ANALISIS SALURAN DISTRIBUSI PEMASARAN RUMPUT LAUT DALAM MENINGKATKAN HASIL PENJUALAN PADA CV. SINAR LAUT KELURAHAN LAPULU KECAMATAN ABELI KOTA KENDARI

Resiton Jamal, arifin utha, makmur kambolong

Abstract


The problem in this research is whether marketing distribution channels can increase the sales of seaweed at CV. Sinar Laut, Lapulu Village, Abeli Sub-District, Kendari City. The purpose of the research is to know the marketing distribution channels can increase the sales of seaweed at CV. Sinar Laut, Lapulu Village, Abeli Sub-District, Kendari City. The technique of collecting data in this research used interviews, which is data collection by conducting interviews directly with the leader of CV Sinar Laut company to get relevant information, as well as documentation used data collection through sources that are archives of the company as information materials in research, and observations that used the direct review conducted by the researcher on the activities of the company. The technique of data analysis in research used analysis with the formula E = A/B x 100% to measure the efficiency of the use of marketing costs on marketing distribution channels that is used by CV. Sinar Laut

The results of this study concluded that the distribution channel that is used by CV. Sinar Laut in marketing seaweed is an indirect channel distribution channels from CV. Sinar laut to Makassar city and distribution channel from CV. Sinar Laut to Surabaya, and observed from marketing cost, then the more efficient distribution channel marketing for CV. Sinar Laut is the distribution channel of CV. Sinar Laut to the companies in Makassar City that is Cottoniindo Sejahterah with marketing efficiency value equal to 6,0% while marketing efficiency value for distribution channel from CV. Sinar Laut to companies in Surabaya city is CV. Mesta Alam is at 5.2%. The marketing strategy which is applied by CV Sinar Laut during last five years continued to increase sales volume equal to 3,345 ton with company profit equal to Rp. 8,460,785,000.

ABSTRAK

 

Permasalahan dalam penelitian ini apakah saluran distribusi pemasaran dapat meningkatkan hasil penjualan rumput laut Pada CV. Sinar laut Kelurahan Lapulu Kecamatan Abeli Kota Kendari. Adapun Tujuan dalam penelitian  adalah untuk mengetahui saluran distribusi pemasaran dapat meningkatkan hasil penjualan rumput laut Pada CV. Sinar laut Kelurahan Lapulu Kecamatan Abeli Kota Kendari. Tehnik dalam pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara yaitu pengumpulan data dengan melakukan wawancara  langsung dengan pimpinan perusahaan CV Sinar Laut untuk memperoleh  informasi yang relevan, serta dokumentasi yaitu pengumpulan data melalui sumber-sumber yang merupakan arsip perusahaan sebagai bahan informasi dalam penelitian, dan melakukan observasi yaitu peninjauan secara langsung yang di lakukan oleh peneliti terhadap aktivitas perusahaan . Teknik analisis data dalam penelitian yaitu menggunakan analisis dengan rumus E= A/B x 100% untuk mengukur efisiensi tingkat penggunaan biaya pemasaran pada saluran distribusi pemasaran yang di gunakan CV.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa saluran distribusi yang di gunakan oleh CV. Sinar Laut dalam memasarkan rumput laut adalah saluran distribusi tidak langsung baik saluran  distribusi dari CV. Sinar laut ke kota Makassar dan saluran distribusi dari CV. Sinar Lau ke Surabaya, dan ditinjau dari biaya pemasaran, maka saluran distribusi pemasaran yang lebih efisiensi bagi CV. Sinar Laut adalah saluran distribusi CV Sinar Laut ke perusahaan yang ada di  Kota Makassar yaitu Cottoniindo Sejahterah dengan nilai efisiensi pemasaran sebesar 6,0% sedangkan nilai efisiensi pemasaran untuk saluran distribusi dari CV Sinar Laur ke perusahaan yang ada di Kota Surabaya yaitu CV. Mesta Alam adalah sebesar 5,2%. Strategi pemasaran yang diterapkan oleh CV sinar laut dapat selama lima tahun terakhir terus meningkatkan volume penjualan sebesar 3.345 ton dengan laba perusahaan sebesar Rp. 8.460.785.000. 


Keywords


Distribution Channel, Marketing, Seaweed

Full Text:

PDF

References


Adwiyoto, A. 1993, Pemasaran yang Sukses, Megahpoin, Jakarta.

Assauri , Sofyan, 1990, Manajemen Perusahaan, Dasar, Konsep, dan Startegi, Rajawali Pers, Jakarta.

Basu Swatha, DH dan Irawan, 1985, Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta, Liberty.

David, F R, 1996, Strategi Pemasaran, Yogyakarta, Gajah Mada.

David F R, 2002, Strategig Management : Concepts and cases.8h ed, Prentick- Hall,Inc. New Jersey.

Djarwanto, P.S, 1991, Kebijaksanaan Perusahaandan Manajemen Strategi Edisi Kedua, BPFE, UGM Yogyakarta.

Dajan, Anto. 2004. PengantarMetode Statistik. Jakarta. Pustaka LP3ES

Daryanto, 2001. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran, Bandung: Satu Nusa.

Freddy Rangkuti, 2008s. Analisis SWOT, Tehnik Membeda Kasus Bisnis, Jakarta,PT. Gramedia.

Foster , Daughlas W, 2003. Pemasaran Dan Aplikasinya Dalam Bisnis, Edisi Terjemahan, Bandung, Tarsito.

Gunawan Adi Saputro dan Marwan Asri, 1989, Anggaran Perusahan, BPFE, Yogyakarta, UGM.

Hansen dan Mowen, 2000. Management Accounting, Suatu Sudut Pandang, Edisi Pertama, BPFE, Yogyakarta.

http://rajapresentasi.com/2008/09/faktor-faktor-kunci-kunci-dalam-penyusunan-strategi-bisnis/

http://id.wikipedia.org/wiki/Analisis_SWOT

http://aguswibisono.com/2010/analisis-swot-strength-weakness-opportunity-threat/

Jain, SC, 1990, Dasar-Dasar Pemasaran, Jakarta, Erlangga

Johnson G, Scholes K, Sexty RM, 1989. Exploring Strategy Management. Prenctice-Hall, Inc. Ontaro.

Kamaruddin, Ahmad, 2001, Akuntasi Manajemen; Dasar-Dasar Konsep Biaya dan Pengambilan Keputusan. Jakarta. Raja Grafindo.

Koeswara, S., 1995. Pemasaran Industri. Jakarta:Djambatan.

Kismono, Gugup.,2001. Bisnis Pengantar. Yogyakarta: BPFE.

Kotler, Philip, 2000, Mnagement Pemasaran, Edisi Millenium, Prehanlindo, Jakarta

Kotler, Philip. 1997, Management Pemasaran, Analisis Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian, Jakarta,PT Perhalindo.

Kotler, Philip. 1992. Marketing Management Analysis, Planning, Implementation, and Control, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Machfoed, Mahmud.,2007. Pengantar Bisnis Modern. Yogyakarta : Andi Ofiset.

Manulang, M, 2002, Pengantar Bisnis, Yogyakarta, Gajah Mada, University Press.

Marimin, 2004. Tehnik dan Aplikasi Pengambalian Keputusan Kriteria Majemuk. Grasindo. Jakarta.

Rimaru, 2012. Pengertian Konsep Analisis Menurut Para Ahli. http://rimaru.web.id/ (On:23 April 2013

Stanton, W.J, (1978),undamentals of marketing, 5th Ed. Tokyo: kogakusha, McGraw-Hll Book Company.

Suparman,I.A,2003. Statistik Social. Jakarta. USU PRESS

Sumber, http://id.shvoong.com/writing-andspeaking/presenting/2069507-pengertian-marketing-mix/#ixzzkvWAgTGc.

Sukirno, B., 2001. Pemasaran Barang dan Jasa. Jakarta; Kanisus.

Suparmono., 2004. Pengantar Ekonomi Makro Teori Sosial dan Penyelesaiannya. Yokyakarta: AMPY YKPN,UPP.

Swastha, B., 1999. . Distribusi Pemasaran Umum. Jakarta: LP3ES.

Teguh, B. Fandy, C. 1997. Pemasaran Internasional, Edisi 1, Yokyakarta: BPFE

Tjiptono, Fandy. 2004. Strategi Pemasaran. Andi. Yokyakarta

Umar, H., 2005. Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Winardi,1996. Manajemen Pemasaran. Bandung: penerbit Alumni

William, F, Gueck, 1994, Manajemen Strategi dan Kebijakan Perusahaan, Erlangga, Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.33772/bujab.v3i1.9609

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Resiton Jamal, arifin utha, makmur kambolong

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Universitas Halu Oleo Universitas Halu Oleo Kendari

Mailing:
Laboratorium Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

Address: Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232, Indonesia.
Phone: 0811-3666-227
Contact E-Mail: erniqomariyah_fisip@uho.ac.id
Website: https://www.uho.ac.id/ 


Creative Commons License
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.