Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Rumah Makan Wong Solo Di Kendari

Fitrah Rahmawati, jamal bake, Ninik Endang Purwati

Abstract


This Research aim to to know the strategy of development of Restaurant business Wong Solo in Kendari. Informan in this research that is perpetrator of is effort restaurant of Wong Solo consisted of by the head of is effort and other employees as much 5 people. Technique of data collecting used by is interview mendalam, dokumentasi. Research method used by is descriptive approach analyse with the approach qualitative with the research process of through/ passing permanent measurement by means of that is matrix SWOT

Result of this research indicate that the: strategy of development of business of restaurant of Wong Solo that is strategic location determination by exploiting reliable human resource management is its area is elementary substance election goodness and also product processing becoming especial menu with the goal feel typical and also the make-up of service, taking care of security and kenyamantehadapcutomer/ client. S0 that born the prima service strategy with the method Greeting. Greeting is expression or greet with the method: 1) greeting guest with the greeting of according to company standard, 2) smile the heartfelt, 3) bring the guest clothes that have been provided according to the number of guests.

ABSTRAK

           

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan bisnis Rumah Makan Wong Solo di Kendari. Informan dalam penelitian ini yaitu pelaku usaha rumah makan Wong Solo yang terdiri dari pimpinan usaha dan karyawan lainnya sebanyak 5 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif dengan proses penelitian melalui pengukuran dengan alat yang baku yaitu matriks SWOT.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa :strategi pengembangan bisnis rumah makan Wong Solo yaitu penentuan lokasi yang strategis dengan memanfaatkan manajemen sumberdaya manusia yang handal dibidangnya baik pemilihan bahan dasar maupun pengolahan produk yang menjadi menu utama dengan cita rasa yang khas serta peningkatan layanan, menjaga keamanan dan kenyaman terhadap pelanggan. Sehingga lahirlah strategi pelayanan prima dengan metode Greeting. Greeting adalah ungkapan sambutan atau salam dengan metode: 1) menyambut tamu dengan sambutan sesuai standar perusahaan, 2) senyum dengan tulus, 3) mengantar tamu kemeja yang sudah disediakan sesuai dengan jumlah tamunya.


Keywords


Business Development; Strategy

Full Text:

PDF

References


Arsyad. 1992. Ekonomi Pembangunan.

Abdullah, M. Ma’ruf. 2011. Manajemen Berbasis Syariah Aswaja. Pressindo; Yogyakarta.

Allison, M., dan Kaye, J. 2004. Perencanaan Strategis Bagi Organisasi Nirlaba. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Amalia, Euis, 2009. Keadilan Distribusi Dalam Ekonomi Islam. Rajawali Press; Jakarta.

Ambar, Jackie, 2003. Riset Pemasaran. PT. Gramedia Utama; Jakarta

Annisa L, 2008. Analisis Srategi Pengembagan Usaha Restoran Cibaru, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten [skripsi]. Bogor: Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Daft, Richard. L, 2007. Manajemen Edisi 6, Salemba Empat Jakarta.

David FR, 2006. Manajemen Strategi: Konnsep. Edisis 10. Jakarta: Salemba Empat.

David Fred R, 2012. Strategi Manajemen (Manajemen Strategi Konsep). Penerbit: Salemba Empat. Jakarta.

Depdiknas, 2005. Panduan Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis, Kompetensi, Jakarta.

Hendrol, Candra. 2006. Dasar-Dasar Kewirausahaan. Erlangga; Jakarta

Hunger, dan Wheelen, 2011. Manajemen Strategi. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Hutabarat J dan Huseini M , 2006. Proses, Formasi dan Impelemntasi Manajemen Strategi Konteporer Operasional Strategi. Jakarta: PT Elex Mesia Komputindo.

Ismail Solihin, S.E, 2006. Pengantar Bisnis. Kencana; Jakarta.

Jatmiko, Rahmad Dwi. 2003. Manajemen Stratejik. Malang : UMM Press

Jauch, Lawrwncw R dan Glueck, William F. 2003. Manajemen Strategi dan Kebijakan Perusahaan, Penerbit Erlangga. Jakarta.

Kasmir dan Jakfar, 2003. Studi Kelayakan Bisnis. Prenada Media Group; Jakarta.

Mulyadi, 2010. Sistem Akuntansi. Penerbit Salemba Empat; Jakarta.

Pearce John A dan Richard B. Robinson. 1997. Manajemen Stratejik: Formulasi, Imlementasi dan Pengendalian. Jilid 1. Jakarta: Binarupa Aksara.

Rangkuti, Freedy. 2006. Analisis SWOT Tehnik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sadono Sukirno, 2006. Mikro Ekonomi Teori Pengantar. Edisi Ketiga Persada; Jakarta. Press; Semarang

Soleh, Mohamad. 2008. Analisis Strategi Inovasi dan Dampaknya Terhadap Kinerja. Walisongo

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi III Yogyakarta: CV. Andi Offset

UU Nomor 20 Tahun2008. Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

http://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/3292. Diakses tanggal 20 November 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.33772/bujab.v3i2.9438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Fitrah Rahmawati, jamal bake, Ninik Endang Purwati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Universitas Halu Oleo Universitas Halu Oleo Kendari

Mailing:
Laboratorium Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

Address: Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232, Indonesia.
Phone: 0811-3666-227
Contact E-Mail: erniqomariyah_fisip@uho.ac.id
Website: https://www.uho.ac.id/ 


Creative Commons License
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.