Pengaruh Branding Produk Kacang Mete Terhadap Citra Perusahaan (Studi Pada UD. Mete Mubaraq Lombe Kendari)

Asni Asni, Mustakim Mustakim, Liwaul Liwaul

Abstract


ABSTRACT

 

This study aims to examine how much the influence of cashew product branding on corporate image. The independent variable consists of the branding of cashew nuts (x) and the dependent variable is the corporate image of UD. Cashew Mubaraq Lombe Kendari. The number of research samples was 94 respondents taken using accidental sampling technique. The analysis used is Simple Linear Regression Analysis, the results of the cashew nut product branding has a positive influence on the company's image at UD. Cashew Mubaraq lombe kendari by 35.6% the effect of cashew product branding on the company image that occurred at UD. Cashew Mubaraq Lombe Kendari.

This research was conducted by distributing questionnaires to several consumers of UD. Cashew Mubaraq Lombe Kendari by accidental sampling and analysis with simple linear regression. This model emphasizes the effect of cashew product branding on the company's image which results of the analysis are processed using SPSS Version 16

The results showed that there was a hypothesis that was tested in this study, namely the branding of cashew nuts. Where the hypothesis is positive and significant effect on the company's image at UD. Cashew Mubaraq Lombe Kendari. The results showed that this research model was acceptable.

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan menguji seberapa besar Pengaruh Branding Produk Kacang Mete Terhadap Citra Perusahaan. Variabel Independen terdiri dari Branding produk kacang mete(x) dan Variabel dependen adalah citra perusahaan Pada UD. Mete Mubaraq Lombe Kendari. Jumlah sampel penelitian adalah 94 Responden yang diambil dengan menggunakan Teknik Accidental sampling. Analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Sederhana,  hasilnya branding produk kacang mete mempunyai pengaruh positif terhadap citra perusahaan pada UD. Mete Mubaraq lombe kendari sebesar 35,6% pengaruh branding  produk kacang mete terhadap citra perusahaan yang terjadi di UD. Mete Mubaraq Lombe  Kendari.

Penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuisioner terhadap beberapa konsumen UD. Mete Mubaraq Lombe Kendari secara Accidental sampling  dan analisis dengan Regresi Linear Sederhana. Model ini menekankan pada pengaruh branding produk kacang mete terhadap citra perusahaan yang hasil analisisnya di olah dengan menggunakan SPSS Versi 16

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hipotesis yang telah diuji dalam penelitian ini yaitu branding produk kacang mete. Di mana hipotesis tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra perusahaan pada UD. Mete Mubaraq Lombe Kendari. Hasil penelitian menunjukan bahwa model penelitian ini dapat diterima.


Keywords


Company Image; Influence of Branding

Full Text:

PDF

References


Abdulkadir Muhammad, 2002, Hukum Perusahaan Indonesia, Bandung: Citra Aditya Bakti.

Adona, fitri. 2006. Citra dan KekerasandalamIklan Perusahaan di Televisi. Padang: Andalas University Press.

Alma, Buchari. 2008. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, AlphabetBandung

Berman, Barry And Joel R. Evans. 1995. Retailing. 6th edtion, New Jersey : Prentice Hall

Dewi, Y. 2007. Operasi Caesar, Pengantar dari A sampai Z. Penerbit Mahkota, Jakarta

Effendy, Onong Uchjana. 2007. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Freddy Rangkuti, Teknik Mengukurdan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan, (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2006), hlm. 44.

Handoko, 2013, Manajemen; Edisi Kedua, Cetakan Ketigabelas, BPFE Yogyakarta.

Hasan, Ali. 2013. Marketing Dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: Caps

Jefkins, Frank. 2003. Public Relations, Penerbit Erlangga, Jakarta

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (1990). Jakarta: balai pustaka

Kanaidi, 2010, Pengaruh Customer Relationship, Citra Perusahaan, dan Customer Trust terhadap Loyalitas, Majalah Ilmiah, Vol. 6.

Kotler dan Amstrong.2001,prinsip-prinsip pemasaran, jilid 1, Edisi Kedelapan, ,Penerbit Erlangga, Jakarta.

Kotler and Keller. (2006).Marketing Manajement 12e Landa, Robin. (2006). Designing Brand Experiences. Thomson Delmar Learning

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2008. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Penerbit Erlangga. Jakarta.

Neumeier, Marty. (2003). The Brand Gap. Edisi kedua. New Riders Publisher

Prawitra Teddy Sutisna, PerilakuKonsumendanKomunikasiPemasaran, (Bandung: RemajaRosdakarya, 2006), hlm. 332.

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus

Integrated Marketing Communication. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rheinald Kasali (2003), Marketing Public Relations, Jakarta, PT Temprint

Soemirat, Soleh & Ardianto, Elvinaro.2007, Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Rosdakarya.

Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga. Andi, Yogyakarta

Umar, Husein. 2002. Saluran Distribusi Edisi Keenam. Jakarta: Intermedia.

Adhi Rah Kusuma. 2009. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kompetensi Tenaga Penjual, dan Citra Perusahaan Terhadap Minat Beli Ulang., Semarang:Tesis Magister Manajemen Universitas Diponegoro

Akpoyomare et al.2012. The Influence Of Product Attributes On Consumer Purchase Decision In The Nigerian Food And Berevages Industry : A Study Of Lagos Metropolis. American journal of business and management.Vol I, no. 4, 2012, 196-201.

Arumsari, 2012. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Palembang: Politeknik Negeri Sriwijaya.

Nurmiyati. 2009. Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Promosi Penjualan Terhadap Citra Perusahaan (Studi pada CV. Aneka Ilmu Cabang Cirebon). Program Studi Magister Manajemen Universitas Diponegoro Semarang

Zaynuri. 2008. “Pengaruh Kepuasan Pelanggan. Citra Perusahaan. dan Komitmen Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Bisnis Jasa Warung Internet (Studi Kasus Pada Warnet Di Surakarta)”. Tesis: Program Studi Magister Manajemen Universitas Sebelas Maret Surakarta (Tidak dipublikasikan)




DOI: http://dx.doi.org/10.33772/bujab.v3i2.9436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Asni Asni, Mustakim Mustakim, Liwaul Liwaul

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Universitas Halu Oleo Universitas Halu Oleo Kendari

Mailing:
Laboratorium Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

Address: Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232, Indonesia.
Phone: 0811-3666-227
Contact E-Mail: erniqomariyah_fisip@uho.ac.id
Website: https://www.uho.ac.id/ 


Creative Commons License
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.