ANALISIS PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM RANGKA PEMBERIAN KREDIT MULTIGUNA TERHADAP PEGAWAI NEGERI SIPIL (Studi Pada PT. Bank Sultra Cabang Utama Kendari)

Nur Hani

Abstract


Nur Hani C1A3 15 082 Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo. Analisis Pengambilan Keputusan Dalam Rangka Pemberian Kredit Multiguna Terhadap Pegawai Negeri Sipil (Studi pada PT. Bank Sultra Cabang Utama Kendari) yang dibimbing oleh Bapak Drs. H. Akhyar Abdullah M.Si sebagai pembimbing I dan Ibu Dra. Hj. Nurjannah, M.A sebagai Pembimbing II.

Dalam rangka pemberian kredit Bank Sultra mempunyai prosedur pemberian kredit berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku baik peraturan pemerintah maupun peraturan yang ada dalam Bank Sultra sendiri serta syarat-syarat kredit yang ada baik syarat umum maupun syarat khusus.

Hasil Analis 5 C (Character, Capaticy, Capital, Collateral dan Conditions) diketahui bahwa : (a) Untuk menganalisis Character Penilaian Bank Sultra pada analisis karakter nasabah kredit multiguna terhadap PNS yakni Karakter itu dilihat dari persyaratan umumnya. (b) Untuk menganalisis Capaticy, yakni dilihat dari kemampuannya ada yang 80% dan ada yang 50% dari gaji tergantung besarnya jumlah jagi dari pegawai yang bersangkutan. (c) Untuk menganalisis Capital, yaitu Modal di pakai jika debitur PNS tersebut membuat suatu usaha. (d) Untuk menganalisis Collateral, yakni Jaminannya berupa SK 80 dan ada yang sifatnya agunan tambahan untuk jumlah kredit yang lebih besar. (e) Untuk menganalisis Conditions, yaitu berupa kondisi ekonomi yang berpengaruh terhadap penyaluran kedit multiguna terhadap PNS seperti Kebijakan pemerintah tentang kredit bisa menjadi pertimbangan dalam pemberian kredit multiguna.

Pengambilan keputusan dalam rangka pemberian kredit Multiguna terhadap Pegawai Negeri Sipil mempunyai pola pengambilan keputusan tertentu dengan melibatkan beberapa pejabat yang berwenang atas fasilitas kredit tersebut, sedangkan dalam memperlancar proses pengambilan kredit, Bank Sultra menjalin kerjasama dengan beberapa lembaga atau instansi dari pegawai penerima kredit dari lembaga keuangan lainnya seperti perusahaan asuransi perkreditan yang ada.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33772/bujab.v4i1.8232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Nur Hani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Universitas Halu Oleo Universitas Halu Oleo Kendari

Mailing:
Laboratorium Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

Address: Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232, Indonesia.
Phone: 0811-3666-227
Contact E-Mail: erniqomariyah_fisip@uho.ac.id
Website: https://www.uho.ac.id/ 


Creative Commons License
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.