PERILAKU KONSUMEN RUMAH MAKAN KAMPUNG EMPANG DI KOTA KENDARI

Ardy Winatha, makmur kambolong

Abstract


This study aims to determine how consumer behavior in Empang Village Restaurant in Kendari City. This type of research is a descriptive study that uses a qualitative approach. While the research location taken by the author is Empang Village Restaurant with the object of research being employees and consumers located on Jln. Madulisa Andonohu Village, Poasia District, Kendari City. This research was conducted in October to November 2017. The results of the study obtained about consumer behavior in Empang Kampung Restaurant in Kendari City with indicators of food quality, prices, and consumer services have a good category. But in terms of prices given on the food menu included in the medium category This can be seen based on observations made by the author and interviews with several research informants. Food quality and price as well as customer service have a good impact on consumer behavior at Empang Kampung Restaurant in Kendari City. This condition is indicated by visible behavior and invisible behavior performed by consumers. The visible behavior can be seen based on the number of purchases made and the frequent visits of consumers. Whereas invisible behavior is seen based on consumers 'perceptions of restaurants and consumers' feelings of ownership

ABSTRAK

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih terdapat kelemahan dari segi pelayanan konsumen oleh Rumah Makan Kampung Empang. Sehingga berdasarkan survey awal pendahuluan, terdapat keluhan konsumen antara lain keterlambatan pengantaran pesanan, pelayan yang kurang ramah dan hidangan yang kurang memberikan daya tarik. Hal ini merupakan salah satu kondisi nyata yang sering terjadi pada rumah makan atau Usaha Kuliner di Kota Kendari.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumen Rumah Makan Kampung Empang di Kota Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan lokasi penelitian yang diambil penulis adalah Rumah Makan Kampung Empang dengan obyek penelitian yaitu pegawai dan konsumen yang terletak di Jln. Madulisa Kelurahan Andonohu, Kecamatan Poasia Kota Kendari. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Oktober sampai dengan November tahun 2017. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, diskusi dengan informan penelitian yang terdiri dari Pemilik rumah makan, 4 orang karyawan dan 11 orang konsumen serta melakukan dokumentasi di lokasi penelitian.

Hasil penelitian yang didapatkan mengenai perilaku konsumen pada Rumah Makan Kampung Empang di Kota Kendari dengan indikator kualitas makanan, harga, dan pelayanan konsumen memiliki kategori baik. Namun dari segi harga yang diberikan pada menu makanan termasuk dalam kategori sedang Hal dapat ini dilihat berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh penulis dan wawancara dengan beberapa informan penelitian. Kualitas makanan dan harga maupun pelayanan konsumen memberikan dampak yang baik terhadap perilaku konsumen pada Rumah Makan Kampung Empang di Kota Kendari. Kondisi ini ditunjukkan dengan perilaku tampak dan perilaku tidak tampak yang dilakukan oleh konsumen. Perilaku tampak dapat dilihat berdasarkan banyaknya pembelian yang dilakukan dan seringnya konsumen berkunjung. Sedangkan perilaku yang tidak tampak dilihat berdasarkan persepsi konsumen mengenai rumah makan dan perasaan kepemilikkan konsumen



Keywords


consumer behavior; restaurant

Full Text:

PDF

References


Fandy Tjiptono, dan Gregorius Chandra. 2011. Service, Quality and Satisfaction (ed 3). Yogyakarta.

Husein Umar, 2003. Metodologi Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka.

Kolter. Philip, 2008. Manajemen Pemasaran Edisi Millenium. Prenhallindo. Jakarta.

Miles & Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. UI-Press. Jakarta.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Penerbit PT. Remaja Rosda karya Offset, Bandung.

Windoyo, Riky.2009. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen. Jakarta.

Zeithalm et al. 1996. Measuring The Quality of Relationship in Customer Service : An Empirical Study. European. Journal of Marketing.




DOI: http://dx.doi.org/10.52423/bujab.v3i1.9564

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ardy Winatha, makmur kambolong

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Universitas Halu Oleo Universitas Halu Oleo Kendari

Mailing:
Laboratorium Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

Address: Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232, Indonesia.
Phone: 0811-3666-227
Contact E-Mail: bisnisuho@uho.ac.id
Website: https://www.uho.ac.id/ 


Creative Commons License
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.