ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA SWALAYAN SANYA KENDARI

Iskandar Iskandar, Mustakim Mustakim, muh aswin

Abstract


This study aims to determine the effect of product quality on consumer satisfaction. In this study, Product Quality on Consumer Satisfaction has a positive and significant effect on customer satisfaction. The independent variable consists of Product Quality (X), the dependent variable is Customer Satisfaction (Y). As for the sample in this study amounted to 40 respondents taken using the purposive sampling method. The analysis used is a simple linear regression analysis the results are Y = 37,458 + 0,162X + 2,373 using SPSS Version 16. The results of this study indicate that the Analysis of Product Quality Impacts on Consumer Satisfaction through indicators of Product Quality, Product Variations, Product Availability, and Kind of Brand. And Consumer Satisfaction observed through indicators of Price Attractiveness, Location Attractiveness, Product Attractiveness and Brand Attractiveness ie Product Quality has a positive and significant effect on Consumer Satisfaction at the Kendari Supermarkets in Kendari, which means that Product Quality Influence factors strongly support and influence and can also increase Consumer Satisfaction at the Sanya Supermarket Supermarkets Kendari. The results of this study indicate that this research model is acceptable.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen. Dalam penelitian ini Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Variabel independen terdiri dari Kualitas Produk (X), Variabel dependen yaitu Kepuasan Konsumen (Y). adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 responden yang diambil dengan menggunakan teknik metode purposive sampling,. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana hasilnya yaitu Y= 37,458 + 0,162X + 2,373 dengan mengguakan alat bantu SPSS Versi 16.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Analisis Pengaru Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen melalui indikator Kualitas Produk, Variasi produk, Ketersediaan Produk, dan Macam Merek. Dan Kepuasan  Konsumen yang diamati melalui indikator Daya Tarik harga, Daya Tarik Tempat, Daya Tarik Produk dan Daya Tarik Merek yakni Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen pada Swalayan Sanya Kendari, yang artinya faktor Pengaruh Kualitas Produk sangat mendukung dan mempengaruhi dan juga dapat meningkatkan Kepuasan  Konsumen pada Swalayan Sanya Kendari. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model penelitian ini dapat diterima.


Keywords


Product Quality, Consumer Satisfaction

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian. Penerbit PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.

Basu Swastha DH., 1996. Asas-asas Marketing, Edisi III, Cetakan Kedua, Liberty, Yogyakarta.

Basu Swasta dan T.Hani Handoko,2000:11. Manajemen Pemasaran, analisa Perilaku Konsumen”. Edisi Pertama Cetakan ketiga. BPFE Yogyakarta,

Basu Swastha, dan Irawan, 2003, Manajemen Pemasaran Modern,Yogyakarta, Penerbit : Liberty Yogyakarta.

Fandy Tjiptono,(2000), Presepektif Manajemen Pemasaran Kontemporer, Yogyakarta.ANDI

Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra, (2005), Manajemen Kualitas produk, Yogyakarta. ANDI

Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Gilbert, David. 2003. Retail Marketing Management. New Jersey: PrenticeHall

Hahn, Fred E. 2002. Beriklan dan Berpromosi Sendiri. Jakarta : PT. Gramedia. Pustaka Utama.

J. Supranto,2000, Statistik(Teoridan Aplikasi), Edisi Keenam, Jakarta,Erlangga

Kotler, Philip. 1995. Marketing jilid II. Penerbit Erlangga, Jakarta

Kotler Philip, 2000, “Manajemen Pemasaran”,edisi millennium 1, Jakarta: Penerbit Prenhallindo.

Kotler Philip, A. B Susanto, 2000, Manajemen Pemasarandi Indonesia, Jakarta : Salemba Empat.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong,2001, Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1,Edisi Kedelapan,Jakarta,Erlangga.

Kotler, Philip. 2002. Marketing Management, Millenium Edition North Western University New Jersey, Prentice Hall Inc.Gilbert, David. 2003.

Kotler dan Keller (2007). Manajemen Pemasaran, edisi 12, jilid 1, PT.Indeks, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33772/bujab.v3i1.9613

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Iskandar Iskandar, Mustakim Mustakim, muh aswin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Universitas Halu Oleo Universitas Halu Oleo Kendari

Mailing:
Laboratorium Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

Address: Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232, Indonesia.
Phone: 0811-3666-227
Contact E-Mail: erniqomariyah_fisip@uho.ac.id
Website: https://www.uho.ac.id/ 


Creative Commons License
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.