PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KUALITAS LAYANAN DALAM MENGGUNAKAN JASA WIFI SPEEDY (Studi Pada Pengguna Hotspot di Area Kantor PT. Telekomunikasi Cabang Kendari)

Muh Thamrin Gama, arifin utha, mustakim mustakim

Abstract


The purpose of this study was to determine Consumer Perceptions of Service Quality in Using Wifi Speedy Services in the Office of PT. Telkom Branch Kendari. Informants in this study were employees and consumers of PT. Kendari Branch Telecommunications, amounting to 50 people.

The data collection techniques used in this study are questionnaires, namely data collection carried out by giving a set of questions or written statements to respondents to be answered and Interview is used to collect data and information through question and answer to selected informants.

Data and information obtained from this research will be processed and analyzed descriptively qualitatively, which is to provide an overview of all research problems so that they can be generalized into a general conclusion to answer the problems in this study. This research variable consists of 2 variables, namely consumer perception as the independent variable and service quality as the dependent variable.

Operational variables are consumer perceptions: perceptions (impressions, ratings, and opinions of consumers on the quality of speedy wifi services of PT. Telkom Branch Kendari). Service Quality; (can be interpreted as an effort to meet the needs and desires of consumers and the accuracy of its delivery in balancing consumer expectations.

The results of this study indicate that consumers' perceptions of service quality in using wifi speedy at PT. Telkom Branch Kendari can be said very well this is evidenced by the response of respondents giving a positive response to the indicator variable perception and service quality.

ABSTRAK

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Persepsi Konsumen Terhadap Kualitas Layanan Dalam Menggunakan Jasa Wifi Speedy di Kantor PT. Telkom Cabang Kendari. Informan dalam penelitian ini adalah karyawan dan konsumen PT. Telekomunikasi Cabang Kendari   yang berjumlah 50 orang.

Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuesioner yaitu pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawabnya dan Wawancara yaitu digunakan untuk pengumpulan data dan informasi melalui tanya jawab terhadap informan yang telah dipilih.

Data dan informasi yang diperoleh dari penelitian ini akan diolah dan dianalisis secara deskriptif kualitatif   yaitu memberikan gambaran seluruh permasalahan penelitian sehingga dapat digeneralisasi menjadi suatu kesimpulan umum untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini. Variabel penelitian ini terdiri dari 2 variabel yaitu persepsi konsumen sebagai variabel bebas dan kualitas layanan sebagai variabel terikat.

Operasional variabelnya adalah Persepsi konsumen: persepsi (kesan, penilaian, dan pendapat konsumen terhadap kualitas layanan wifi speedy PT. Telkom Cabang Kendari). Kualitas Layanan ; (dapat diartikan sebagai upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen serta ketepatan penyampiannya dalam mengimbangi harapan konsumen.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi konsumen terhadap kualitas layanan dalam menggunakan wifi speedy pada PT. Telkom Cabang Kendari dapat dikatakan sangat baik hal ini dibuktikan dengan tanggapan responden memberikan respon positif pada indikator variabel persepsi dan kualitas layanan jasa. 


Keywords


Consumers, Service Quality

Full Text:

PDF

References


Arikunto, 2002. Prosedur penelitian (Suatu Pendekatan Praktek).Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Christopher. H. Lovelock dan Lawrein. K. Wright. 1999. Manajemen Pemasaran Jasa,Indeks, Jakarta.

Hastuty Ismail. 2003. Tinjauan Kualitas Jasa Pelayanan Penumpang Pada PT. (Persero) Merpati

Indonesia Airlines Cabang Kendari. Skripsi Sarjana (S1) Universitas Halu Oleo. Kendari. Edy, Sulfakar. 2004. Persepsi Konsumen Terhadap Pelayanan Jasa Pada Wartel Istimewa Kendari.

Skripsi Sarjana (S1) Universitas Halu Oleo. Kendari.

Hawkins, Del I, Best, Roger J, Coney, Kenneth A. 2001. Consumer Behavior.

New York : The McGraw-Hill. http://anneahira.com/kemajuan-teknologi.htm

Husein, Umar. (2002). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen.Jakarta: PT. Gramedia Pustaka

Utama.

Iqbal Hasan. 2002. Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia

Indonesia.

Johannes, Supranto. 1993. Metode Riset: Aplikasinya Dalam Pemasaran. Lembaga Penerbit FE-UI: Jakarta.

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium, Jilid 1. Benyamin Molan, penerjemah. Prenhallindo.Jakarta: Terjemahan dari Marketing Management.

Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran: Analisis Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol

Jilid I. PT. Prenhallindo: Jakarta.

................... dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12.Jilid 1 dan 2, Indeks, Jakarta.

................... 1997 Manajemen Pemasaran: Analisis Perencanaan, Implementasi dan Kontrol Jilid

II. PT. Prenhallindo: Jakarta.

Kotler, Philip dan Alfonsus Budi. Susanto. 2001. Manajemen Pemasaran di Indonesia: Buku 2.

Salemba Empat: Jakarta.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa (Teori dan Praktek). Salemba Empat: Jakarta.

Michael, Solomon. (2009). Consumer Behavior, 8th Edition.New Jersey: Pearson Education. Mursid. 1993. Marketing Pemasaran. Bumi Aksara: Jakarta.

Nazir.(1998). Metode Penelitian. Salemba Empat, Jakarta.

Payne, Adrian, 2001. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi.

Parasuraman. 1988. Working Paper, Washington DC, Lawrence C, Phd June T. 2002: 1-12. Ratih Humiyati. 2008. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta Bandung. Rusmadi, 2005. Manusia dan Komputer. PT.Elex Media Komputindo: Jakarta.

Rusmadi, Dedi, 1995. Manusia dan Komputer.PT. Elex Media Komputindo, Jakarta. Saydam, Gouzali. 1995. Sistem Telekomunikasi di Indonesia. Penerbit Angkasa: Bandung.

Schiffman. (2007). Consumer Behavior, 8th Edition. New Jersey: Pearson Education. Sunarto. (2006). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: AMUS.

Supriadi, Dedi. 1995. Era Baru Bisnis Telekomunikasi. Penerbit PT. Rosda Jaya Putra: Bandung. Sutisna. (2002). Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sutrisno Hadi. 1997. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: BPFE.

Tjiptono. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Penerbit Andi Offset: Yogyakarta. Tjiptono, Fandy. 1996. Manajemen Jasa. Penerbit Andi: Yogyakarta.

(n.d.). Undang-Undang Republik Indonesia No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan

Konsumen.Jakarta.

Usman. 2000. Metodologi Penelitian, Jakarta: Bumi Aksara

Nugroho. 2012. Persepsi Konsumen Terhadap Kualitas Layanan Jasa Internet Pada PT. Telkom

Makassar. Skripsi Sarjana (S1) Universitas Hasanudin Makassar

Wijaya Indra. 2004. Perilaku Organisasi. Erlangga: Jakarta.

Winardi. 1991. Marketing dan Perilaku Konsumen. Penerbit CV. Mandar Maju Bandung. Yazid. 1999. Pemasaran Jasa. Konsep dan Implikasi: Ekonisia, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33772/bujab.v1i2.9628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Muh Thamrin Gama, arifin utha, mustakim mustakim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Universitas Halu Oleo Universitas Halu Oleo Kendari

Mailing:
Laboratorium Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

Address: Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232, Indonesia.
Phone: 0811-3666-227
Contact E-Mail: erniqomariyah_fisip@uho.ac.id
Website: https://www.uho.ac.id/ 


Creative Commons License
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.