PENGARUH SISTEM IMBALAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA SWALAYAN NANA JAYA KENDARI

Neling Sutrayani, jamal bake, eka suaib

Abstract


This study aims to describe the effect of the reward system on employee performance at the Nana Jaya Supermarket in Kendari. The population in this study were all employees in Supermarkets Nana Jaya Kendari, amounting to 20 employees. Sampling using a total sampling technique by taking the entire population sampled as many as 20 employees and determined informants namely Owner Nana Jaya Kendari Supermarkets, and Managers at Supermarkets Nana Jaya Kendari.

Based on the results of the analysis and discussion obtained, it can be concluded that the reward system has a significant effect on employee performance at the Nana Jaya Supermarket in Kendari. The better the reward system provided to employees, the higher the employee's performance at the Kendari Jaya Supermarket, Kendari. Based on the results of this study it appears that in general the Nana Jaya Jaya Supermarket has provided or implemented a good reward system to employees. although there are still some aspects that still need to be improved again such as benefits to employees, as well as in providing bonuses to employees. This will increase employee loyalty to the company, discipline, and employee creativity at work

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh sistem imbalan terhadap kinerja karyawan pada Swalayan Nana Jaya Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan di Swalayan Nana Jaya Kendari yaitu berjumlah 20 karyawan. Penarikan sampel menggunakan teknik total sampling dengan mengambil seluruh populasi yang dijadikan sampel yaitu sebanyak 20 karyawan dan ditetapkan informan yaitu Pemilik Swalayan Nana Jaya Kendari, serta Manajer di Swalayan Nana Jaya Kendari.

Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa sistem imbalan memiliki pengaruh yang signifikan dengan kinerja karyawan pada Swalayan Nana Jaya Kendari. Semakin baik sistem imbalan yang diberikan kepada karyawan, maka semakin tinggi pula kinerja karyawan pada Swalayan Nana Jaya Kendari. Berdasarkan hasil penelitian ini terlihat bahwa pada umumnya Swalayan Nana Jaya Kendari sudah memberikan atau menerapkan sistem imbalan yang baik kepada karyawan. walaupun masih ada beberapa aspek yang masih perlu ditingkatkan  lagi  seperti  tunjangan  kepada  karyawan,  serta  dalam  memberikan  bonus  kepada karyawan. Hal ini akan meningkatkan kesetiaan karyawan terhadap perusahaan, kedisiplinan, dan kreatifitas karyawan dalam bekerja.


Keywords


Rewards system, employee performance

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineka. Cipta. Jakarta.

As’ad. 1992. Psikologi Industri, Bandung: CV. Mandar Maju.

Dasa Putra. 2009. Hubungan Pemberian Sistem Imbalan dengan Kualitas Kerja Karyawan Pada PT.

Angkasa Pura II Divisi Administrasi dan Komersil. Fakultas Ekonomi Universitas

Indonesia. Jakarta.

Handoko, T.H. 1994. Manajemen Personalia Dan Sumber Daya Manusia. Yogjakarta : BPFE

yogjakarta.

Hasibuan, S.P. 1994. Manajemen Perbankan. Jakarta : CV. Haji Magum.

. 1996. Manajemen Dasar, Pengertian dan. Masalah. Jakarta : PT Gunung Agung.

. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara. Jakarta.

Irma, P., S. 2006. Pengaruh Insentif Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. BPR Pijer Podi

Kekelengen Cabang Medan. Universitas Negeri Medan.

Komang, A. 2008. Perilaku Keorganisasian. Edisi Pertama. Graha. Ilmu. Yogyakarta. Lenvile. 1990. Publik Administration; Challenge,Choices,. Consequences. Illinois;

Malhotra, N. 1999. Marketing Research: An Applied Orientation, third edition. New Jersey: Prentice

Hall, Inc

Mangkunegara, A. Prabu. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung : Remaja

Rosdakarya.

Pfeffer, J. 2007. Paradigma Baru Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Amara Books. Simanjuntak. 1998. Payaman, Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia, Jakarta: Lembaga Penerbit

Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Sinungan, M., 2000, Efektivitas Organisasi Seri Manajemen, Erlangga, Jakarta. Soejadi. 1986. Metode Pemisahan. Kanisius. Yogyakarta.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung : Alfabeta.

Solimun. 2002. Multivariate Analysis Structural Equation Modelling (SEM) Lisrel dan Amos. Fakultas MIPA, Universitas Brawijaya.

Sulistiyani & Rosidah. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia,. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Supranto. 2001. Statistik Teori dan Aplikasi, Cetakan Kedua, Jakarta: Penerbit. Erlangga. Syarif, R., 1991, Teknik Manajemen Latihan dan Pembinaan, Angkasa, Bandung.

Thoha, M. 1990, Prestasi kerja, Eresco, Jakarta.

. 1996. Perilaku Organisasi, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Timple. 1992. Kinerja. Jakarta: PT.Gramedia




DOI: http://dx.doi.org/10.33772/bujab.v1i2.9630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Neling Sutrayani, jamal bake, eka suaib

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Universitas Halu Oleo Universitas Halu Oleo Kendari

Mailing:
Laboratorium Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

Address: Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232, Indonesia.
Phone: 0811-3666-227
Contact E-Mail: erniqomariyah_fisip@uho.ac.id
Website: https://www.uho.ac.id/ 


Creative Commons License
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.