Strategi Pedagang Sektor Informal dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi pada Pedagang buah dan makanan di Kota Kendari)

Jamsir Jamsir, muhammad basri, mustakim mustakim

Abstract


This research was conducted on fruit and food traders in Kendari City with the aim of this Research Objective is to find out the strategy of applying the Principles in Business Ethics of informal sector traders found in Kendari City in increasing sales volume, and to know the Principles of Economy, honesty, service, and fairness of informal sector traders in increasing sales volume. The data used in this study are primary data and secondary data. As well as using descriptive qualitative analysis techniques, the method here is a strategy approach to the principles in business ethics that will be faced by informal sector traders in the business they will do in increasing sales volume. The results showed that (1) In an effort to increase sales volume and market share, informal sector traders in Kendari City have principles in business ethics, namely, the economic principle of goods sold has the potential to generate profits, (2) The principle of honesty in trading never reduces the scal.e / size , (3) the principle of service, fast service to consumers, (4) the principle of justice contributes directly or indirectly to all parties (5) the allocation of justice for all business owners.

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan pada pedagang buah dan makanan di Kota Kendari dengan tujuan Tujuan   Penelitian   ini   adalah   untuk   mengetahui Strategi penerapan Prinsip-prinsip dalam Etika bisnis pedagang sektor informal yang terdapat di Kota Kendari dalam meningkatkan volume penjualan, dan untuk mengetahui Prinsip Ekonomi, kejujuran, pelayanan, serta keadilan pedagang sektor informal dalam meningkatkan volume penjualan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Serta menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif metode disini adalah pendekatan  strategi pada prinsip  dalam Etika bisnis yang akan dihadapi pedagang sektor informal dalam usaha  yang akan dilakukannya dalam meningkatkan volume penjualan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Dalam usaha meningkatkan volume penjualan dan pangsa pasar, pedagang sektor informal di Kota Kendari memiliki prinsip dalam etika bisnis yaitu, prinsip ekonomi barang yang dijual berpotensi menghasilkan keuntungan, (2) Prinsip kejujuran berdagang tidak pernah mengurangi timbangan/ukuran, (3) prinsip pelayanan, pelayanan yang cepat kepada konsumen, (4) prinsip keadilan memberikan kontribusi langsung atau tidak langsung kepada semuua pihak (5) Alokasi keadilan  semua pihak pemilik usaha.


Keywords


Strategy, Sales Volume

Full Text:

PDF

References


Budiono.1982. Ekonomi Mikro.Yogyakarta: BFEE. Erlangga

Becker, K. 2004. The Informal Economy : Fact Finding Study. SIDA, Stockholm Jakarta : Erlangga

Candler.1962. Strategyand Stucture:“Chapters In The History Of American”. Industrial Chamridge. Jakarta: UI Press

Chandrakirana, K dan Isono Sadono. 1995. Dinamika Ekonomi Informal di Jakarta, Industri Daur Ulang, Angkatan Becak Dan Pedagang Kaki Lima”.Jakarta: UI Press.

Dedy. 2016 Marrus (2002:31) Manajemen Strategi http: /Document bahan proposal. Academia. Edukasi htm

Djojohadikusumo. (1994 : 212). 2016 “konsep sektor informal”. Lab-Ane Fisip Untirta http: /Document bahan proposal. Academia. Edukasi htm.

Eprints. 2016. Prinsip-prinsip etika bisnis. http : /dokumen bahan proposal uny.ac.id.

Firnandy. (2002). “konsep sektor informal”. Lab-Ane Fisip Untirta. http : /dokumen bahan proposal

Hidayat. 1978. Sektor Informal Dalam Struktur Ekonomi Indonesia. Jakarta: UI Press.

Jan Bremen dalam Manning dan Effendi (1996) Rachbini dan Hamid,1994). “Peran Sekto Informal dalam Perekonomian Indonesia” artina vita ningrum. http : /dokumen bahan proposal. Jakarta ; UI Press

Kardaniata Abas (1996, Hal : 151) 2016. blogspot.co.id “pengertian volume penjualan”. html

Muslich (1998, : 31 - 33). 2016. blogspot.co.id. “pengertian tujuan dan prinsip prinsip”. html

Maning, Sthurman, Tajuddin. (1989:90). “konsep sektor informal”. Lab-Ane Fisip Untirta. http : /dokumen bahan proposal.

Porter E. Michael dan Maulana Agus 1989 : Strategi Bersaing. “Tehnik Menganalisis Industry Dan Pesaing”, Erlangga. PT. Gelora Aksara Pratama, Jakarta

Philip kottler. “manajemen pemasaran dasar, konsep dan strategi”. Jakarta. Erlangga.

Suharto, Edi. (desember, 2002) : 115 -133 “Human Development and The Urban Informal Sektor’ In Bandung, Indonesia : Poverty Issue”. 2002. New Zealand Journal of Asian Studies

Sadono Sukirno. 1994 “pengantar teori mikro ekonomi”, Jakarta : Rajawali Press Edisi kedua.

Swastha bashu (2008 : 404). 2016. “Pengertian Volume Penjualan” Menurut Ahli Kumpulan Artikel News. Htm.

Wirosardjono. Soecipto. 1985 “Pengertian, Batasan, Dan Masalah Sektor Informal”. Prisma No : 38 .

Winardi. 1978 “Manajemen Pemasaran (Marketing Management )”. Jilid I Dan II. Tarsina. Bandung Hal. 51.




DOI: http://dx.doi.org/10.33772/bujab.v1i1.9556

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jamsir Jamsir, muhammad basri, mustakim mustakim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Universitas Halu Oleo Universitas Halu Oleo Kendari

Mailing:
Laboratorium Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

Address: Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232, Indonesia.
Phone: 0811-3666-227
Contact E-Mail: erniqomariyah_fisip@uho.ac.id
Website: https://www.uho.ac.id/ 


Creative Commons License
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.