PENGARUH BANTUAN MODAL USAHA TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG TRADISIONAL (Studi Pada Pasar Kambara Kabupaten Muna Barat)

Lm. Iskandar Dinata, Akhyar Abdullah, Ninik Endang Purwati

Abstract


This study aims to determine the effect of venture capital assistance on the income of traditional traders in the Kambara Market, West Muna Regency. The population in this study were all traditional traders in the Kambara Market who were given capital assistance of 60 people. Sampling is done by sample cluster sampling, where each population is grouped according to the type of business being operated. To obtain a representative sample size of each type of business operated, 50% of the population was determined. So that the samples in this study were 30 respondents consisting of: 13 fish sellers, 8 chicken sellers, 9 people selling groceries. Analysis of the data used in this study is a qualitative analysis used to analyze descriptively the effect of venture capital assistance on the income of traditional traders and quantitative analysis is used to analyze quantitatively about the income of traditional traders in the Kambara Market in West Muna Regency using simple linear regression. In accordance with the results and discussion, the Effect of Business Capital Assistance on Traditional Trader Income that the relationship between venture capital assistance with income shows a positive and significant relationship. Meanwhile, the magnitude of the contribution of venture capital assistance to income amounted to 0.9226 or 92.26 percent of the income of traditional traders.

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bantuan modal usaha terhadap pendapatan pedagang tradisional di Pasar Kambara Kabupaten Muna Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pedagang tradisionaldi Pasar Kambara yang diberikan bantuan modal sebanyak 60 orang. Penarikan sampel dilakukan secara sample cluster sampling, yaitu setiap populasi dikelompokkan berdasarkan jenis usaha yang dioperasikan. Untuk memperoleh besarnya sampel yang representatif setiap jenis usaha yang dioperasikan, ditetapkan 50 % dari populasi. Sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang responden yang terdiri : penjual ikan 13 orang, penjual ayam  8 orang, penjual sembako 9 orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis kualitatif digunakan untuk menganalisis secara deskriptif pengaruh bantuan modal usaha terhadap pendapatan pedagang tradisional dan Analisis kuantitatif digunakan untuk menganalisis secara kuantitatif mengenai pendapatan pedagang tradisional di Pasar Kambara Kabupaten Muna Barat dengan menggunakan regresi linear sederhana. Sesuai dengan hasil dan pembahasan, Pengaruh Bantuan Modal Usaha Terhadap Pendapatan Pedagang Tradisional bahwa hubungan antara bantuan modal usaha dengan pendapatan menunjukkan hubungan yang positif dan signifikan. Sementara itu besarnya kontribusi  bantuan modal usaha terhadap pendapatan sebesar 0,9226 atau 92,26 persen terhadap pendapatan pedagang tradisional.


Keywords


Influence; Venture capital; Traditional Trader Income

Full Text:

PDF

References


Buchari Alma, 2002, Pengantar Bisnis, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Diani Tara, 2001. Ekonomi Kerakyatan, Dan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan Suatu Kajian Konseptual. Th – 1 Nomor. 10.

Departemen Koperasi dan Pembinaan Usaha Kecil, 1995. Undang-Undang Nomor 9 Tentang Usaha Kecil. Jakarta.

Djadijono, Wiratma, Leo., Legowo, T.A., 2006, Membangun Indonesia dari Daerah, CSIS, Yogyakarta.

Hugnas dan Kapoor, 1995, Memberdayakan Rakyat dalam Pembangunan Indonesia dalam Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Rakyat. Penerbit BPFE UGM, Yogyakarta.

Jusup, Al. H, 1994. Dasar-Dasar Akuntansi, Penerbit STIE YKPN, Yogyakarta.

Kartasasmita, Ginanjar., 1996, Pembangunan Untuk Rakyat: Memadukan Pertumbuhan dan Pemerataan, Pustaka Cidesindo, Jakarta.

Mubyanto, 2003. Membangun Ekonomi Rakyat Sebagai Landasan Ekonomi Pancasila. Artikel Jurnal Ekonomi Rakyat Th 11 No. 8.

Soenarno, 2003, Strategi Pengembangan Usaha Mikro Dalam Upaya Meningkatkan kualitas Usaha Berbasis Keluarga, Bahan Seminar Bisnis Hari Keluarga Nasional X Tahun 2003, 28 Juni 2003

Sadono Sukirno, 1995. Pengantar Bisnis, Penerbit Prenada Media, Jakrta.

Sadoko, Isono, 1993. Pengembangan Usaha Kecil. Penerbit yayasan Akatiga, Bandung.

Sudirmansyah, 2011. Pengertian dan Jenis-Jenis Pasar. Diakses dari http://www.sudirmansyah.com/artikel-ekonomi/pengertian-dan-jenis-jenis pasar.html. Diunduh tanggal 30 maret 2013.

Winardi, 1991. Kamus Ekonomi, Edisi Ke-3, Penerbit Alumni Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.33772/bujab.v1i2.9596

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Lm. Iskandar Dinata, Akhyar Abdullah, Ninik Endang Purwati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Universitas Halu Oleo Universitas Halu Oleo Kendari

Mailing:
Laboratorium Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

Address: Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232, Indonesia.
Phone: 0811-3666-227
Contact E-Mail: erniqomariyah_fisip@uho.ac.id
Website: https://www.uho.ac.id/ 


Creative Commons License
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.