Penerapan E-Commerce dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada UD. Mete Mubaraq Kota Kendari

nur ningsih, makmur kambolong, Ninik Endang Purwati

Abstract


This study aims to determine how much the increase in sales volume obtained by UD. Lombe Mubaraq Kendari City after using the E-commerce sales system. The key informants in this study were the leadership of UD. Cashew Mubaraq Kendari City, UD Employees. Cashew Mubaraq 2 person and UD customers. Kendari City Mubaraq Cashew as much as 2 person Viewed from the nature of this research is descriptive skinative which aims to describe what is being applied, in it there are efforts to describe, record, analyze, and interpret the conditions that currently occur or exist. this research provides an overview of the application of E-commerce and what percentage of its influence.

The results showed that the application of e-commerce in increasing sales volume. At UD. Kendari City Coal Cashew, in carrying out its business, UD. Mete Mubaraq applies electronic commerce (electronic commerce) with Facebook media, which is a business transaction that occurs in electronic networks, such as the internet. Benefits that can be felt by UD. Mente Mubaraq with the use of social media is one of the strong driving factors for UD. Mente Mubaraq continues to use social media in developing products, communicating with consumers, suppliers and suppliers, and developing a wider market network.

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan volume penjualan yang diperoleh UD. Lombe Mubaraq Kota Kendari setelah menggunakan sistem penjualan E-commerce. Informan kunci dalam penelitian ini adalah kepemimpinan UD. Kacang Mete Kota Kendari, Karyawan UD. Mete Mubaraq 2 orang dan pelanggan UD. Kota Kendari Mubaraq Mete sebanyak 2 orang. Dilihat dari sifat penelitian ini adalah deskriptif skinatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan apa yang sedang diterapkan, di dalamnya terdapat upaya untuk mendeskripsikan, mencatat, menganalisis, dan menginterpretasikan kondisi yang saat ini terjadi atau ada. penelitian ini memberikan gambaran umum tentang penerapan E-commerce dan berapa persen pengaruhnya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan e-commerce dalam meningkatkan volume penjualan. Di UD. Mete Batubara Kota Kendari, dalam menjalankan usahanya, UD. Mete Mubaraq menerapkan perdagangan elektronik (electronic commerce) dengan media Facebook, yang merupakan transaksi bisnis yang terjadi di jaringan elektronik, seperti internet. Manfaat yang bisa dirasakan oleh UD. Mente Mubaraq dengan penggunaan media sosial adalah salah satu faktor pendorong kuat bagi UD. Mente Mubaraq terus menggunakan media sosial dalam mengembangkan produk, berkomunikasi dengan konsumen, pemasok dan pemasok, dan mengembangkan jaringan pasar yang lebih luas.


Keywords


E-Commerce, Sales Volume

Full Text:

PDF

References


Arfida,2003,Ekonomi Sumber Daya Manusia Jakarta: Ghalia Indonesia

Al-Arif,M.Nur Rianto, 2010, Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah, Bandung: Alfabeta

Baum, David, 1999.E-Commerce. New Jersey: Oraclecorp.

Case,Karl E.,Ray C. Fair,2007, Prinsip- prinsip Ekonomi, Edisi Kedelapan, Jakarta: Erlangga

Departemen Pendidikan Nasional, 2011, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta:Gramedia

Dewan Standar Akuntansi Keuangan,2009, Pernyataan Standar Akutansi Keuangan tentang Pendapatan No.23, Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia

Gregorius,Chandra, 2001,Pemasaran Global Edisi 1 Yogyakarta:Andi

Greenstein,Marilyn and Miklos Vasarhelyi, 2002,Electronic Commerce, New York Mc Graw Hill

Jahanshahi. Rezaei. Nawaser. Ranjbar. And Pitamber. 2011. Analyzing theEffects ofElectronic Commerce on Organizational Performance : Evidence from Small and Medium Enterprises.African Journal of Business Management Vol. 6 (15). pp. 6486-6496.

Kalakota,R.&Whinston,A.B.1997.Electronic Commerce: a Managers Guide, Addison-Wesley, United States of America.

S,Arikunto, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta

Sholihin,Ahmad Ihfan, 2010, Buku Pintar Bank Syariah Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama

S,Munawir,2002 Analisis Laporan Keuangan,Yogyakarta: Liberty

Sugiono,2013,Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan-15, Bandung: Alfabeta

Supranto,J,2008,Statistik Teori dan Praktik, Edisi Ketujuh, Jakarta: Erlangga,2008

Tarigan, Robinson, 2005, Ekonomi Regional, Jakarta: Bumi Aksara

Teguh, Muhammad, 2005, Metodologi Penulisan Ekonomi teori dan Aplikasi, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Tika,Moh.Prabundu,2006,Metodelogi Riset Bisnis,Jakarta: Bumi Aksara

Turban, Efrain,etal,2002"E-commerce: Amanagerial perspective."Low Price Edition.




DOI: http://dx.doi.org/10.52423/bujab.v3i2.9446

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 nur ningsih, makmur kambolong, Ninik Endang Purwati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Universitas Halu Oleo Universitas Halu Oleo Kendari

Mailing:
Laboratorium Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

Address: Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232, Indonesia.
Phone: 0811-3666-227
Contact E-Mail: bisnisuho@uho.ac.id
Website: https://www.uho.ac.id/ 


Creative Commons License
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.