Penerapan Rekrutmen dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan pada Kantor Perum Bulog Kota Kendari

Harumia Harumia, jopang jopang, Sitti Hairani Idrus

Abstract


This study aims to determine how the application of recruitment in improving employee performance in the office of the Public Corporation of the State Logistics Agency of Kendari. The informants in this study were 6 employees at BULOG Kendari City. This type of research used in this paper is a type of descriptive research, using a qualitative approach. Data collection techniques use: observation, interview and documentation.

          The results of this study indicate that the application of recruitment in improving employee performance at the Office of Public Corporation BULOG Kendari that the recruitment of prospective employees is determined by the Central Office so that the Public Corporation BULOG only helps, supervises, directs and accepts prospective employees to carry out an interview test and gives a good assessment prospective employees and have met the Standard Operating Procedures. The performance results of employees at BULOG Public Corporation have been very good because it performs unique skills so that the company can be further improved and the quality of work has met company criteria. Interaction among BULOG employees is good because there is cohesiveness when doing work and the responsibilities of each employee and discipline has fulfilled the company rules.

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan  rekrutmen dalam meningkatkan kinerja karyawan pada kantor Perum BULOG kota Kendari. Adapun informan dalam penelitian ini adalah 6 orang karyawan pada Perum BULOG Kota Kendari. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah jenis penelitian deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan : observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  penerapan rekrutmen dalam meningkatan kinerja karyawan pada Kantor Perum BULOG Kota Kendari bahwa  perekrutan calon karyawan  ditentukan  oleh  Kantor  Pusat  sehingga di Perum BULOG  tersebut  hanya  membantu, mengawasi, mengarahkan dan  menerima calon karyawan untuk melaksanakan sebuah tes wawancara dan memberikan penilaian yang baik terhadap calon karyawannya dan sudah memenuhi Standar Operasional Prosedur. Hasil kinerja karyawan di Perum BULOG sudah sangat baik karena melakukan keterampilan-keterampilan yang unik sehingga peruahaan dapat lebih meningkat dan  kualitas pekerjaan tersebut  sudah memenuhi kriteria perusahaan. Interaksi sesama karyawan  BULOG di nilai baik karena terjadi kekompakan  pada saat melakukan pekerjaan  serta tanggung jawab masing-masing karyawan dan kedisplinan sudah memenuhi aturan perusahaan tersebut.


Keywords


Employee Performance; Recruitment

Full Text:

PDF

References


Adi Mardianto ,2014, Management Recruitmen. Jakarta, Pinasthika publisher

Alex Soemadji Nitisemito. (2001). Manjemen Personalia. Jakarta Ghalia Indonesia.

A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. (2001), Manajemen sumber daya manusia perusahaan, Bandung: Remaja Rosdakarya

A.Dale Timpe (1999). Seri Ilmu dan Seni Manajemen Bisnis “Kinerja”. Jakarta: Gramedia Asri Media

Cushway, B. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Dessler, Gary. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Alih bahasa: Eli Tanya. Penyunting Bahasa: Budi Supriyanto. Jakarta: Indeks.

Elza Septriana, 2011, Pengaruh Penerapan Sistem Rekrutmen SDM Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. BNI Cabang Syariah Padang.

Hasibuan, Malayu S.P., 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia.Bumi Aksara, Jakarta.

Irawan, Prasetya, Suryani S.F.Motok, Sri Wahyu Krida Sakti, 1997 Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: STIA LAN Press.

Land, Mathis Robert and Jackson, John H. 2000. Human Resources Management. Singapore : Thomas Learning Asia.

Larasati, Sri. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Deepublish.

Mathis, R.L. & J.H. Jackson. 2006. Human Resource Management: Manajemen Sumber Daya Manusia. Terjemahan Dian Angelia. Jakarta: Salemba Empat.

Mahmudi (2015), Manajemen Kinerja Sektor Publik. Edisi Kedua. Yogyakarta : UPP STIM YKPN.

Mahsun, Mohamad, 2014. Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta : BPFE- Yogyakarta.

Miner, John B. and Donald P. Crane.1997 Human Resources Management. Singapure: Thomson Learning Asia.

Moekijat,2010. Manajemen Sumber Daya Manusia, cetakan kesembilan, penerbit : Mandar Maju, Bandung.

Ndraha,Taliziduhu, 1999, Pengantar Teori Pengembangan sumber Daya Manusia, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Pasolong, Harbani. 2010. Teori Administrasi Publik, Alfabeta. Bandung.

Sadili, Samsudin,(2009):Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : CV Pustaka Setia.

Simanjuntak, Payaman. (2005). Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta

Simamora, Henry, 997, Manajemen Sumber Daya Manusia,Yogyakarta; STIE YKPN.

Sedarmayanti, 2013, Manjemen Sumber Daya Manusia, Bandung : Refika Aditama.

Tika, Pabundu.(2006). Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jakarta: Bumi Aksara

T. Hani Handoko.2016. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta.

Universitas Gadjah Mada.

,2008, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, edisi kedua, penerbit : BPFE, Yogyakarta.

Ulya Qisti Fauziyah 2014, Strategi Rekrutmen Karyawan Outsourching Pada PT. Multi Pilar Agung Sidoarjo.

Veithzal Rivai, 2004, “Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan,Cetakn Pertama, Jakarta, PT. Raja GrafindoPersada.

Wibowo. 2009.Manajemen Kinerja. Edisi Kedua. Jakarta: Rajawali Pers.

Wirawan. 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: http://dx.doi.org/10.33772/bujab.v3i2.9442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Harumia Harumia, jopang jopang, Sitti Hairani Idrus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Universitas Halu Oleo Universitas Halu Oleo Kendari

Mailing:
Laboratorium Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

Address: Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232, Indonesia.
Phone: 0811-3666-227
Contact E-Mail: erniqomariyah_fisip@uho.ac.id
Website: https://www.uho.ac.id/ 


Creative Commons License
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.