STRATEGI SALURAN DISTRIBUSI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN GAS ELPIJI 12 KG DAN 50 KG PADA PT. CAHAYA BERLIAN SYUKUR KOTA KENDARI

Nurlatipa Nurlatipa, muh amir, sartono sartono

Abstract


This research was conducted at the company PT. Cahaya Berlian Syukur Kendari with the aim to find out the distribution channel strategy in increasing the volume of LPG gas sales. The informants in this study are the company leaders, heads of marketing, administration, retailers and end customers. The data used in this study are primary data and secondary data. And using qualitative descriptive analysis techniques, namely by providing a clear picture of the problems in research so that it can answer the problems in this study. The results of this study found that the distribution channel strategy used by PT. Cahaya Berlian Syukur on 12 kg LPG uses direct and indirect distribution channels, while on 50 kg LPG only uses direct distribution channels. In the distribution channel of PT. Cahaya Berlian Gratitude in the 12 kg LPG gas that is most effectively used is the indirect distribution channel, while in the 50 kg LPG gas the most effective use is the direct distribution channel.

ABSTRAK

.Penelitian ini dilakukan pada perusahaan PT. Cahaya Berlian Syukur Kendari dengan tujuan untuk mengetahui strategi saluran distribusi dalam meningkatkan volume penjualan gas elpiji. Informan dalam penelitian ini yaitu pimpinan perusahaan, kepala bagian pemasaran, bagian administrasi, pengecer dan konsumen akhir.  Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Serta menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan memberikan gambaran yang jelas tentang permasalahan dalam penelitian sehingga dapat menjawab permasalahan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa strategi saluran distribusi yang di pakai oleh PT. Cahaya Berlian Syukur pada gas elpiji 12 kg menggunakan saluran distribusi langsung dan tidak langsung, sedangkan pada gas elpiji 50 kg hanya menggunakan saluran distribusi langsung. Dalam saluran distribusi PT. Cahaya Berlian Syukur pada gas elpiji 12 kg yang paling efektif digunakan adalah saluran distribusi tidak langsung, sedangkan pada gas elpiji 50 kg yang paling efektif digunakan adalah saluran distribusi langsung.


Keywords


Distribution Channel Strategy, Sales Volume

Full Text:

PDF

References


A Soekarno, Suryo. 2004. Membangun Sukses Lewat Jalur Distribusi. 04 Agustus 2004

Abdullah, Assegaf. 2001. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Angipora, Maruis. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi Kedua. Jakarta: Rajawali Graindo.

Assauri, Sofyan. 1997. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta: Rajawali.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Budidharmo, Susanto. 2000. Dasar-DasarManajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS

Griffin, Ricky.W dan Elbert Ronald.J. 1999. Bisnis II. Terjemah Edina cahya ningsih. Jakarta: Prenhallindo.

Hadi, Sutisno. 1984. Metodologi Research. Jilid 3 edisi ke 1. Jogyakarta.

Handoko T.H, 1992. Management edisi 2.

Hermawan, Atang. 1998. Marketing. Bandung: Arnico.

Hidayat, Taufiq. 2007. Produk Kaki Lima, Penjualan Bintang. Edisi 03.06 Februari 2003.

Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran. Terjemahan Hendra Teguh dan Ronny A. Rusli. 1997. Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, Philip. dan Amstrong, Gary. 1997. Dasar-Dasar Pemasaran. Terjemahan oleh Sindoro, Alexander dan molan, Benyamin. 1997. Jakarta. Prenhallindo.

___________________________. 1996. Dasar-Dasar Pemasaran. Terjemahan oleh W. Wilhelmus dan bakowatun .1996. Jakarta: Intermedia.

Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nasution. 1999. Manajemen Transportasi. Jakarta: Erlangga.

Nazir M. 2005. Metode Penelitian. cetakan ke 6. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nitisemito, Alex. S. 1977. Maketing. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sigit, Suhardi 1992. Pemasaran Praktis. Yogyakarta: BPFE.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kombinsi. Yogyakarta: Alfabeta.

Swastha, Basu. 1981. Azaz-Azaz Pemasaran. Yogyakarta: Bagian penerbitan. FE.UGM.

_____________. 1999. Azas-Azas Marketing. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Liberty.

Swasta, Basu. dan Irawan. 1990. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi Kedua Yogyakarta: Liberty.

______________________. 2001. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi. Offiset.

_____________. 1997. Prinsip-Prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Andi Offiset.

_____________. 2000. Perspektip Manajemen dan Pemasaran Kontemporer. Yogyakarta: Andi Offiset.

_____________. 2002. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offiset.

_____________. 2006. Pemasaran Jasa. Edisi Pertama. Malang: Bayu Media Publishing.

Qardhawi, Yusuf. 1997. Peran Nilai Dan Moral Dalam Perekonomian Islam. Jakarta: Robbani Press.

Wijaya, Indra. 2002. Perilaku Organisasi. Jakarta: Sinar Baru.

William J. Stanton. 1985. Manajemen Pemasaran. Edisi VII. Jakarta: Erlangga.

William J. Stanton. 2003. Prinsip Pemasaran. (Saduran Yohanes Lamarto). Jakarta: Erlangga.

Winardi. 1980. Asas-Asas Marketing. Bandung: Alumni




DOI: http://dx.doi.org/10.33772/bujab.v1i1.9618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Nurlatipa Nurlatipa, muh amir, sartono sartono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Universitas Halu Oleo Universitas Halu Oleo Kendari

Mailing:
Laboratorium Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

Address: Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232, Indonesia.
Phone: 0811-3666-227
Contact E-Mail: erniqomariyah_fisip@uho.ac.id
Website: https://www.uho.ac.id/ 


Creative Commons License
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.