Strategi Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Di Kantor Pelayan Pajak Pratama (KKP) Kendari

Mingriani igam, Mustakim Mustakim, Ninik Endang Purwati

Abstract


The purpose of this study was to determine the strategy of increasing taxpayer compliance at the Kendari Primary Tax Service Office. The strategy used uses two approaches, namely tax morale and law enforcement.

The results showed that the strategy of increasing taxpayer compliance in the Kendari Primary Tax Office was carried out with two approaches namely tax morale and law enforcement. Tax morale or moral development of taxpayers is done through education to taxpayers and the general public. Education is delivered through counseling, supervision, and implementation of programs that aim to not only educate but also to increase the motivation of taxpayers and various other policies. Education includes knowledge about tax administration and information about the importance of taxes and aspects of tax law.

Law enforcement is the last step taken by the tax authority in an effort to improve taxpayer compliance. Law enforcement can have a deterrent effect and is also a bad example for other taxpayers. However, in an effort to improve taxpayer compliance. Moral development of taxpayers cannot be implemented fully by the tax authority. So the tax authority is difficult to build trust in taxpayers related to high rates of corruption, lack of guaranteed budget allocation and use, the availability of public facilities, the use of budget is not on target and various things that are can affect the level of public trust. Therefore, the tax authority should always coordinate with officials in state organizations or institutions that are closely related to the management of the state budget. So that taxpayers' morale and society in general can be awakened.

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi meningkatkan kepatuhan wajib pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kendari . Strategi yang dilakukan menggunakan dua pendekatan yaitu tax morale dan penegakan hukum.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi meningkatkan kepatuhan wajib pajak di KPP Pratama Kendari yang dilakukan dengan dua pendekatan yaitu tax morale dan penegakan hukum. Tax morale atau pembangunan moral wajib pajak dilakukan melalui edukasi kepada wajib pajak dan masyarakat secara umum. Edukasi disampaikan melalui penyuluhan, pengawasan, dan pelaksanaan program-program yang bertujuan selain edukasi juga untuk meningkatkan motivasi wajib pajak serta berbagai kebijakan lainnya. Edukasi memuat pengetahuan tentang administrasi perpajakan dan informasi tentang pentingnya pajak serta aspek hukum pajak.

Penegakan hukum merupakan langkah terakhir yang dilakukan oleh otoritas pajak dalam upaya meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Penegakan hukum dapat memberikan efek jera dan juga menjadi contoh buruk bagi wajib pajak lainnya. Akan tetapi, dalam upaya meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Pembangunan moral wajib pajak tidak dapat dilaksanakan sepenuhnya oleh otoritas pajak.maka otoritas pajak sulit untuk membangun kepercayaan kepada wajib pajak terkait dengan tingginya angka korupsi, tidak adanya tarnsparansi alokasi dan penggunaan anggaran pajak, ketersediaan fasilitas umum, penggunaan anggran tidak tepat sasaran dan berbagai hal yang dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan masyarakat. Oleh karena itu, sebaiknya otoritas pajak senantiasa berkoordinasi dengan pejabat pada organisasi atau lembaga negara yang erat hubungannya dengan pengelolaan anggaran negara. Agar moral wajib pajak dan masyarakat secara umum dapat terbangun


Keywords


Strategy; Taxpayer Compliance; Tax Morale; Tax Law Enforcement

Full Text:

PDF

References


Daliyo. 2001. Pengantar Ilmu Hukum. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Devano, S. dan S. K. Rahayu. 2006. Perpajakan Konsep Teori dan Isu, Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Fandy Tjiptono. 2000. Perspektif Manajemen dan Pemasaran Kontemporer. Yogyakarta: Andi.

Fidel. 2008. Pajak Penghasilan. Jakarta: Carofin Publishing.

Fred R. David. 2006. Manajemen Strategi, Edisi ke-10. Jakarta: Salemba Empat.

Freddy Rangkuti. 2014. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Herry Purwono. 2010. Dasar-dasar Perpajakan dan Akuntansi Pajak. Jakarta: Erlangga.

J. David Hunger dan Thomas L. Wheelen. 2003. Manajemen Strategi, Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi.

John Hutagaol, dkk. 2006. Kapita Selekta Perpajakan. Jakarta: Salemba Empat.

Jonathan Sarwono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kusuma, S.T. 1987. Psiko Diagnostik. Yogyakarta: SGPLB Negeri Yogyakarta

Larry D. Crumbley, Jack P Friedman, and Susan B Anders. 1994. Dictionary of Tax Term. United States: Barron's Educational Series Inc.

Mardiasmo. 2011. Perpajakan Edisi Revisi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Richard P. Rumelt. 2011. Good Strategy, Bad Strategy: The difference and why it matters. New York: Crown Business.

Rochmat Soemitro. 1990. Azas dan Dasar Perpajakan. Bandung: Eresco.

Rully Indrawan dan R. Poppy Y. 2014. Metodologi Penelitian. Bandung: PT. Refika Aditama

Safri Nurmantu. 2005. Pengantar Perpajakan. Jakarta: Granit. 72

Siti Kurnia Rahayu. 2010. Perpajakan Indonesia: Konsep dan Aspek Formal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, (Edisi Revisi), Jakarta: Rineka Cipta.

Ulber Silalahi. 2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama

Waluyo. 2013. Perpajakan Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Waluyo dan Wirawan B. Ilyas. 2000. Perpajakan Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Wawan A dan Dewi M. 2010. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.

Yogi, dkk. 2007. Manajemen Stratejik Terapan. Jakarta: Poliyama Widya Pustaka.

Karya Ilmiah

Anisa Nirmala Santi. 2012. Skripsi: "Analisis Pengaruh Kesadaran Perpajakan, Sikap Rasional, Lingkungan, Sanksi Denda dan Sikap Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak". Semarang: Universitas Diponegoro.

Raisa Ike Fitri. 2016. Skripsi: "Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi". Makassar: Universitas Hasanuddin.

Restu Mutmainnah Marjan. 2014. Skripsi: "Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus, dan Sanksi Pajak Terhadap Tingkat Kepatuhan Formal Wajib Pajak." Makassar: Universitas Hasanuddin.

Jurnal

B. Bawono Kristiaji, dkk. "Memahami Ke(tidak)patuhan Pajak." InsideTax Magazine. 14th edition (March 2013).

Ni Ketut Muliari dan Putu Ery Setiawan. "Pengaruh Persepsi tentang Sanksi Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Orang Pribadi". (Jurnal Akuntansi dan Bisnis Universitas Udayana, 2010).




DOI: http://dx.doi.org/10.33772/bujab.v3i2.9444

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Mingriani igam, Mustakim Mustakim, Ninik Endang Purwati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Universitas Halu Oleo Universitas Halu Oleo Kendari

Mailing:
Laboratorium Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

Address: Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232, Indonesia.
Phone: 0811-3666-227
Contact E-Mail: erniqomariyah_fisip@uho.ac.id
Website: https://www.uho.ac.id/ 


Creative Commons License
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.