PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN FREEHOTSPOT PADA KANTOR PT.TELKOM KENDARI KEMARAYA

Idul Ahirudin, Mustakim Mustakim, akhyar abdullah

Abstract


This study aims to test and analyze the effect of service quality on Freehotspot customer loyalty at the Office of PT. Telkom Kendari Kemaraya. So that it can provide new insights and input for the development of science the importance of service quality in increasing customer loyalty. The independent variable is service quality (X) and the dependent variable is customer loyalty (Y). This sample in this study amounted to 30 people using non-probability sampling techniques by examining all consumers of Freehotspot at the Office of PT. Telkom Kendari Kemaraya. Data collection using questionnaires, then raw data are collected and analyzed by simple linear regression using the SPSS program.

The results show that service quality has a significant effect on customer loyalty. These results are shown by the results of the t test at the level of confidence or significance level ɑ = 0.05 degrees with a probability value of 0,000 <0.05. Thus, the hypothesis in this study that the quality of services has a significant effect on customer loyalty Freehotspot at the Office of PT. Telkom Kendari Kemaraya can be accepted.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas jasa terhadap loyalitas pelanggan Freehotspot pada Kantor PT. Telkom Kendari Kemaraya. Sehingga dapat memberikan wawasan baru dan masukan bagi pengembangan ilmu pengetahuan pentingnya kualitas jasa dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Variabel independent adalah kualitas jasa (X) dan variabel dependent adalah loyalitas pelanggan (Y). Sampel ini dalam penelitian ini berjumlah 30 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara non probability dengan meneliti seluruh konsumen Freehotspot Pada Kantor PT. Telkom Kendari Kemaraya. Pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner, kemudian data mentah dikumpulkan dan dianalisis dengan regresi linear sedehana menggunakan program SPSS.

Hasil menunjukkan bahwa kualitas jasa berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil ini ditujukkan oleh hasil uji t pada tingkat kepercayaan atau taraf nyata ɑ = 0,05 derajat

dengan nilai probability 0,000 < 0,05. Dengan demikian maka hipotesis dalam penelitian ini yaitu kualitas jasa berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Freehotspot Pada Kantor PT. Telkom Kendari Kemaraya dapat diterima.


Keywords


Service Quality, Customer Loyalty

Full Text:

PDF

References


Griffin jill. 1996. Costumer Loyaliti: How to Earn it, How to Keep it, Ney York: Simon and Chuster,Inc

Gronross, C. (1984), Service Management and Marketing : Managing the Moment of Truth in Service Competition, Lexiington, MA : Lexington Books.’

Hair, Joseph F, William C. Black, Barry J. Babin, and Ronald L. Tatham, 2006. Multivariate Data Analysis. Sixth Edition. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Jakarta : PT. Prehallindo

... ... , P h i l i p . 1 9 9 8 . M a n a j e m e n P e m a s a r a n : A n a l i s i s , P e r e n c a n a a n Implementasi dan Kontrol. Jakarta : PT. Prenhallindo.

Sugiyono. 1999. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta

.................2011. Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Silalahi, Roswita. 2009. Dampak. Teknik, Metode, dan Ideologi Penerjemahan pada Kualitas Terjemahan Teks Medical- Surgical Nursing dalam Bahasa Indonesia. USU Medan (Disertasi)

Tjiptono, Fandi 1997. Manajemen Jasa, Yogyakarta: Andi




DOI: http://dx.doi.org/10.33772/bujab.v1i2.9587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Idul Ahirudin, Mustakim Mustakim, akhyar abdullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Universitas Halu Oleo Universitas Halu Oleo Kendari

Mailing:
Laboratorium Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

Address: Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232, Indonesia.
Phone: 0811-3666-227
Contact E-Mail: erniqomariyah_fisip@uho.ac.id
Website: https://www.uho.ac.id/ 


Creative Commons License
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.