ANALISIS NON PERFORNING LOAN (KREDIT BERMASALAH) TERHADAP PEMBERIAN KREDIT PADA BANK SULAWESI TENGGARA (SULTRA)

murni sari, justawan justawan, Ninik Endang Purwati

Abstract


Bank as a finanacial institution that has a function as financial intermediation. One function of financial intermediation is funneling credit to the community. The various problems faced by the Bank with regard to channelling credit. The increasing  channelling of credit, usually accompanied with an increase in bad debt or bad credit on credit given. Bad debt in the Banking terms called the Non Performing loan (NPL) for it, the need for policy in the granting of appropriate credit to overcome the existing problems. This research was conducted to find out the Non Performing Loan on granting credit is applied to the Bank in southeast sulawesi in 2011-2015, using the principles in accordance with policy gift credit Bank Indonesia related to the eligibility of the client in the obtaining credit. The data used in this research is the primary and secondary data. Primary data obtaineby conducting interviews and direct observation and related credit division. While  secondary data obtained from studies of the literature  and data obtained from company in the form of the annual report, an analisys of descriptive analisys is used. The period of observation shows that the Non Performing Loan is applied to Bank have good enough South East Sulawesi in accordance wiyh existing theories because it has been applying the principle of prudence and the policy gift credit in the granting of credit in accordance with Banking policy related to the channeling of credit.

ABSTRAK

  Bank merupakan lembaga keuangan yang memiliki fungsi sebagai intermediasi keuangan. Salah satu fungsi intermediasi keuangan adalah menyalurkan kredit kepada masyarakat. Bebagai problem yang duhadapi Bank berkaitan dengan penyaluran kredit, biasanya disertai pula dengan meningkatnya kredit bermasalah atas kredit yang diberikan. Kredit bermasalah dalam istilah perbankan disebut Non Performing Loan (NPL). Untuk itu, perlu adanya kebijakan dalam pemberian kredit yang tepat untuk mengatasi problem yang ada.  Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui  Non Performing Loan pada pemberian kredit yang diterpakan oleh Bank Sultra Tahun 2011-2015, dengan menggunakan kebijakan pada pemberian kredit sesuai dengan ketetapan Bank Indonesia terkait dengan kelayakan nasabah dalam memperoleh kredit. Data yang digunakan dalam penelitian in adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan melakukan wawancara dan hasil pengematan langsung pada divisis kredit terkait. Sedankan data sekunder diperoleh dari studi pustakadan data yang diperoleh dari perusahaan berupa laporan tahunan, serta analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Selama periode pengamatan menunjukan bahwa Non Performing Loan yang diterapakan pada Bank Sultra cukup baik denga teori-teori yang ada karena telah menerapkan kebijakan pemberian kredit dan prinsip kehati-hatian dalam pemberian kredit sesuai dengan kebijakan perbankan terkait dengan penyaluran kredit.


Keywords


The Non Performing Loan, Credit Granting Policies

Full Text:

PDF

References


Aliminsyah dan Pandji. 2003. Kamus Istilah: Keuangan dan Perbankan. Bandung: Yrama Widjaya

As. Mahmoeddin. 2004. Melacak Kredit Bermasalah. Jakarta: Pustaka Sinar HarapaN

Bank Indonesia. 2012. Peraturan Bank Indonesia Nomor: 14/15 PBI 2012 Tentang Penilaian Kualitas Aktiva Bank Umum

Bank Indonesia. 2005. Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 7 10 DPNP tentang perubahan Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 3 30 DPNP tanggal 14 Desember 2001, perihal; Laporan Keuangan Publikasi TRIwulanan dan Bulanan Bank Umum serta Laporan tertentu yang disampaikan Kepada Bank Indonesia

Hasibuan, Malayu S.P. 2007. Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: Bumi Aksara

Ikatan Akuntan Indonesia. 2007. Standar Akutansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat

Siegel, Joel G Dan Jae K. Shim Yang Diterjemahkan Oleh Moh Kurdi. Kamus Istilah Akuntansi. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.2005.

Kasmir. 2002. Manajemen Perbankan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Lapoliwa, N. dan Kuswandi, Daniel S. 2000. Akutansi Perbankan ( Akutansi Transaksi Bank dalam Valuta Rupiah). Jakarta: institute Bankir Indonesia

Margaretha, Farah. 2007. Manajemen Keuangan Bagi Industri Jasa. Jakarta: PT. Grasindo.

Muljono, Teguh Pudjo. 2001. Manajemen Perkreditan Bagi Bank Komersil. Yogyakarta: BPFE

Paket Peraturan Pemerintah Bulan Mei 1993 ( PAK MEI 1993) Tentang Penggolongan Kredit.

Priyatno, Dwi. 2008. Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta: MediaKom

Riyadi, Selamet. 2006. Banking Assets And Liability. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Suhardjono, Indra Bastian. 2006. Akutansi Perbankan. Jakarta: Salemba Empat

Sutojo, Siswanto. 2008. Menangani Kredit Bermasalah (Handling The Problem Loan). Jakarta: PT. Damar Mulia Pustaka

Suyatno, Thomas, dkk. 2003. Dasar-dasar Perkreditan . Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Taswan. 2003. Akutansi Perbankan (Transaksi dalam Valuta Rupiah). Semarang: UPP AMP YKPN

Undang-undang No. 10 tahun 1998 Tentang Perubahan Undang-Undang No.7 Tahun 1992 Tentang Perbankan.

www.banksultra.co.id. Laporan Keuangan Tahun




DOI: http://dx.doi.org/10.33772/bujab.v1i1.9579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 murni sari, justawan justawan, Ninik Endang Purwati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Universitas Halu Oleo Universitas Halu Oleo Kendari

Mailing:
Laboratorium Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

Address: Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232, Indonesia.
Phone: 0811-3666-227
Contact E-Mail: erniqomariyah_fisip@uho.ac.id
Website: https://www.uho.ac.id/ 


Creative Commons License
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.