STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN MOBIL PADA DEALER AUTHORISED DAIHATSU PT.MAKASSAR RAYA MOTOR CABANG KENDARI

Nur Selo Wasi, Mustakim Mustakim, muh yusuf

Abstract


Managers, and Financial Managers at PT. Makassar Raya Motor Kendari Branch The population in this study were all consumers at PT. Makassar Raya Motor Branch of Kendari from 2013-2015, amounting to 687 people. Sampling using a purposive sampling technique with a population of 40 samples and determined research informants namely Branch Managers, Sales and 4 customers at PT. Makassar Raya Motor Branch Kendari.

In accordance with the results and discussion, the marketing strategy carried out at PT. Makassar Raya Motor Kendari Branch in general can be said to have been good because PT. Makassar Raya Motor Branch Kendari is able to use strategic marketing locations, have types of products, present a good selling price to consumers, as well as communicate marketing to consumers. Although there are still aspects that still need to be improved again, namely the Daihatsu car distribution system from the parent company to PT. Makassar Raya Motor Branch Kendari.

Sales made by PT. Makassar Raya Motor Branch Kendari in general can be said to have been good. Because found positive things in sales made such as increased sales, in addition to getting maximum profits, as well as growth in several aspects of the company such as the growth in the number of employees and increased revenue.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen pada PT. Makassar Raya Motor Cabang Kendari dari tahun 2013-2015 yaitu berjumlah 687 orang. Penarikan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan populasi dijadikan sampel yaitu 40 dan ditetapkan informan penelitian yaitu Branch Manajer, Sales Manajer, dan Manajer Keuangan pada PT. Makassar Raya Motor Cabang Kendari serta 4 orang pelanggan pada PT. Makassar Raya Motor Cabang Kendari.

Sesuai dengan hasil dan pembahasan, Strategi pemasaran yang dilakukan pada PT. Makassar Raya Motor Cabang Kendari secara umum dapat dikatakan sudah baik karena PT. Makassar Raya Motor Cabang Kendari mampu menggunakan lokasi pemasaran yang strategis, memiliki jenis-jenis produk, menyajikan harga jual yang baik kepada konsumen, serta melakukan komunikasi pemasaran dengan baik keopada konsumen. Walaupun masih ada aspek yang masih perlu ditingkatkan lagi yaitu sistem distribusi mobil Daihatsu dari perusahaan induk ke PT. Makassar Raya Motor Cabang Kendari.

Penjualan yang dilakukan oleh PT. Makassar Raya Motor Cabang Kendari secara umum dapat dikatakan sudah baik. Karena ditemukan hal-hal positif dalam penjualan yang dilakukan seperti peningkatan penjualan, selain itu mendapatkan laba yang maksimal, serta terjadi pertumbuhan beberapa aspek perusahaan seperti pertumbuhan jumlah karyawan serta peningkatan pendapatan.


Keywords


Marketing Strategy and Sales Volume

Full Text:

PDF

References


Basu, Swastha & Irawan. 2002. Saluran Pemasaran. Salemba Empat. Jakarta.

Hasibuan, M. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Kotler, P. 2003. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengawasan. FE. Universitas Indonesia. Jakarta.

Kotler, P. 2004. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengawasan. FE. Universitas Indonesia. Jakarta.

Nugroho, Setiadi. 2003. Perilaku Konsumen. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Purnama, L. 2001. Strategic Marketing Plan. PT. Gramedia Utama. Jakarta.

Rangkuti, F. 2000. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia.

Stoner, Freman & Gilbert Jr. 2001. Pengantar Ilmu. Graha Ilmu. Yogyakarta..

Tjiptono, F. 2002. Strategi Pemasaran, Edisi Kedua. Cetakan keenam. Penerbit Andi Offset. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33772/bujab.v1i1.9617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Nur Selo Wasi, Mustakim Mustakim, muh yusuf

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Universitas Halu Oleo Universitas Halu Oleo Kendari

Mailing:
Laboratorium Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

Address: Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232, Indonesia.
Phone: 0811-3666-227
Contact E-Mail: erniqomariyah_fisip@uho.ac.id
Website: https://www.uho.ac.id/ 


Creative Commons License
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.