ANALISIS STRATEGI PENETAPAN HARGA PAKET MENU MAKAN PRASMANAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA RUMAH MAKAN ANGKASA NIKMAT KENDARI

Sahrun Sahrun, Putri Mega Almasih Husain, Ninik Endang Purwati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis strategi penetapan harga paket menu makan prasmanan dalam meningkatkan volume penjualan pada rumah makan Angkasa Nikmat Kendari. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berhubungan dengan ide, persepsi, pendapat, kepercayaan orang yang akan di teliti. Dalam penelitian kualitatif tidak dikenal adanya populasi sehingga menggunakan informan, informan dalam penilitian ini sebanyak satu orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan strategi penetapan harga dalam hal ini strategi variabel price, rumah makan Angkasa Nikmat cukup mampu untuk mencapai volume penjualan, yang dimana selama menerapkan strategi ini mudah mendapatkan konsumen serta dapat memaksimalkan laba yang ada. Walaupun di tahun 2020 menurunnya penjualan dari tahun sebelumnya disebabkan oleh masa pandemi saat itu, dan dengan menggunakan strategi variabel price ini ada saja pelanggan yang merasa kurang puas tetapi rumah makan Angkasa Nikmat berusaha menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan sehingga dengan banyaknya pelanggan dapat meningkatkan volume penjualan.

Full Text:

PDF

References


Kotler, P., Keller, K. L. (2012). Marketing Management. 14th Edition. England: Pearson Education Limited.

Machfoedz mahmud (2005). Pengantar Pemasaran modern edisi pertama cetakan pertama. Penerbit : UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

Moleong, Lexy J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Oentoro, Deliyanti. 2010. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Laksbang Pressindo.

Sunyoto, Danang. 2013. Metode Penelitain Bisnis. Cetakan Keenambelas. Alfabeta, Bandung

Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Sadono, Sukirno. 2010. Makroekonomi. Teori Pengantar. Edisi Ketiga. PT. Raja Grasindo Perseda. Jakarta

Bernadine R. Wirjana, M.S.W dan Prof. Dr. Susilo Supardo, 2005, Kepemimpinan, Dasar-Dasar dan Pengembangannya.Yogyakarta: CV. Andi offset

Nawawi, 2011, Manajemen Sumber Daya Manusia: Untuk Bisnis Yang Kompetitif, Gajahmada University Press, Yogyakarta

Kardigantara, S dan L.M, Cartwright. (2006). Manajemen Jasa Boga (MJB). Bandung

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta, Andi.

Basu Swasta, Dharmesta dan Irawan, (2008) Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.

Rahman, Arif. (2010), Strategi Dahsyat Marketing Mix for Small Business : Cara Jitu Merontokan Pesaing, Jakarta Selatan : Transmedia Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.52423/bujab.v6i1.19520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sahrun Sahrun, Putri Mega Almasih Husain, Ninik Endang Purwati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Universitas Halu Oleo Universitas Halu Oleo Kendari

Mailing:
Laboratorium Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

Address: Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232, Indonesia.
Phone: 0811-3666-227
Contact E-Mail: bisnisuho@uho.ac.id
Website: https://www.uho.ac.id/ 


Creative Commons License
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.