PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM MENGGUNKAN JASA PENGIRIMAN BARANG PT. TIKI CAHAYA SELAMAT KOTA KENDARI

Muhammad Nur Aeni, muhammad basri, Ninik Endang Purwati

Abstract


The purpose of this study is to determine the effect of service quality on customer satisfaction in using goods delivery services at PT. TIKI Cahaya Selamat Kendari. Primary data sources obtained from the results of questionnaires distributed to 50 respondents as consumers of PT. TIKI Cahaya Selamat Kendari, while the secondary data obtained from PT. TIKI Cahaya Selamat Kendari. Analyzer used is with quantitative analysis. The data analysis technique used is simple linear regression.

The results showed that the quality of service has a positive and significant impact on customer satisfaction at PT. TIKI Cahaya Selamat Kendari. Can be seen from the results of t test that shows the value of t arithmetic 9.640> t table 1.684. So it can be concluded that Ho is rejected and Ha accepted, which means there is influence of service quality to customer satisfaction.

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dalam menggunkan jasa pengiriman barang pada PT. TIKI Cahaya Selamat Kota Kendari. Sumber data primer diperoleh dari hasil pengolahan kuesioner yang dibagikan kepada 50 orang responden sebagai konsumen PT. TIKI Cahaya Selamat Kota Kendari, sedangkan data skunder diperoleh dari PT. TIKI Cahaya Selamat Kota Kendari. Alat analisis yang digunakan adalah dengan analisis kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana.

Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada PT. TIKI Cahaya Selamat Kota Kendari. Dapat dilihat dari hasil uji t yang menunjukan nilai t hitung 9,640 > t table 1,684. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen.


Keywords


Service Quality, Consumer Satisfaction

Full Text:

PDF

References


Alex S. Nitisemito, 2011, Marketing, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Andri, Merdian. 2017. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan [skripsi]. Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Basu Swasta, DH., dan Irawan, 2001, Manajemen Pemasaran Moderen, Liberty, Yogyakarta.

Basrah dan Samsul. 2012. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Pada Ranch Market. Jurnal: Riset Manajemen Sains Indonesia. Vol. 3. No.1. (page 1364-1386). Universitas Negeri Jakarta. (10 Januari 2018 pukul 08:10 pm).

Budi Hermawan. 2011. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan, Reputasi Merek Dan Loyalitas Konsumen Jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul. Jurnal: Manajemen Teori dan Terapan. Vol. 4. No. 2. (page 2415-2422). Institute Bisnis dan Informatika Indonesia. (10 Januari 2018 pukul 08:03 pm).

Engel. James F., dkk. 1994. Perilaku Konsumen. Cetakan Pertama. Edisi Keenam.

Jakarta. Binarupa Aksara.

Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Freddy, Rangkuti. 2013. Measuring Costumer Satisfaction, teknik mengukur dan strategi meningkatkan kepuasan pelanggan plus analisis kasus PLN-JP. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Fandy, Tjiptono. 2006, Manajemen Jasa, Andi Offset, Yogyakarta

. 2000. Prinsip-Prinsip Total Quality Service. Yogyakarta. Andi Offset

.2004. Manajemen Jasa. Edisi I. Yogyakarta. Penerbit Andi Offset

Lovelock, Christoper., Wirtz, Jochen., Marry, Jacky. 2005. Pemasaran Jasa Manusia, Teknologi, Strategi Prespektif. Jilid 1. Edisi ke 7. Penerbit Erlangga. Jakarta

Lupiyoadi. 2011, Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktek, Salemba Empat, Jakarta

Moezamil, Zahamsari, 2000, Metode Penelitian Sosial, Erlangga, Jakarta

Masruri dan Supriatin. 2013. Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir. Jurnal: Ilmu & Riset Manajemen. Vol. 2. No. 7 (page 271-292). Sekolah Tinggi Ilmu Indonesia. Surabaya. (10 Desember 2017 pukul 08:45 pm).

Maritha dan Mashariono. 2014. Analisis Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Di PT JNE. Jurnal: Ilmu & Riset Manajemen. Vol. 3. No. 9 (page 610-617). Univesitas Kristen Petra. Surabaya. (10 Desember 2017 pukul 08:50 pm).

Nilasari dan Istiatin. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Dealer Pt. Ramayana Motor. Jurnal: Paradigma. Vol. 13. No. 1 (page 827-838). Universitas Islam Batik. Surakarta. (08 Desember 2017 pukul 07:35 pm).

Pasuraman, Berry. 1994. Mengukur dan Memantau Kualitas Pelayanan. Edisi 2. PT. Indeks Gramedia. Jakarta.

Philli, Kotler. 2013. Manajemen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. PT. Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta

. 2001. Manajemen Pemasaran: Marketing Management; Analisis Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Edisi Indonesia. Jilid 1. Jakarta. PT.Prenhallindo.

Prasetyo, M. Janna. 2005. Metode penelitian kuantitatif. Jakarta: Raja Grafinda Persada.

Riyanto. 2014. Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Grand Puri Water Park Bantul [skripsi]. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.

Metode penelitian bisni. Bandung: Alfabeta.

Sarini, kodu. 2013. Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza. Jurnal: Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Akutansi. Vol. 1. No. 3. (page 1251-1259). Universitas Sam Ratulangi. Manado. (01 Januari 2017 pukul 07:55 pm).

Safira, Farizah B. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Salon Hair Nets [skripsi]. Kendari (ID). Universitas Halu Oleo Kendari.

Winardi, 2011, Manajemen Pemasaran, Alumni, Bandung.

William J. Stanton, 2012, Prinsip Pemasaran,. Airlangga, Jakarta.

www.id.wikipedia.org/wiki/Jne

www.tiki-jne-online.com




DOI: http://dx.doi.org/10.33772/bujab.v3i1.9601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Muhammad Nur Aeni, muhammad basri, Ninik Endang Purwati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Universitas Halu Oleo Universitas Halu Oleo Kendari

Mailing:
Laboratorium Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

Address: Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232, Indonesia.
Phone: 0811-3666-227
Contact E-Mail: erniqomariyah_fisip@uho.ac.id
Website: https://www.uho.ac.id/ 


Creative Commons License
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.