PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI SMA NEGERI 8 KENDARI

Munawar Munawar, Muhammad Sirih, Amiruddin Amiruddin

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh antara  model pembelajaran project based learning dan discovery learning terhadap hasil belajar kognitif siswa; (2) pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan self-regulated learning terhadap hasil belajar kognitif siswa; (3) pengaruh antara  model pembelajaran project based learning dan discovery learning terhadap hasil belajar kognitif siswa ditinjau dari self-regulated learning tinggi; (4) pengaruh antara  model pembelajaran project based learning dan discovery learning terhadap hasil belajar kognitif siswa ditinjau dari self-regulated learning sedang (5) ada pengaruh antara  model pembelajaran project based learning dan discovery learning terhadap hasil belajar kognitif siswa ditinjau dari self-regulated learning rendah. Jenis penelitian true eksperimen dengan desain penelitian treatment by level design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Kendari. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket self-regulated learning dan tes hasil belajar kognitif siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial dengan uji hipotesis two way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh antara model pembelajaran project based learning dan discovery learning terhadap hasil belajar kognitif; (2) ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan self-regulated learning terhadap hasil belajar kognitif siswa; (3) ada pengaruh antara model pembelajaran project based learning dan discovery learning terhadap hasil belajar kognitif siswa ditinjau dari self-regulated learning tinggi; (4) ada pengaruh antara model pembelajaran project based learning dan discovery learning terhadap hasil belajar kognitif siswa ditinjau dari self-regulated learning sedang (5) tidak ada pengaruh antara model pembelajaran project based learning dan discovery learning terhadap hasil belajar kognitif siswa ditinjau dari self-regulated learning rendah.


Keywords


project based learning, discovery learning, self-regulated learning, hasil belajar kognitif siswa

Full Text:

PDF

References


Ansori, Y., & Herdiman, I. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 11. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.646

Davita, P. W. C., Nindiasari, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 2(2), 101. https://doi.org/10.48181/tirtamath.v2i2.8892

Gibbs, R., & Poskitt, J. (2010). Student Engagement in the Middle Years of Schooling ( Years 7-10 ): A Literature Review Report to the Ministry of Education.

Hanifah, U., & Wasitohadi. (2017). e-jurnalmitrapendidikan, Vol 1, No. 2, April 2017 PERBEDAAN EFEKTIVITAS ANTARA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN. 1(2), 92–104.

Mukaromah, D., Sugiyo, & Mulawarman. (2018). Keterlibatan Siswa Dalam Pembelajaran Ditinjau Dari Efikasi Diri Dan Self Regu- Lated Learning. Ndonesian Journal Of Guidance And Counseling : Theory And Application, 7(2).

Musfiqon, & Nurdyansyah. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Nizamia Learning Center.

Nawastiti, N., & Rahayu, W. (2018). Pola Komunikasi Pendidikan Pesantren Salafiyah Pengaruh Model Pembelajaran Accelerated Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ditinjau Dari Mahasiswa Magister Pendidikan Matematika (pp. 1–12).

Pratiwi, N. W. E., & Santyasa, I. W. (2021). Project-Based with Flipped Learning. Proceedings Of The 5th Asian Education Symposium 2020 (Aes 2020), 566. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210715.040

Rusminiati, N. N., Karyasa, I. W., & Suardana, I. N. (2015). DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING UniversitasPendidikan Ganesha. 5, 1–11.

Sundayana, R. (2018). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75–84. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.262

Tahmidatien, L., & Krismanto, W. (2019). Menumbuhkan Motivasi Belajar Dari Aspek Value, Expectancy dan Self Regulated Learning. Publikasi Pendidikan, 9(1), 87. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.8509

Vatillah, V., Ambarwati, L., & Hakim, L. E. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Dan Self Regulated Ditinjau Dari Kemampuan... Jppm.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License

Jurnal Biofiskim: Pendidikan dan Pembelajaran IPA by Jurusan Pendidikan IPA PASCA UHO is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License