ANALISIS MODEL PENGEMBANGAN PRODUK BLANGKON PADA KUBE BLANGKON MAJU UTOMO DI KOTA SURAKARTA

Dinalestari Purbawati

Abstract


Memperkenalkan produk baru maupun produk yang telah diperbaharui merupakan suatu cara perusahaan untuk dapat survive dalam sebuah pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan dan melukiskan keadaan subjek atau objek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya, yang diperoleh dari informan kunci serta orang-orang yang terlibat didalamnya serta perilaku yag diamati. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan memahami berbagai fenomena dalam tahapan pengembangan produk, mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi setiap tahapan pengembangan produk, serta guna mengetahui tahapan yang telah dilakukan dalam melakukan pengembangan produk. Hasil penelitian menunjukkan Blangkon merupakan produk yang dalam pengembangannya tidak dapat dilakukan secara bebas. Ada beberapa unsur yang perlu diperhatikan seperti nilai budaya dan makna yang terkandung di dalamnya. KUBE Maju Utomo telah memiliki beberapa pengembangan produk diantaranya yaitu dengan memproduksi blangkon yang berasal dari luar kota Surakarta, Blangkon Kreasi, serta adanya pengembangan di luar lini produk seperti produk jarik. Sebagian besar ide awal pengembangan produk didasarkan pada faktor geografis. Saran yang dapat dilakukan untuk operasional ke depan adalah dengan melibatkan peran konsumen dalam melakukan pengembangan produk baru serta optimalisasi dalam penggunaan media internet dalam melakukan pemasaran produk.


Keywords


Pengembangan produk, blangkon, kampung blangkon, UMKM, Surakarta

Full Text:

PDF

References


Buchari Alma. (2007). Manajamen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Djaslim Saladin. (2007). Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda Karya.

Gandhamihardja, M. (1995). Pengambangan Produk. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.

Husein, U. (2000). Riset Pemasaran Dan Penilaian Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Juran, J. M. (1995). Merancang Mutu. Jakarta: PT. Pustaka Binaman Pressindo.

Kotler, P. & K. (2008). Manajemen Pemasaran Edisi Ketigabelas. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. dan K. (2007). Manajemen Pemasaran (Edisi ke 1). Jakarta: PT. Indeks.

Mahmud, M. (2005). Pengantar Pemasaran Modern (edisi pert). Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Nasution, A. H. (2003). Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Yogyakarta: Graha IlmuCetakan Pertama.

PB, T. (2008). Marketing strategic : meningkatkan pangsa pasar dan daya saing (S. H. Elfri Annisa Ivaramulya, ed.). Tugu Publisher.

Setyorini, H., Effendi, M., & Santoso, I. (2016). Marketing Strategy Analysis Using SWOT Matrix and QSPM (Case Study: WS Restaurant Soekarno Hatta Malang). Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 5(1), 46–53. https://doi.org/10.21776/ub.industria.2016.005.01.6

Simamora, H. (2000). Manajemen Pemasaran Internasional. Jakarta: Salemba Empat.

Stephen, M. (1998). Successful Product Management (2nd ed.). Kogan Page.

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sutisna dan Pawitra dan Pawitra. (2001). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Ulrich, T.K dan Steven, D. . (1995). Product Design and Development. Singapore: McGraww Hill.

Widodo, I. D. (2005). Perencanaan Dan Pengembangan Produk. Yogyakarta: UII Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.52423/bujab.v7i2.28116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dinalestari Purbawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Universitas Halu Oleo Universitas Halu Oleo Kendari

Mailing:
Laboratorium Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

Address: Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232, Indonesia.
Phone: 0811-3666-227
Contact E-Mail: bisnisuho@uho.ac.id
Website: https://www.uho.ac.id/ 


Creative Commons License
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.