 orang kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan skor rata-rata penguasaan konsep dan keterampilan berfikir kritis antara siswa yang belajar melalui model pembelajaran berbasis masalah dan siswa pada kelas pembelajaran konvensional.  Peningkatan skor rata-rata N-gain PK dan keterampilan berfikir kritis yang memperoleh  model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi secara signifikant siswa yang belajar melalui pembelajaran konvensional. Kesimpulannya bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan berfikir kritis siswa lebih baik secara signifikan dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dengan tingkat kepercayaan 95%.

Full Text:

UNDUH PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License

Jurnal Biofiskim: Pendidikan dan Pembelajaran IPA by Jurusan Pendidikan IPA PASCA UHO is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License