KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU PERDANA XL PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI UNIVERSITAS HALU OLEO KENDARI

Eka fitriana, rahman rahman, sahrun sahrun

Abstract


The purpose of this research is to know and mendkrepsikan influence of price and promotion to decision of purchasing XL starter card (On Student of Faculty of Administrative Sciences Halu Oleo Kendari University)

The data collection techniques that are used in this study are faculty students of administration sciences that use XL starter card as many as 39 respondents. The sample in this research using porposive sampling technique. Then the data obtained in the analysis quantitatively through multiple linear regression analysis The result of research shows that: (1) Price influence to purchasing decision, (2) Promotion influence to purchasing decision (3) Price and promotion simultaneously influence to purchasing decision. Thus it can be concluded that the price and promotion significantly influence both the persial or simultaneous to the purchase decision.

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendkrepsikan pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian kartu perdana XL (Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Halu Oleo Kendari) Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas ilmu administrasi yang menggunakan kartu perdana XL sebanyak 39 responden. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik porposive sampling. Kemudian data yang diperoleh dalam analisis secara kuantitatif melalui analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian, (2) Pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian (3) Harga dan promosi secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa harga dan promosi secara signifikan mempengaruhi persial atau simultan terhadap keputusan pembelian. 


Keywords


Price, Promotion, and Purchase Decision

Full Text:

PDF

References


Azwar Saifuddin, 2001.Metode Penelitian validitas dan realibilitas, Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Basu Swstha dan T. Hani Handoko. 2000. Manajemen Pemasaran : Analisa Perilaku Konsumen. edisi pertama, cetakan keempat. Yogyakarta: BPFE.

Engel, Blackwell, dan Miniard. 1994. Faktor-faktor mempengaruhi keputusan pembelian. Jakarta: Binarupa Aksara

Handoko, T. Hani. 2000. Bauran pemasaran. Edisi 2. Yogyakarta: BPFE

.2001. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia,Edisi Kedua. BPFE, Yogyakarta.

Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler dan Keller, 2007. Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1,PT.Indeks, Jakarta

Philip Kotler, Gary Amstrong. 2013. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke- 12.Penerbit Erlangga

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

.. 2008. Teori keputusan pembelian. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip,2000,Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Jakarta,Prehallindo.

Lupiyoadi , Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : PT. Salemba Empat.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran , Jakarta: Salemba Empat.

Mowen, John. Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta. Erlangga

Ridwan dan Akdon. 2003. Rumus dan Data dalam Analisis Data Statistika. Bandung: Alfabeta.

Subagyo 2010, Marketing In Business.edisi pertama, cetakan pertama. Jakarta: Mitra Wacana Media

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis: Penerbit CV. Alfabeta: Bandung

Sugiyono.2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D Bandung:Alfabeta.

Stanislaus S.Uyanto. 2006. Pedoman Analisis Data dengan SPSS.Graha Ilmu. Yogyakarta

Setiadi, Nugroho J. 2003, Perilaku Konsumen. Kencana. Jakarta

Tjiptono, Fandy. 2022. Tujuan penetapan harga. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi.

Tarif GSM di Indonesia. http://doonukuneke.wordpress.com. 26 September 2017




DOI: http://dx.doi.org/10.52423/bujab.v3i1.9566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Eka fitriana, rahman rahman, sahrun sahrun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Universitas Halu Oleo Universitas Halu Oleo Kendari

Mailing:
Laboratorium Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

Address: Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232, Indonesia.
Phone: 0811-3666-227
Contact E-Mail: bisnisuho@uho.ac.id
Website: https://www.uho.ac.id/ 


Creative Commons License
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.