ANALISIS PENGEMBANGAN KARYAWAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KERJA KARYAWAN PADA PERSEROAN TERBATAS SULTRA PRIMA LESTARI (PT.SPL) KANTOR UTAMA KABUPATEN KONAWE UTARA

Ichal Kusuma, Makmur Kambolong, Sahrun Sahrun

Abstract


This study aims to find out and analyze how the development of employees in improving the quality of work at PT. SPL (Sultra Prima Lestari) the main office of North Konawe Regency. The informants in this study are employees who work at the Main Office of PT. SPL Konawe Utara Regency with 18 employees. This type of research used in this research is descriptive research type, using a qualitative approach. Data collection uses: observation, interviews, and documentation.

The results showed that: employee development in the Southeast Sulawesi Limited Liability Company (PT. SPL) North Konawe Regency main office which was analyzed based on dimension 1) formal development namely education and 2) Informal development consisting of the dimensions of training themselves, developing themselves, and improve work ability very well so that it can improve work quality based on dimensions 1) knowledge, 2) skills, and abilities.

 

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengembangan karyawan dalam meningkatkan kualitas kerja pada PT. SPL (Sultra Prima Lestari)  kantor utama kabupaten konawe utara. Adapun Informan dalam penelitian ini adalah karyawan yang bekerja pada Kantor Utama PT. SPL Kabupaten Konawe Utara yang berjumlah 18 karyawan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penuliisan ini adalah jenis penelitian deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pengembangan karyawan pada Perseroan Terbatas Sultra Prima Lestari (PT. SPL) kantor utama Kabupaten Konawe Utara yang dianalsis berdasarkan dimensi 1) pengembangan secara formal yaitu pendidikan dan 2) pengembangan secara Informal yang terdiri dari dimensi melatih diri, mengembangkan diri, dan meningkatkan kemampuan kerja sangat baik sehingga dapat meningkatkan kualitas kerja berdasarkan dimensi 1) pengetahuan (knowledge), 2) keterampilan (skill), dan kemampuan (abilities).

 

Kata kunci : Pengembangan Karyawan, Kualitas Kerja 


Keywords


Employee Development, Work Quality

Full Text:

PDF

References


Achmad S. Ruky. (2003). Sumber Daya Manusia Berkualitas Mengubah Visi Menjadi Realitas. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Arikunto, (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta

Armstrong, G. & Kotler. P. 1997. Prinsip – prinsip Pemasaran. Cetakan Pertama. Jakarta: Erlangga.

Dessler, Gary. (1992). Manajemen SDM. Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta: Prenhallindo

Djam’an Satori dan Aan Komariah (2014). Metodologi Penelitian Kalitatif. Edisi Ke-4, Bandung: Alfabeta

Edwin B. Flippo. (1995). Manajemen Personalia. Edisi ke-6. Jakarta: PT Erlangga

Hasibuan, Malayu S. P. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta Bumi Aksara

______________ (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara

______________ (2007). Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara

______________ (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Ke-10. Jakarta: Bumi Aksara

______________ (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi Cetakan Ke-13. Jakarta Bumi Aksara

Handoko, T. Hani. (2008). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Edisi ke-2. Yogyakarta: BPFE.

Hardjana, A. M. (2001). Training SDM yang Efektif. Yogyakarta: Kanisius

Henry Simamora. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Ke-3. STIE YKPN: Yogyakarta

Liga, Suryadana M. (2015). Pengelolaan SDM berbasis kinerja. Bandung Alfabeta

Maslach, C., dan Leiter, M. P. (1997). The Truth About Burnout: How Organisations Cause Personal Stress and What To Do About It. San Francisco, CA: Jossey-bass

Milkovich George. T., John W. Boudreau. (2007). Human Resource Management. USA: Richard D. Irwin

Mondy, R.W., R.M. Noe, dan S.R Premeaux. 1999. Human Resource Management. 7th edition. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Moleong, Lexy JJ. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset, Bandung

Muda, Deddy Iskandar. (2005). Jurnalistik Televisi, Menjadi Reporter Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Notoadmodjo, Soekidjo. (2003). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta

___________________ (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Riorini, Sri Vandayuli, (2004). Quality Performance dan Komitmen Organisasi. Jurnal Media Riset Bisnis dan Manajemen. Jakarta: PT Erlangga

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Supranto, J. (2010). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta

______________, (2014). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta

Wilson and Heyyel. (1987). Hand Book Of Modern Office Management and Administration Sevice. New Jersey: Mc Graw Hill Inc




DOI: http://dx.doi.org/10.33772/bujab.v5i1.12635

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ichal Kusuma, Makmur Kambolong, Sahrun Sahrun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Universitas Halu Oleo Universitas Halu Oleo Kendari

Mailing:
Laboratorium Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

Address: Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232, Indonesia.
Phone: 0811-3666-227
Contact E-Mail: erniqomariyah_fisip@uho.ac.id
Website: https://www.uho.ac.id/ 


Creative Commons License
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.