PEMBERIAN INSENTIF KARYAWAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KEPADA KONSUMEN PADA PT. SAMUDERA PERIKANAN KENDARI

yusdar yusdar, arifin utha, muh yusuf

Abstract


Providing Employee Incentives in Improving the Quality of Services to Consumers at PT. Kendari Ocean of Fisheries. Employee performance at PT. The Samudera Perikanan Kendari has shown improvement towards a better direction, but this is not followed by the provision of adequate incentives to employees, causing employee services to be of poor quality. Therefore it is necessary to conduct research related to providing incentives to improve service quality at PT. Kendari Ocean of Fisheries. The formulation of the problem in this study is how to provide incentives to employees at PT. Samudera Perikanan Kendari and how the quality of service at PT. Kendari Ocean of Fisheries. This study aims to describe the provision of incentives to employees at PT. Samudera Perikanan Kendari and the quality of service to consumers at PT. Kendari Ocean of Fisheries. The population in this study were all employees at PT. Samudera Perikanan Kendari which numbered 60 permanent employees. Sampling using the Total Sampling technique with the population used as samples, 58 and 2 people used as research informants, namely the General Manager and Executive Manager at PT. Samudera Perikanan Kendari and 2 customers at PT. Kendari Ocean of Fisheries. The results show that from the dimension of material incentives, bonuses are given well to employees but the dimension of commission giving needs to be increased. Then the non-material incentives in the form of praise both verbally and in writing still need to be increased again. Quality of service to consumers is demonstrated by the ability to provide fast service to consumers, ready to provide services, being friendly in providing services, adequate workplaces, and the state of facilities and infrastructure in good condition. Although there are still some shortcomings, namely the reliability of employees in doing work as instructed is still in the quite good category. Based on the results of the study, it can be concluded that the provision of incentives to employees of PT. Samudera Perikanan Kendari has not been maximally implemented so that it will affect the quality of service to consumers.

ABSTRAK

 

Pemberian Insentif Karyawan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kepada Konsumen pada PT. Samudera Perikanan Kendari. Kinerja karyawan pada PT. Samudera Perikanan Kendari sudah menunjukkan peningkatan ke arah yang lebih baik, tetapi hal ini tidak diikuti oleh pemberian insentif yang memadai kepada karyawan sehingga menyebabkan pelayanan karyawan menjadi kurang berkualitas. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian terkait pemberian insentif dalam meningkatkan kualitas pelayanan pada PT. Samudera Perikanan Kendari. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pemberian insentif kepada karyawan pada PT. Samudera Perikanan Kendari dan bagaimana kualitas pelayanan pada PT. Samudera Perikanan Kendari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemberian insentif kepada karyawan pada PT. Samudera Perikanan Kendari dan kualitas pelayanan kepada konsumen pada PT. Samudera Perikanan Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan pada PT. Samudera Perikanan Kendari yaitu berjumlah 60 karyawan tetap. Penarikan sampel menggunakan teknik Total Sampling dengan populasi dijadikan sampel yaitu 58 dan 2 orang dijadikan informan penelitian yaitu General Manajer dan Executive Manajer pada PT. Samudera Perikanan Kendari serta 2 orang pelanggan pada PT. Samudera Perikanan Kendari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari dimensi insentif material, bonus diberikan dengan baik kepada karyawan tetapi dimensi pemberian komisi masih perlu ditingkatkan lagi. Kemudian insentif non material berupa pujian baik secara lisan dan tulisan masih perlu ditingkatkan lagi. Kualitas pelayanan kepada konsumen ditunjukkan dengan kemampuan memberikan pelayanan yang cepat kepada konsumen, siap dalam memberikan pelayanan, bersikap ramah dalam memberikan pelayanan, tempat kerja yang memadai, serta keadaan sarana dan prasarana dalam keadaan baik. Walaupun sebagian masih terdapat kekurangan yaitu kehandalan karyawan dalam mengerjakan pekerjaan sesuai yang diperintahkan masih dalam kategori cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa pemberian insentif kepada karyawan PT. Samudera Perikanan Kendari belum terlaksanan secara maksimal sehingga akan mempengaruhi kualitas pelayanan kepada konsumen.



Keywords


Giving Incentives; Service quality; PT. Kendari Ocean of Fisheries

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2000. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.

Boediono, B. 2003. Pelayanan Prima Perpajakan. Rineka Cipta. Jakarta.

Malthis & Jhon H. Lackson 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia, (Bisnis, Manajemen, Keuangan, Dan Sdm). Edisi 9. Jakarta :Salemba Empat.

Mangkunegara, AP. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Tjiptono, F. 2002. Strategi Pemasaran. CV. Andi Offset. Yogyakarta.

Yoeti. 2001. Service Quality. Journal Of Retailing. Vol. 6 Number 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.33772/bujab.v1i1.9623

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 yusdar yusdar, arifin utha, muh yusuf

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Universitas Halu Oleo Universitas Halu Oleo Kendari

Mailing:
Laboratorium Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

Address: Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232, Indonesia.
Phone: 0811-3666-227
Contact E-Mail: erniqomariyah_fisip@uho.ac.id
Website: https://www.uho.ac.id/ 


Creative Commons License
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.