PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PEMBELIAN MOTOR YAMAHA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN PADA USAHA DAGANG (UD) MAJU KENDARI

Niskawati Niskawati, makmur kambolong, nurjannah nurjannah

Abstract


This study aims to determine the Quality of Service Purchase of Yamaha Motor has an effect on increasing customer satisfaction at UD Maju Kendari. The type of data used in this study is in the form of a questionnaire and an interview. The results of the analysis in this discussion are analyzed using inferential statistical analysis. Because the number of independent variables in this study is only one variable, namely Customer Satisfaction as the X variable and the dependent variable as the Y variable, then testing the relationship between variables is used Simple Correlation Analysis (Pearson Product Moment). Which has an Average of (4.44) which is categorized as "very high" while the Consumer Satisfaction Variable which has an Average Value (4.68) which is categorized as "very high" so that it can be said that the Influence of the Quality of Servants Given UD Forward Kendari Branch on Consumer Satisfaction has a Very High Impact.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Pembelian Motor Yamaha berpengaruh peningkatan kepuasan konsumen pada UD Maju Kendari. Jenis data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah berupa Koesioner dan Wawancara.Hasil analisis pada pembahasan ini adalah dianalisis dengan mennggunakan analisis statistik inferensial. Karena jumlah variable independen pada penelitian ini hanya satu variable, yaitu Kepuasan Konsumen sebagai variable X dan variabel dependen sebagai variable Y, maka pengujian hubungan antar variabel digunakan analisis Korelasi Sederhana (Pearson Product Moment). Yang Memiliki Rata-Rata yaitu (4,44) yang di kategorikan “sangat tinggi” sedangkan pada Variabel Kepuasan Konsumen Yang Memiliki Nilai Rata-Rata (4,68) yang di kategorikan “sangat tinggi” sehingga dapat Dikatakan Bahwa Pengaruh Kualitas Pelayan Yang Diberikan UD Maju Cabang Kendari atas Kepuasan Konsumen sangat Mempunyai Pengaruh Yang Tinggi.


Keywords


Service Quality, Consumer Satisfaction

Full Text:

PDF

References


Ardani, I. G. A. K. S. (2007). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Penjualan Pada Toko Cendera Mata Di Objek Wisata Tanah Lot, Kabupaten Tabanan. Buletin Studi Ekonomi. 12 (2): 173-189.

Astuti, Sri Wahyuni dan I Gde Cahyadi, 2007, Pengaruh Elemen Ekuitas Merek Terhadap Rasa Percaya Diri Pelanggan di Surabaya Atas Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda, Majalah Ekonomi, Tahun XVII. No. 2, Agustus, Hal. 145-146.

Basu, Swastha, dan Irawan, 2001. Manajemen Pemasaran Modern, Liberty Yogyakarta.

Barata, 2004, Dasar-Dasar Pelayanan Prima, Cetakan 2, PT. Eleks Media Komputindo, Jakarta.

Carl McDaniel & Roger Gates, “Riset Pemasaran Kontemporer”, Salemba Empat, Jakarta, 2001.

Engel, F. James, Roger D. Blackwell, dan Paul W. Miniard. 2004. Perilaku Konsumen. Terjemahan Alex Budianto. Edisi Keenam. Jilid 2. Jakarta : Bina Rupa Aksara.

Fandy Tjiptono, 2005. Strategi Pemasaran, Andi Opset, Edisi Kedua, Yogyakarta.

Ferdinand, 2006. Metode Penelitian Manajemen, Edisi II, Penerbit Badu, Jakarta.J Soepranto, 1989. Statistik : Teori dan Aplikasi, Jilid I, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip, 2004, "Manajemen Pemasaran", Edisi Millenium, Jilid 1, Prenhallindo, Jakarta.

Purwanto, (2008), Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi dan Pendidikan, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Mursid. (2003). Manajemen Pemasaran. Edisi 1. Penerbit Bumi Aksara Jakarta Bekerja Sama Dengan Pusat Antar Universitar Studi Ekonomi UI, Jakarta.

Nabhan Faris dan Kresnaini Enlik, 2005. Faktor – Faktor yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Konsumen dalam Melakukan Pembelian pada Rumah Makan di Kota Batu. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Volume 6. Nomer 3, Malang: Fakultas Ekonomi Gajayana.

Nawawi, Hadari H. dan H.M. Martini, 2000. Administrasi Personel untuk Peningkatan Produktivitas Kerja, Jakarta: CV Haji Masagung.

Sugiyono, 2004, Statistika untuk Penelitian, Cetakan Keenam, Penerbit Alfabeta, Bandung. Umar, Husein. 2003. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Penerbit PT. Gramedia. Jakarta.

Shimp, Terence (2003), Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Tewrpadu, Jilid I (Edisi 5), Erlangga, Jakarta.

Stanton, W.J. dan Y. Lamarto. 1985.Prinsip Pemasaran,Jilid I Erlangga, Jakarta

Stanton, W.J. 1984. Prinsip Pemasaran. Erlangga, Jakarta.Stanton, W.J. 1994.

Prinsip Pemasaran I . Erlangga, Jakarta

Sutisna, 2003, Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Remaja Rosdakarya, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.33772/bujab.v1i2.9631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Niskawati Niskawati, makmur kambolong, nurjannah nurjannah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Universitas Halu Oleo Universitas Halu Oleo Kendari

Mailing:
Laboratorium Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

Address: Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232, Indonesia.
Phone: 0811-3666-227
Contact E-Mail: erniqomariyah_fisip@uho.ac.id
Website: https://www.uho.ac.id/ 


Creative Commons License
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.