STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA SEKTOR INFORMAL DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PEDAGANG KAKI LIMA DI KECAMATAN KAMBU KOTA KENDARI

Wa Ode Herlina, makmur kambolong

Abstract


This study aims to determine the Informal Sector Business Development Strategy to Improve Revenue Street Vendors In Sub Kambu Kendari.

The method used in this study isapproach a qualitativewhere research is descriptive that is to know or describe the reality of the incident is being investigated. The process of data analysis conducted continuously starts by examining the data available from various sources, from interviews, observations that have been written in the field notes, documents and so on until the conclusion.

The research results found in the Informal Sector Business Development Strategy In Street Vendor Revenue Increases in District Kambu Kendari already well which of the two ways that can be applied is achieved with good business scale expansion and the expansion of business scope.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pengembangan Usaha Sektor Informal Dalam Meningkatkan Pendapatan Pedagang Kaki Lima Di Kecamatan Kambu Kota Kendari.

Metode penelitian yang digunakan dalam peneltitian ini adalah pendekatan kualitatif  dimana  dalam  penelitian  yang  dilakukan  bersifat  deskriptif  yaitu  untuk mengetahui atau menggambarkan kenyataan dari kejadian yang diteliti. Proses analisis data dilakukan secara terus menerus dimulai dengan menelaah data yang tersedia  dari  berbagai  sumber,  yaitu  dari  wawancara,  pengamatan  yang  sudah dituliskan  dalam  catatan  lapangan,  dokumen  dan  sebagainya  sampai  dengan penarikan kesimpulan.

Adapun hasil penelitian bahwa dalam  Startegi Pengembangan Usaha Sektor Informal Dalam Meningkatkan Pendapatan Pedagang Kaki Lima di Kecamatan Kambu Kota Kendari sudah baik dimana dari dua cara yang diterapakan dapat tercapai dengan baik yaitu perluasan skala usaha dan perluasan cakupan usaha.


Keywords


Business Development Strategy, Street Vendor Revenue

Full Text:

PDF

References


Adi, I Komang Antara dan Luh Putu Aswitari. Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Kaki Lima. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana Vol.5, No.11 November 2016.

Anggreini, Adhe saragi. 2016. Strategi Pengembangan Usaha Kecil Menengah Sektor Industri Kerajinan Batu Bata. Yogyakarta : Skripsi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Ari, Wayan Suda. 2016. Determinan Pendapatan Pedagang Kaki Lima (Pkl): Lampung. Skripsi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Lampung.

Asmita, Rini Samosir. 2015. Analisis pendapatan pedagang kaki lima sektor informal. Semarang: skripsi FEB Diponegoro Semarang.

Hartiwi Prabowo, Pona Nurhanka, Sri Budi Utami Nur Hasanah. 2010. Evaluasi Dan Rekomendasi Strategi Bisnis. Jurnal Binus Business Review FEB Universitas Bina Nusantara Vol.1 No.1 Mei 2010.

Indartini, Mintarti. Analisis Variabel Yang Berpengaruh Terhadap Tingkat Pendapatan Pedagang Makanan Dan Minuman Kaki Lima. Jurnal Sosial Volume 10. Nomor 1, Maret 2009

Jumhur. 2015. Model Pengembangan Pedagang Kaki Lima. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan Universitas Tanjungpura 2015, Vol. 4, No. 1 thn 2015.

Lamba, Arung. Kondisi Sektor Informal Perkotaan Dalam Perekonomian Jayapura-Papua. Jurnal Ekonomi Bisnis Universitas Cenderawasih, Vol. 16, No. 2, Juli 2011

Lusia, Mona Br Manihuruk. 2013. Strategi Bertahan Pelaku Sektor Informal: Peranan Modal Sosial Migran Pedagang Kaki Lima. Bogor: Skripsi Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor.

M Dedi. Masykur Riyadi. 2009. Peran sektor informal sebagai katup pengaman masalah ketenagakerjaan. Jakarta: Laporan Kedeputian Evaluasi Kinerja Pembangunan BPPN RI.

Muhammad, Deden Haris. 2011. Strategi Pengembangan Usaha Sektor Informal dalam Mendukung Pertumbuhan Ekonomi dan Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan. LAB-ANE Fisip Untirta vol 7. No.2 tahun 2011

Naomi, Togi Marito Siregar dan Paidi Hidayat. Analisis Strategi Pengembangan Sektor Informal. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Vol.2 No.6 2017

Nurmagribah, Mira. 2006. Strategi Pengembangan Usaha. Jakarta : Skripsi Fakultas Sains Dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Nur, Muhammad. 2015. Strategi Peningkatan Usaha Pedagang Kaki Lima. Makassar: Skripsi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin Makassar.

N Mulyani. 2016. Pengaruh pendapatan terhadap tingkat konsumsi pada pegawai negeri sipil. Jurnal ekonomika universitas almuslim bireuen aceh vol. 1V. no. 7 thn 2016.

Okti Dwi Nurani. 2010. Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Pendapatan Pedagang Kaki Lima Makanan Dan Minuman. Surakarta: Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Patrick C. Wauran. 2012. Strategi Pemberdayaan Sektor Informal Perkotaan. Jurnal Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Daerah (PEKD) Fakultas Ekonomi Universitas Sam Ratulangi Volume. 7, No.3 Edisi Oktober 2012.

Podungge Robiyatijurnal. 2008. Pengembangan Industri Rumah Tangga Pengrajin Kue Tradisional. Jurnal Bisnis & Manajemen Vol. 4, No. 2, 2008.

Ramadhan, Rafif. 2015. Perubahan Sosial – Ekonomi Pedagang Kaki Lima Dalam Program Sentralisasi Sektor Informal Perkotaan. Jurnal Sosial Ekonomi Vol. 5 No.7 Tahun 2015

Rholen, Bayu Saputra. 2014. Profil Pedagang Kaki Lima (Pkl) Yang Berjualan Di Badan Jalan. Jurnal FISIP Universitas Riau Volume 1 No. 2 – Oktober 2014.

Rochmat, Aldy Purnomo. 2016. Strategi Pengembangan Produk Kuliner. Jurnal Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo Volume Xxi, No. 02, Juli 2016.

Prajna, Mustika Paramita. 2014. Strategi Pengembangan Usaha Martabak Telur Kaki Lima Di Kecamatan Dramaga : Bogor. Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Manajemen Institut Pertanian Bogor.

Pramatya, Ichsan. 2013. Modal Sosial Pedagang Kaki Lima Di Jalan Gambir Tanjungpinang : Tanjungpinang. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang.

Samsul. 2017. Analisis Biaya Dan Pendapatan Usaha Pemasaran Kelapa Muda Di Kota Kendari: Kendari. Skripsi Fakultas Pertanian Universitas Halu Oleo Kendari.

Suryana. 2001. Kewirausahaan. Jakarta: Salemba Empat

Sri Utami Setyowati, Mt. Penataan Pedagang Kaki Lima Dengan Memanfaatkan Ruang Luar Di Pusat Kota. Jurnal Neutron, Vol.4, No.2, Agustus 2004.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 9 Tahun 1995 Tentang Usaha Kecil, Disebutkan Bahwa Usaha Kecil Termasuk Pedagang Kaki Lima.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 1997 Tentang Ketenagakerjaan

Yulia lilian Abadi. 2016. Evaluasi Strategi Penetapan Harga Dalam Bisnis Gourment Land Café. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis Vol 1, No1, April 2016




DOI: http://dx.doi.org/10.33772/bujab.v3i1.9611

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Wa Ode Herlina, makmur kambolong

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Universitas Halu Oleo Universitas Halu Oleo Kendari

Mailing:
Laboratorium Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

Address: Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232, Indonesia.
Phone: 0811-3666-227
Contact E-Mail: erniqomariyah_fisip@uho.ac.id
Website: https://www.uho.ac.id/ 


Creative Commons License
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.