STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA UD. KEPITING BAHARI DI DESA BONTU-BONTU KECAMATAN TOWEA KABUPATEN MUNA
Abstract
This study aims to determine the marketing strategy to increase sales volumes in the trading business in the village Bontu marine crab-Bontu Towea District of Muna. The research was implemented in November 2017 took place at the business in the village crab-Bontu Bontu Towea District of Muna. The population in this study is determined by purposive businessman crab in the village Bontu-Bontu Towea District of Muna. Analysis of the data used to determine the strategy swot analysis. The results showed that businesses in the village crab-Bontu Bontu Towea District of Muna from the results of the calculation that amounted to Rp 46.200.00, this shows that businesses in Bontu-Bontu crabs have enough strength both in its operations. The suggestion of this research is to strengthen the marketing of crabs and is expected to relevant agencies in order to assist in marketing efforts crab that efforts crab in the village Bontu-Bontu be known by the community and access to capital and financial support to develop their business, crab is expected to entrepreneurs to improve their skills and quality of products in order to carry out the production and marketing activities more efficiently.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan pada usaha dagang kepiting bahari di Desa Bontu-Bontu Kecamatan Towea Kabupaten Muna. Penelitian ini di laksanakan pada bulan November 2017 bertempat pada usaha kepiting di Desa Bontu-Bontu Kecamatan Towea Kabupaten Muna. Populasi dalam penelitian ini di tentukan secara purposive yaitu pengusaha kepiting di Desa Bontu-Bontu Kecamatan Towea Kabupaten Muna. Analisis data yang digunakan adalah analisis swot guna menentukan strategi. Hasil penelitian menunjukan bahwa usaha kepiting di Desa Bontu-Bontu Kecamatan Towea Kabupaten Muna dari hasil nilai perhitungan yaitu berjumlah Rp 46.200.00, hal ini menunjukan bahwa usaha kepiting di Bontu-Bontu mempunyai kekuatan yang cukup baik dalam operasionalnya. Adapun saran dari penelitian ini adalah untuk memperkuat pemasaran kepiting dan diharapkan kepada instansi terkait agar dapat membantu dalam memasarkan produk usaha kepiting agar usaha kepiting yang ada di Desa Bontu-Bontu bisa di kenal secara luas oleh masyarakat dan memperoleh modal dan bantuan finansial untuk mengembangkan usahanya, diharapkan kepada pengusaha kepiting untuk meningkatkan keterampilan dan kualitas produk agar dalam melaksanakan kegiatan produksi dan pemasaran lebih efisien.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2000. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi 6. Jakarta: Rineka Cipta.
Basu, Swastha & Irawan. 2002. Saluran Pemasaran. Salemba Empat. Jakarta.
[BPS] Badan Pusat Statistik. Indikator Pertanian Tahun 2006. Jakarta.
Badan Pusat Statistik. Departemen Ilmu Kelautan dan Perikanan Tahun 2007. Jakarta.
Cravens. 1996. Strategic Marketing 5th Edition. Chicago.
Dahuri, D. 2002. Membangun Kembali Perekonomian Indonesia Melalui Sektor Perikanan dan Kelautan. Jakarta: LISPI
Fedinand, A. 2006.Metodologi Penelitian Manajemen. Semarang: Universitas Diponogoro.
Hasibuan, M. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Husein, Umar. Manajemen Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pusaka.
Keller, K. 1998. Strategic Brand Management. New Jersey: Prentice Hall.
Kinnear, Thomas C & James Taylor. 1995. Marketing Research An Applied Approach. McGraw Hill Text.
Kotler, P & Amstrong. 2001. Manajemen Pemasaran Jilid II. Terjemahan Drs. Benyamin Molan.Prentice Hall. Jakarta.
Kotler, P. 2003. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengawasan. FE.Universitas Indonesia. Jakarta.
Kotler, P. 2004. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengawasan. FE.Universitas Indonesia. Jakarta.
Mittal, Harlam. 1999. Organizational Market. New Jersey: Prentice Hall.
Nugroho, Setiadi. 2003. Perilaku Konsumen. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.52423/bujab.v3i1.9612
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 joko loko, Mustakim Mustakim, sahrun sahrun
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Universitas Halu Oleo Kendari |