ANALISIS KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PROSES PEMBELIAN BERBAGAI JENIS MEREK LIPSTIK (Studi Pada Wanita Pemakai Lipstik di Kecamatan Kambu Kota Kendari)

Irawati Irawati

Abstract


Irawati (C1A315042). Analisis Keputusan Konsumen Dalam Proses Pembelian Berbagai Jenis Merek Lipstik (Studi Pada Wanita Pemakai Lipstik Di Kecamatan Kambu Kota Kendari). Pembimbing I  H. Makmur Kambolong Dan Pembimbing II Sahrun.

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui dan menganalisis keputusan konsumen dalam proses pembelian berbagai jenis merek lipstik di Kecamatan Kambu Kota Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah wanita pemakai berbagai merek lipstik dengan kriteria : telah melakukan pembelian berulang, dan berdomisili di Kecamatan Kambu yang jumlahnya tidak diketahui berapa banyak.       Untuk mendapatkan estimasi dan interpretasi yang baik dari penelitian ini, maka sampel yang diteliti ditetapkan sebanyak 50 orang responden. Penentuan sejumlah sampel tersebut didasarkan atas stratifikasi area sampel sehingga dapat mewakili obyak yang diteliti, yaitu  pemakai lisptik dikalangan mahasiswi, karyawati, dan ibu rumah tangga. Sampel tersebut ditetapkan  dengan teknik accidental sampling. Accidental sampling, yaitu peneliti memilih siapa saja anggota populasi yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti yang dianggap dapat memberikan informasi yang diperlukan Penelitian ini menggunakan teknis analisis kualitatif.

 

Hasil penelitian menunjukan bahwa keputusan konsumen dalam menentukan pembelian produk di dasarkan atas beberapa tahapaan, yaitu : 1). Pra Pembelian, yaitu konsumen mendapatkan informasi tentang produk lipstik yang ingin dibelinya melalui berbagai media dan tempat, dimana informasi yang lebih efektif adalah melalui teman atau kerabat terdekat. 2).Pembelian berbagai merek produk lipstik ada pada beberapa tempat pembelian, namun yang paling banyak atau umum diebeli oleh konsumen adalah pada toko kosmetik atau sebesar 82 persen. 3). Harga dari berbagai merek produk lipstik adalah sangat bervariasi, dimana konsumen lebih banyak atau umumnya melakukan pembelian produk dengan harga  Rp. 50.000,- sampai dengan Rp. 100.000,- dengan alasan bahwa harga tersebut dapat terjangkau. 4).   Konsumen dalam menentukan pembelian produk lipstik lebih banyak menggunakan merek produck Wardah yang menjadi pilihan dominan konsumen, yaitu sebesar 52% (26 responden), dibandingkan dengan merek produck lainnya seperti: Dolby, Latulip, Purbasari, Make Over, Maybeline, dan Pixy, dengan berbagai alasan dan yang utama karena jenis produk tersebut berkualitas tahan dipakai dan mempunyai varian warna. 5). Konsumen lebih banyak menggunakan tipe produk Matte Cream sebesar, yaitu sebesar 48% (24 responden), dimana konsumen merasa puas dengan penggunaan tipe tersebut. 6).Pasca pembelian, yaitu konsumen menyatakan untuk melakukan pembelian ulang dari merek produk yang telah dipakainya dan akan merekomendasikan merek produk yang mereka pakai kepada teman dan atau krabat untuk menggunakan merek produk lipstik yang dipakai.  


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33772/bujab.v4i1.8228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Irawati Irawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Universitas Halu Oleo Universitas Halu Oleo Kendari

Mailing:
Laboratorium Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

Address: Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232, Indonesia.
Phone: 0811-3666-227
Contact E-Mail: erniqomariyah_fisip@uho.ac.id
Website: https://www.uho.ac.id/ 


Creative Commons License
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.