ANALISIS PEMANFAATAN HOME INDUSTRI PRODUK IKAN ASAP DALAM MENINGKATKAN PEMBERDAYAAN EKONOMI KREATIF DI DESA MALALANDA, KECAMATAN KULISUSU KABUPATEN BUTON UTARA

Retno Firman Wijaya

Abstract


Retno Firman Wijaya C1A3 15 202 Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo. Analisis Pemanfaatan Home Industri Produk Ikan Asap Dalam Meningktakan Pemberdayaan Ekonomi Keratif Di Desa Malalanda , Kecamatan Kulisusu Kabupaten Buton Utara yang dibimbing oleh Bapak Sahrun sebagai pembimbing I dan Bapak Liwaul sebagai pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana upaya pemanfaatan home industry ikan asap dalam meningkatkan pemberdayaan ekonomi kreatif  di  Desa Malalanda Kecamatan Kulisusu Kabupaten Buton Utara dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pemanfaatan home industry ikan asap dalam meningkatkan pemberdayaan ekonomi kreatif di Desa Malalanda Kecamatan Kulisusu Kabupaten Buton Utara. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan dan penelitian lapangan dengan metode  Wawancara, observasi  dan Studi dokumen.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemanfaatan home industry produk ikan asap dalam meningktakan pemberdayaan ekonomi keratif di Desa Malalanda Kecamatan Kulisusu Kabupaten Buton Utara belum sepenuhnya optimal hal ini dapat dilihat dari pembinaan manusia, pembinaan usaha dan pembinaan lingkungan. Sedangkan Faktor pendukung upaya pemanfaatan home industry ikan asap dalam peningkatan pemberdayaan ekonomi kreatif adalah : tersedianya bahan baku, Tersediannya tenaga kerja, dan Letak geografis yang strategis dan menguntungkan. Sedangkan factor penghambatnya adalah Terbatasnya tenaga kerja yang terampil dan tenaga ahli, Pemasaran hasil industry yang kurang lancar, Infrasturktur yang kurang memadai dan kualitas barang yang dihasilkan masih rendah. Dimana pada penelitian yang dilakukan penulis di Desa Malalanda pada bulan Januari 2019 dengan mengamati para penjual ikan asap dengan jumlah Sembilan orang.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33772/bujab.v4i1.8234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Retno Firman Wijaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Universitas Halu Oleo Universitas Halu Oleo Kendari

Mailing:
Laboratorium Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

Address: Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232, Indonesia.
Phone: 0811-3666-227
Contact E-Mail: erniqomariyah_fisip@uho.ac.id
Website: https://www.uho.ac.id/ 


Creative Commons License
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.