PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PT. FINANSIA MULTI FINANCE, KREDIT-PLUS PEMBIAYAAN ELEKTRONIK DI KOTA KENDARI, SULAWESI TENGGARA

La Ode Hasrudin, arifin utha, mustakim mustakim

Abstract


This research was conducted on Company PT. Finansia Multi Finance, Credit-Plus Electronik Financing Kendari, Southeas Sulawesi with the aim to find out the effect of service quality on customer satisfaction with the results of this study are expected to be useful for students. Data collection methods used in this study was a questionnaire survey. The sampling technique used Random Sampling method. The population of this research are all consumers/customers who take out credit PT. Finansia Multi Finance, Credit-Plus Electronik Financing Kendari, Southeas Sulawesi and sample of 50 consumers/customers. Data analysis techniques in this study using correlation analysis and multiple linear regression with SPSS. Results from the study showed that the average consumers/customers was satisfied with the services provided by PT. Finansia Multi Finance, Credit-Plus Electronik Financing Kendari, Southeas Sulawesi. Quality waiter has a strong relationship with the customer satisfaction         of 60,8 %. The results of analysis that the physical evidence of significant effect on customer satisfaction/customer with a regression coefficient of 0,228 and tcount of 2,817 with a significant level of 0,007 < 0,05, and guarantees significant effect on customer satisfaction/customer with a regression coefficient of -0,128 negative sign towards customer satisfaction/customer (Y) and tcount of -2,513 with a significant level of  0,016 < 0,05. As for reliability, responsiveness and empathy did not significantly influence consumer satisfaction for a significant level of > 0,05.

Abstrak

Penelitian ini dilakukan pada perusahaa PT. Finansia Multi Finance, Kredit-Plus Pembiaayaan Elektronik Di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara dengan tujuan untuk mengetahui pengauh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dengan adanya hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi mahasiswa, perguruan tinggi serta perusahaan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Random sampling. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen/pelanggan yang mengambil kredit pada PT. Finansia Multi Finance,         Kredit-Plus Pembiaayaan Elektronik Di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara dan sampel sebanyak 50 konsumen/pelanggan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi dan Regresi Linier berganda dengan bantuan software SPSS. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa rata-rata konsumen/pelanggan menyatakan puas terhadap pelayanan yang diberikan  PT. Finansia Multi Finance, Kredit-Plus Pembiaayaan Elektronik Di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Kualitas pelayan mempunyai hubungan yang kuat dengan kepuasan konsumen sebesar 60,8 %. Dari hasil analisis diperoleh bahwa bukti fisik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen/pelanggan dengan koefisien regresi sebesar 0.228 dan thitung sebesar 2,817 dengan tingkat signifikan  0,007 < 0,05,  dan jaminan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen/pelanggan dengan koefisien regresi sebesar -0,128 bertanda negatif terhadap kepuasan konsumen/pelanggan (Y) dan thitung sebesar -2,513 dengan tingkat signifikan   0,016 < 0,05. Sedangkan kehandalan, daya tanggap dan empati tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen karena tingkat signifikan > 0,05.


Keywords


Service Quality and Customer Satisfaction

Full Text:

PDF

References


Gaspersz, V. 2002. Manajemen Kualitas dalam Industri Jasa. Gramedia: Jakarta.

Ghozali, I. 2005. Model Persaman Struktural. “Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOS Ver.5.0”. Universitas Diponegoro : Semarang.

Kotler, P. 2000. Manajemen Pemasaran, Edisi Milinieum, Edisi Kesepuluh, Edisi Bahasa Indonesia, PT. Prenhallindo, Jakarta.

Kotler, P. 2002, Manajemen Pemasaran, Jilid I dan II, terjemahan Hendra Teguh, Penerbit: PT. Prenhalindo, Jakarta.

Kotler, P. 2004. Manajemen Pemasaran.Edisi Dua Betas. PT. Indeks. Jakarta.

Lovelock, Christoper H. 1994. Managing Service: Marketing, Operations, and Human Resources, London: Prentice Hall International, Inc.

Lupiyoadi, R. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Selemba Empat: Jakarta.

Puji, D. 2010. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen PT.NAV Karaoke Surabaya. Skripsi : Surabaya.

Sugito, H. 2007. Mengukur KepuasanPelanggan. Pusat Pengembangan Bisnis & Manajemen : Riau.

Supranto, J. 2006. Pengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Meningkatkan Pangsa Pasar. Jakarta : Rineka Cipta.

Tjiptono, F. 2002. Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Cetakan Keenam. Andi. Yogyakarta.

Transtianingzah. 2006. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah pada Bank Muamalat Cabang Solo. Skripsi : Solo.

Widarjono, A. 2005. Ekonomitrik Teori dan Aplikasi untuk Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: Ekonisia




DOI: http://dx.doi.org/10.33772/bujab.v1i2.9595

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 La Ode Hasrudin, arifin utha, mustakim mustakim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Universitas Halu Oleo Universitas Halu Oleo Kendari

Mailing:
Laboratorium Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

Address: Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232, Indonesia.
Phone: 0811-3666-227
Contact E-Mail: erniqomariyah_fisip@uho.ac.id
Website: https://www.uho.ac.id/ 


Creative Commons License
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.