PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA SURYA SWALAYAN KENDARI

Altun Altun, Muhammad Basri, Akhyar Abdullah

Abstract


This research aims to. know the Effect of Product Quality, Price and Satisfaction on Consumer Loyalty in Surya Swalayan Kendari. The sample in this research is Surya Swalayan Self-service consumers totaling 30 people. By using multiple linear regression analysis methods

Based on the results of statistical calculations, shows that simultaneously product quality, price and satisfaction variables have a positive and significant effect on Customer Loyalty at Surya Swalayan, this means that any changes to product quality, price and satisfaction will have an impact on customer satisfaction, partially product quality positive and significant effect on Customer Loyalty, this means that every change in the product quality variable will have an influence on customer aging at Surya Swalayan, prices partially have a positive and significant effect on Customer Loyalty, this means that any change in price will have an effect on Customer Loyalty at Surya Swalayan and service quality partially has a significant effect on the variable Customer Loyalty at Surya Swalayan. with the sense that every increase in satisfaction made by Surya Swalayan will increase Customer Loyalty.


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Surya swalayan Kendari. sampel pada penelitian ini adalah konsumen Surya swalayan berjumlah 30 orang. Dengan menggunakan alat metode analisis regresi linear berganda. Berdasarkan  hasil  perhitungan  statistik,  menunjukkan bahwa  secara simultan variabel kualitas produk, harga dan kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelangganpada Surya swalayan, hal ini berarti setiap perubahan terhadap kualitas produk, harga dan kepuasan akan berdampak pada kepuaan pelanggan, secara parsial kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan, hal ini berarti setiap perubahan pada variable kualitas produk maka akan memberikan pengaruh terhadap kepuaan pelanggan pada Surya swalayan, harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan, hal ini berarti setiap perubahan pada harga maka akan memebrikan pengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan pada Surya swalayan dan kualitas pelayanan secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variable Loyalitas Pelanggan pada Surya swalayan. dengan artian bahwa setiap peningkatan kepuasan yang dilakukan oleh Surya swalayan maka akan meningkatkan Loyalitas Pelanggan.

 

Kata kunci:  Kualitas Produk, Harga  Kepuasan, Loyalitas Konsumen



Keywords


Product Quality, Satisfaction Prices, Consumer Loyalty

Full Text:

PDF

References


Aaker David, 1991, Managing Brand Equity; Capitalizing on the Value of Brand Name, Free Press, New York.

Alma, 2007. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga

Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Atmojo Yunianto Tri, 2007. Pelayanan Public dan Konsep Tentang Kepuasan pelanggan, di download dari : http/triatmojo.wordpress.com

Basu Swastha DH, MBA. 1999. Azas-Azas Marketing. Edisi Ketiga, Penerbit Liberty, Yogyakarta.

Buchari Alma, 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga

Bob Sabran. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga

Djaslim, Saladin. 2012. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan,. Pelaksanaan dan Pengendalian. Edisi Ketiga. Bandung

Engel 2000, Consumer Behavior Edisi Ke VI, Orlanda USA: The Oridend Press.

Franky 2008. Dasar-Dasar Kewirausahaan : Teori & Praktik. PT Indeks. Jakarta.

Ghozali, Imam, 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Griffin. 1998. Management,”Managing Total Quality”, Houghton Miffin Company, USA

Jones, T.O., and Sasser, W.E. Jr., (1995), Why Satisfied Customers defect.,Harvard Business Review., Vol. 73. November-December.

Keller & Bob Sabran, 2009, Marketing Management, Edisi Erlangga, Jakarta.

Ken Hermanto Agung. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Komitmen dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen(Studi Kasus Pada Nasabah Tabungan SIMPEDA Bank JATENG) ,Universitas Diponegoro Semarang. Tesis.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor : 63/kep/M.Pan/7/2003 Tentang pedoman Umum Penyelengaraan Pelayanan Publik. Di download dari: http://www.nakertrans.go .id

Kotler, Philip. Penerjemah Fandy Tjiptono. 2000. Manajemen Pemasaran Perspektif Asia . Penerbit Andi: Yogyakarta

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsipPemasaran. Edisi. 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

.2000. Manajamen Pemasaran. Jilid 2. Jakarta. Bumi Aksara.

, Manajemen Pemasaran, Dasar Konsep dan Strategi, Rajawali,

Jakarta

Manajemen Pemasaran, Terjemahan Benyamin Molan, Edisi Bahasa Indonesia, Jilid 1 dan 2, PT. INDEKS Kelompok Gramedia.

(2007), Manajemen Pemasaran Edisi 12 jilid 1 Jakarta: , PT. INDEKS

Kuncoro, Mudrajad. 2003. Metode Riset Untuk Busnis dan Ekonomi : Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis. Penerbit Erlangga

Mangkunegara. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Remaja. Rosda Karya, Bandung

Misbahul Munir, 2010, “Pengaruh Kepercayaan dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Kartu simPATI (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Moenir, H.A.S. 2002, Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia, Bumi Aksara Jakarta.

Muhammad Rafi Ikhsan. 2011. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Loyalitas Pelanggan Indra Cellular Kudus,Universitas Diponegoro Semarang. Skripsi Tjiptono, Fandy 2001, manajemen Jasa, Andi, Yogyakarta.

Parasuraman A., et al.(1985), “ A Conceptual Model of Service Quality and its Implications for Future Research”,Journal of Marketing Vol. 49(Fall) , 41 – 50.

, A., V.A. Zeithaml & L.L. Berry. 1994. “SERVQUAL: Review, Critique Research Agenda”, Journal of Marketing, page 111-124.

Prasetijodan Ihalauw, 2005, Perilaku Konsumen, Edisi Ke-satu Yogyakarta.

Prawiramidjaya Rahman,2002. Beberapa Pokok Pelaksanaan Quality Control pada Suatu Perusahan, Tarsito, Bandung.

Rahman, 2010. Strategi Dahsyat Marketing Mix for Small Business. Jakarta: TransMedia Pustaka

Ratih. Hurriyati 2008. Manajemen Corporate dan Strategi. Pemasaran Jasa Pendidikan Fokus pada Mutu dan Layanan

Ratih. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: ALFABETHA

Sadi, 2009. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Tahu Bakso Ibu Pudji, Universitas Diponegoro Semarang.Tesis.

Sugiyono, 2004 .Metode Penelitian Busnis. Penerbit Alfabeta. Bandung

Sumarwan, U. 2003. Perilaku Konsumen, Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan Kombinasi: Mixed Methoods. CV. Alfabeta : Bandung.

Supranto, J. 1983.Ekonometrik (Buku Satu & Buku Dua). Lembaga Penerbit FakultasEkonomi UI., Jakarta.

Swastha.(2009). Manajemen Penjualan. Yogyakarta: BPFE.

Tjiptono Fandy, 2000. Manajemen Jasa, Penerbit Andi Yogyakarta

Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing.

Definisi Harga. Malang: Bayumedia Publishing

Umiati (2015)Faktor Yang Memberikan Pengaruh Loyalitas Pada Pelanggan Dalam Menggunakan Sepeda Motor Yamaha

Vanessa,2007, Customer Relationship Management and Marketing Public. Relation, Bandung

William, J.Stanton, 2003, azaz-azas marketing Prinsip, Erlangga, Jakarta.

Winardi. 1991. Marketing dan Perilaku Konsumen, Penerbit Mandar Maju, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.33772/bujab.v5i1.12632

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Altun Altun, Muhammad Basri, Akhyar Abdullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Universitas Halu Oleo Universitas Halu Oleo Kendari

Mailing:
Laboratorium Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

Address: Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232, Indonesia.
Phone: 0811-3666-227
Contact E-Mail: erniqomariyah_fisip@uho.ac.id
Website: https://www.uho.ac.id/ 


Creative Commons License
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.