ANALISIS KUALITAS PRODUK DAN KEPUASAN KONSUMEN PADA PRODUK KAIN TENUN MUNA DI DESA MASALILI KECAMATAN KONTUNAGA KABUPATEN MUNA

Sartika Saimu, Arifin Utha, Jopang Jopang

Abstract


Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu: untuk mengetahui kualitas produk kai  tenun Muna di Desa Masalili Kecamatan Kontunaga Kabupaten Muna, dan untuk mengetahui kepuasan konsumen konsumen pada kain tenun Muna di Desa Masalili Kecamatan Kontunaga Kabupaten Muna. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang pemilik usaha kain tenun Muna, 2 orang penenun kain tenun Muna, dan 8 orang konsumen kain tenun Muna yang ada di Desa Masalili Kecamatan Kontunaga Kabupaten Muna. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa analisis kualitas produk dan kepuasan konsumen pada kain tenun Muna di Desa Masalili menunjukan bahwa berdasarkan indikator-indikator kualitas produk sebagai berikut: Pervormance (kinerja), produk kain tenun muna telah menunjukan kinerja yang baik dari setiap produk yang dihasilkan oleh penenun di Desa Masalili sehingga konsumen merasa terpuaskan disamping kualitas yang bagus, kain tenun Muna juga memiliki motif-motif yang unik yang sesuai selera konsumen. Reliability (keandalan), produk kain tenun Muna di Desa Masalili ditinjau dari dimensi keandalan itu baik dikarenakan setiap pembuatan kain tenun Muna disesuaikan dengan kebutuhan konsumen, baik itu kebutuhan sehari-hari maupun kebutuhan diwaktu-waktu tertentu seperti acara adat. Conformance (kesesuaian), produk yang dihasilkan oleh penenun di Desa Masalili telah memenuhi standar dengan kesesuaian hasil yang diinginkan oleh konsumen, karena tiap produk yang dihasilkan tidak lepas dengan kebutuhan-kebutuhan masyarakat Muna. Durability (keawetan), produk kain tenun Muna di Desa Masalili mempunyai daya tahan yang kuat dan tidak mudah rusak sehingga lama menggunakannya sampai bertahun-tahun. Berdasarkan empat indikator performance (kinerja), reliability (keandalan), conformance (kesesuaian), durability (keawetan), tersebut sudah terpenuhi dengan bai, maka indikator kepuasan sebagai berikut: konfirmasi harapan, minat pembelian ulang, kesediaan untuk merekomendasikan maka akan terpenuhi dengan sendirinya.


Keywords


Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. 2012. Manajemen Pemasaran Cetakan Pertama. Jakarta: PT. Raja Garafindon Persada.

Anwar Prabu Mangunegara, 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: Penerbit Refika Aditama.

D.A.Garvin 1994. Kualitas Produk: Alat Strategi Yang Penting, Free Prees.

Gasprez, Vincent. 2005. Total Quality Management. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hidayah Ningtyas, et.al. 2013. Pengaruh Citra, Kualitas Layanan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pasien di Poliklinik Eksekutif Rumah Sakit Daerah Dr. Soebandi Kabupaten Jember. Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi: Universitas Jember.

Kasmir. (2012). Kewirausahaan. Jakarta: Rajawali Pers.

Kotler Philip, dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ketigabelas, Terjemahan Bob Sabra. Jakarta: Erlangga.

Kotler Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid II. Edisi kesebelas. Alih Bahasa Benyami Molan. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P Dan Gary A. 2011. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi kesembilan. Jilid I. Jakarta: Penerbit PT. Indeks Kel. Gramedia.

Nasution, M.N. 2001. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management) Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sangadji, E.M dan Sophia. 2013. Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Supranto, J.2013 Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Alpha Beta: Bandung.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta R&B. alfabeta, CV: Bandung.

Tjiptono , F. Dan Chandra, G. 2013. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: ANDI.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi 3, ANDI: Yogyakarta.

Jurnal

Asding (2019) malakukan penelitian dengan judul Analisis Kualitas Pelayanan dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen Pada Outlet Yamaha PT.Hasrat Abadi Kabupaten Konawe Utara.

Asmawati (2019) dengan judul penelitiannya Analisis Kualitas Produk, Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Pada Toko Meubel Jati Raya Wua-Wua Kendari.

Herry Novrianda (2018) dengan judul penelitian Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sartika Saimu, Arifin Utha, Jopang Jopang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Universitas Halu Oleo Universitas Halu Oleo Kendari

Mailing:
Laboratorium Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

Address: Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232, Indonesia.
Phone: 0811-3666-227
Contact E-Mail: bisnisuho@uho.ac.id
Website: https://www.uho.ac.id/ 


Creative Commons License
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.