ANALISIS LITERASI SAINS, KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS, DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA SMA KELAS XI DI KOTA KENDARI
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis literasi sains, kemampuan berpikir logis, dan prestasi belajar fisika Siswa SMA di Kota Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 1161 siswa SMA di Kota Kendari. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik stratified random sampling, diperoleh sampel penelitian berjumlah 256 siswa. Teknik pengambilan data dilakukan melalui instrumen tes literasi sains dan kemampuan berpikir logis dan prestasi belajar fisika melalui dokumentasi Guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) nilai rata-rata literasi sains, kemampuan berpikir logis, dan prestasi belajar fisika siswa SMA kelas XI di kota kendari secara berturut-turut adalah 31, 25 dan 82; 2) literasi sains dan kemampuan berpikir logis secara bersama-sama memberikan pengaruh yang signifikan pada prestasi belajar fisika dengan kontribusi sebesar 37%; 3) Secara individual, literasi sains dan kemampuan berpikir logis berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar fisika dengan besarnya pengaruh secara berturut-turut adalah 0,41 dan 0,37.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adawiyah, R., & Wisudawati, A. (2017). Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Literasi Sains. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 5(2), 112–121.
Angraini, G. (2014). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA Kelas X di Kota Solok. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(4), 161–170.
Armas, A. R. K., Ramlawati, & Syahrir, M. (2019). Hubungan Antara Literasi Sains Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Kimia Kelas Xi Mipa Sma Negeri Se-Kota Makassar.
Badriah, L., & Maaruf, Z. (2018). Analysis of Student ’ S Logical Thinking Ability By a Contextual Approach on Sound Material in 8 Th Grade Smp Negeri 40 Pekanbaru Pendekatan Kontekstual Pada Materi Bunyi Di Kelas Viii Smp Negeri 40 Pekanbaru.
BNSP. (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Abad-XXI. BNSP.
Bonitalia, B., Hatibe, A., & Pasaribu, M. (2019). The Effect of Critical Abilities Thinking and Logical Thinking on Student’s Physics Learning Achievement at XII SMAN 2 Palu. Jurnal Riset Pendidikan MIPA, 3(2), 54–61.
Cahyana, U., Kadir, A., & Gherardini, M. (2017). Relasi Kemampuan Berpikir Kritis dalam Kemampuan Literasi Sains pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 1(26), 14–22.
Depdiknas. (2003). Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Sekolah. Depdiknas.
Faradina, A., & Mukhlis, M. (2020). Analisis Berpikir Logis Siswa dalam Menyelesaikan Matematika Realistik Ditinjau dari Kecerdasan Interpersonal. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 129–151.
Fensham, P. J. (2008). Science Education Policy-Making: Eleven emerging issues (UNESCO (ed.)).
Haristy, D. ., Enawaty, E., & Lestari, I. (2013). Pembelajaran Berbasis Literasi Sains pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit di SMA Negeri 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(12).
Imamah, A. N., & Warli, S. (2017). Profil Berpikir Logis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Matematika. In Prosiding SNasPPM (Vol. 2, Issue 1).
Kemendikbud. (2016). Materi Pendukung Literasi Sains.
Lestari, I. . (2017). Pengaruh Literasi Sains Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pada Konsep Ekosistem, in: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA 2017. Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA 2017, 103–106.
Nugraeni, D., J. dan S. (2013). Penyusunan Tes Diagnostik Fisika Materi Listrik Dinamis. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2).
Pantiwati, Y. (2017). Jurnal prodi Pendidikan biologi. Prosiding Seminar Nasional III Tahun 2017, 28–33.
Purwanto, A. (2012). Kemampuan berpikir logis siswa SMA Negeri 8 kota Bengkulu dengan menerapkan model inkuiri terbimbing dalam pembelajaran fisika. Exacta, 10(2), 133–135.
Rizkita, L. (2017). Analisis Kemampuan Awal Literasi Sains Peserta Didik SMA Kota Malang. Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 771–781.
Rosmiati. (2018). Pengaruh kompetensi guru, kemampuan berpikir logis, Minat, dan sikap pada pembelajaran biologi terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMAN di Kolaka Timur, Tesis. Halu Oleo Kendari.
Rusilowati, A., Kurniawati, L., Nugroho, S. E., & Widiyatmoko, A. (2016). Developing An Instrument of Scientific Literacy Asessment on The Cycle Theme. International Journal of Environmental and Science Education, 11(12), 5718–5727.
Safitri, A. E., & Admoko. (2016). Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Literasi Sains SMA. Ejournal Unesa.
Saragih, S. (2011). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Kelompok Kecil untuk Meningkatkan Kemampuan Keruangan, Berpikir Logis,dan Sikap Positif Terhadap Matematika Siswa Kelas VIII.
Surat, I. M. (2016). Pembentukan Karakter Dan Kemampuan Berpikir Logis Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Berbasis Saintifik. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 5(1), 57–65.
Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683–2694.
Usdiyana, D., Purniati, T., Yulianti, K., & Harningsih, E. (2009). Meningkatkan kemampuan berpikir logis siswa SMP melalui pembelajaran matematika realistik. Jurnal Pengajaran MIPA, 13(1), 1–14.
Wiji, W., Liliasari, L., Sopandi, W., & Martoprawiro, M. A. K. (2014). Kemampuan Berpikir Logis Dan Model Mental Kimia Sekolah Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Cakrawala Pendidikan.
Wira, H. M. (2016). Kemampuan Awal dan Literasi Sains Siswa SMK terkait Materi Elastisitas. Prosiding Seminar Pendidikan IPA Pasca Sarjana UM.
Yanti, I. W., Sudarisman, S., & Maridi. (2015). Penerapan Modul Berbasis Guided Inquiry Laboratory (GIL) terhadap Literasi Sains Dimensi Konten dan Hasil Belajar Kognitif pada Materi Sistem Pencernaan. Proceeding Seminar Nasional Pendidikan Sains V.
Yasin, M., Fahyuddin, F., & Safiuddin, L. O. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Logis Berdasarkan Jenis Kelamin Pada Peserta Didik SMP Negeri di Kabupaten Konawe Selatan. Jurnal Biofiskim: Pendidikan Dan Pembelajaran IPA, 3(2), 113. https://doi.org/10.33772/biofiskim.v3i2.16656
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Biofiskim: Pendidikan dan Pembelajaran IPA by Jurusan Pendidikan IPA PASCA UHO is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License