PENERAPAN MODEL BISNIS KANVAS SEBAGAI ALTERNATIF STRATEGI USAHA DI BIDANG KULINER (Studi Kasus Rumah Makan Barokah Kampus Baru)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, menganalisa dan mengembangkan model bisnis pada RM Barokah dengan menggunakan evaluasi Model Bisnis Kanvas. Setelah mengidentifikasi Model Bisnis Kanvas, maka akan dilakukan analisis pada setiap elemen yang terdiri dari customer segments, value propositions, channels, customer relationship, revenue streams, key resources, key activities, key partnership, dan cost structur. Metode penelitian yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam (semi terstruktur). Hasil analisa Model Bisnis Kanvas, terdapat beberapa elemen dalam model bisnis yang dapat dikembangkan lebih lagi. RM Barokah sudah memiliki nilai proposisi yang jelas, yaitu dengan memberikan makanan dengan kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau. Namun dalam persaingan yang semakin ketat sebagai restoran perlu mencari cara lain untuk mengembangkan nilai proposisinya dan untuk dapat terus bertahan. Layanan setelah penjualan dapat diberikan kepada pelanggan. Demikian perlu pembenahan beberapa sistem pembelian dalam perusahaan sehingga dapat lebih fokus dalam pengembangkan restoran kedepan. RM Barokah dapat menangkap peluang pasar diluar seperti membuat katering rumahan dan menerima pesanan yang akan dibahas penulis dalam skripsi berikut.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.52423/bujab.v4i1.8237
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Nasrullah Nasrullah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Universitas Halu Oleo Kendari |