PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP KONSUMEN PADA HOTEL ZAHRA SYARIAH KENDARI

Nurhayati Nurhayati, arifin utha, makmur kambolong

Abstract


This study aims to examine how much influence the Quality of Service and Location of the Decision to Stay by Consumers at the Zahra Hotel Kendari. Independent variables consist of Service Quality (X1) and Location (X2). Dependent Variable is the Consumer's Decision to Stay at the Zahra Hotel in Kendari. The number of research samples is 65 respondents taken using accidental sampling technique. The analysis used is Multiple Linear Regression Analysis whose results are Y = 4,584 + 0.715 X1 + 0,342X2 + 1,842. The most influential independent variable on the dependent variable is the Service Quality variable of (7,508) and followed by the Location variable of (3,692). The coefficient of determination (R2) of 0.676 or 67.6% means that the coefficient of determination model is good. This research was conducted by distributing questionnaires to several consumers of Zahra Syariah Kendari Hotel in Non Probability Sampling with accidental sampling technique and analyzed with Multiple Linear Regression. This model emphasizes the Effect of Service Quality and Location on Consumers' Stay Decisions that the results of the analysis are processed using SPSS Version 16. The results show that there are two hypotheses that have been tested in this study, namely Service Quality and Location. Where both of these hypotheses have a positive and significant effect on Consumer Stay Decisions at the Zahra Syariah Hotel in Kendari. Research results show that this research model is acceptable.

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan menguji seberapa besar pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi terhadap pengambilan Keputusan untuk Menginap oleh Konsumen di Hotel Zahra Kendari. Variabel Independen terdiri dari Kualitas Pelayanan (X1) dan Lokasi (X2). Variabel Dependen adalah Keputusan Menginap (Y) konsumen pada Hotel Zahra Kendari. Jumlah sampel penelitian adalah 65 Responden yang diambil dengan menggunakan Teknik Accidental sampling. Analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Berganda yang hasilnya adalah Y= 4,584 + 0,715 X1 + 0,342X2 + 1,842. Variabel independen yang paling besar berpengaruh terhadap variabel dependen adalah variabel Kualitas Pelayanan sebesar (7,508) dan diikuti oleh variabel Lokasi sebesar (3,692). Koefisien Determinasinya (R2) sebesar 0,676 atau 67,6% artinya model koefisien determinasi bagus. Penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuisioner terhadap beberapa konsumen Hotel Zahra Syariah Kendari secara Non Probability Sampling dengan Teknik accidental Sampling dan di analisis dengan Regresi Linear Berganda. Model ini menekankan pada Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Keputusan Menginap Konsumen yang hasil analisisnya di olah dengan menggunakan SPSS Versi 16. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua hipotesis yang telah diuji dalam penelitian ini yaitu Kualitas Pelayanan dan Lokasi. Di mana kedua hipotesis tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Menginap Konsumen pada Hotel Zahra Syariah Kendari. Hasil Penelitian menunjukan bahwa model penelitian ini dapat diterima.


Keywords


Service Quality; Location; and Stay Decisions

Full Text:

PDF

References


Hair, Joseph F, William C. Black, Barry J Babin, and Ronald L. Tatham, 2006. Multivariate Data Analysis. Sixth Edition. New Jersey : Pearson Education, Inc.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Erlangga : Jakarta.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid II. Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip, 2005. “Manajemen Pemasaran Jilid 1”, Edisi ke 11, Jakarta. Penerbit : PT Index Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran Jilid I ed. 12. PT. Indeks : Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat. 2000. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek. Jakarta : Salemba Empat.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Perilaku Konsumen. Jakarta : Salemba Empat.

Mardalis. 2003. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta : Salemba Empat.

Riduwan, 2003. “Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian”, Cetakan kedua, Bandung : Penerbit Alfabeta.

Swasta, Basu dan Irawan. 2003. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : Liberty.

Setiadi, Nugroho, J. 2003. Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi Untuk Strategi Penelitian Pemasaran. Bandung : Kencana.

Santoso, Singgih. 2004. SPSS Statistika Multivariat. PT. Elex Media Komputindo : Jakarta, Andi : Yogyakarta.

Sekaran, Uma. 2003. Research Methods for Business : A Skill Building Approach, Third Edition, Joh Willey & Sons, Inc. New York.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Pertama. Penerbit Alfabeta : Bandung.

Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa. Yogyakarta : Andi-Offset.

Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi-Offset.

Pemasaran Jasa. Malang : Bayu Media Publishing.

Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta : Penerbit.




DOI: http://dx.doi.org/10.33772/bujab.v1i2.9633

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Nurhayati Nurhayati, arifin utha, makmur kambolong

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Universitas Halu Oleo Universitas Halu Oleo Kendari

Mailing:
Laboratorium Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

Address: Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232, Indonesia.
Phone: 0811-3666-227
Contact E-Mail: erniqomariyah_fisip@uho.ac.id
Website: https://www.uho.ac.id/ 


Creative Commons License
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.