ANALISIS INOVASI BISNIS DAN ORIENTASI PESAING UNTUK MENINGKATKAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN PADA UMKM MAKANAN SNACK DI KOTA SUKABUMI

Utari Adetianingsih, R. Deni Muhammad Danial, Faizal Mulia Z

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besarnya pengaruh pada inovasi bisnis terhadap orientasi kewirausahaan dan untuk mengetahui pengaruh orientasi pesaing terhadap orientasi kewirausahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan asosiatif dengan pendekatan kuantitatif dan metode teknik sampel jenuh. Teknik analisis data mulai dari uji validitas, uji reliabilitas dan normalitas, selain itu didukung pula oleh uji f, koefisien korelasi ganda, koefisien determinasi, regresi linear berganda serta uji t untuk mengetahui sejauh mana pengaruh dari kedua variabel independent terhadap variabel dependent. Dan teknik analisis data menggunakan bantuan software IBM SPSS statistic version 24.

   

Keywords


Inovasi bisnis, orientasi pesaing, orientasi kewirausahaan

Full Text:

PDF

References


Alshanty, A. M. (2019). Market-sensing capability, knowledge creation and innovation: The moderating role of entrepreneurial-orientation. Journal of Innovation and Knowledge, 171-178.

Anjarwati, T. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Inovasi Terhadap Orientasi Kewirausahaan dan Kinerja Koperasi di Kota Surabaya. Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan, 8(1). doi:10.3109/9781439822463.209

Damanto, & Purwaningsih, E. (2020). Orientasi Pelanggan, Pesaing, Inovasi, Perubahan, Keunggulan Bersaing, Kewirausahaan, Sebagai Penentu Kinerja: Reward Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal.Stiepignatelli.Ac.Id, 32(01), 1–20.

Dewi, S. N. (2017). Peran Promotional Mix Sebagai Variabel Moderasi Orientasi Pelanggan Dan Orientasi Pesaing Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Empiris pada UKM Rumah Makan di Kabupaten Sragen). Ekuilibrium : Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 12(2), 140. doi:10.24269/ekuilibrium.v12i2.676

Genc, E. (2019). The impact of SME internationalization on innovation: The mediating role of market and entrepreneurial orientation. Industrial Marketing Management, 253-264.

Handayani, S. (2016). Analisis keuntungan dan sensitivitas UMKM makanan ringan berbahan baku singkong di Kecamatan Gedong Tataan. Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Teknologi Pertanian(September), 359-373.

Hendrawan, A. (2019). Dimensi Kreativitas dan Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ). Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi), 2(1), 25-36. doi:https://doi.org/10.33488/1.jh.2019.2.194

Mantok, S. (2019). Entrepreneurial orientation and the mediating role of organisational learning amongst Indian S-SMEs. Journal of Small Business and Enterprise Development, 26(5), 641-660. doi:10.1108/JSBED-07-2018-0215

Medhika, N. G. (2018). Peran orientasi pesaing Dalam Memediasi Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Dengan Kinerja UKM. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 183-195.

Mulyani, I. T. (2015). Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan dengan Inovasi sebagai Variabel Intervening ( Studi Empiris pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kota Semarang ). Journal of Management, 4(3), 1-12. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Mustari. (2021). pengaruh orientasi pesaing dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja UMKM di Kota Makassar. Proceeding Teknologi Pendidikan Seminar Daring Nasional 2021: Digital Generation For Digital Nation.

Ribau, C. P. (2017). SMEs innovation capabilities and export performance: an entrepreneurial orientation view. Journal of Business Economics and Management, 920-934.

Suhaeni, T. (2018). Pengaruh Strategi Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing di Industri Kreatif (Studi kasus UMKM bidang kerajinan tangan di Kota Bandung). Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, 4(1), 57-74. doi:10.35313/jrbi.v4i1.992


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Utari Adetianingsih, R. Deni Muhammad Danial, Faizal Mulia Z

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Universitas Halu Oleo Universitas Halu Oleo Kendari

Mailing:
Laboratorium Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

Address: Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232, Indonesia.
Phone: 0811-3666-227
Contact E-Mail: bisnisuho@uho.ac.id
Website: https://www.uho.ac.id/ 


Creative Commons License
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.