ANALISIS MANAJEMEN OPERASI PADA PERUSAHAAN DAERAH PASAR KOTA KENDARI

Fandi Purnayan Wulele, Jamal Bake, Makmur kambolong

Abstract


This study aims to determine the Operations Management of the Kendari City Regional Market Company which includes Planning, Operation, Direction and Control. The informants of this study were 5 people working in the Operational Division, which meant Operational Managers and Administrative and Financial Managers, collecting data using: primary and secondary data consisting of interviews, observations, and documentation. Data analysis uses descriptive data analysis or general description of the company.

The results of this study illustrate that, operational management which includes planning, organizing, implementing, and controlling in Kendari City PD Market has not been carried out to the fullest because several market units have not been fully operational. Based on observations and interviews with operational managers, revealed that the results of good planning improve the quality of service both to the community and traders. As for the obstacles there are employees who do not perform their functions properly because some designs are still in the testing phase.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Operasi pada Perusahaan Perusahaan Daerah Pasar Kota Kendari yang meliputi Perencanaan, Pengoprasian, Pengarahan Dan Pengendalian. Informan penelitian ini berjumlah 5 orang yang bekerja di Divisi Operasional yang termaksud di dalamnya Manajer Oprasional dan Manajer Administrsi dan Keuangan, pengumpulan data menggunakan : data primer dan data sekunder yang terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data mengunakan analisis data deskriftif atau penggambaran secara umum perusahaan.

Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa, manajemen operasional yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian di PD Pasar Kota Kendari belum terlaksana dengan maksimal dikarenakan beberapa unit pasar belum beroperasi sepenuhnya. Berdasarkan hasil pengamatan dan hasil wawancara dengan manajer operasional, mengungkapkan  bahwa hasil dari perencanaan yang baik meningkatkan kualitas pelayanan baik kepada masyarakat maupun pedagang. Adapun yang menjadi kendala adanya karyawan yang tidak menjalankan fungsinya dengan baik dikarenakan beberapa rancangan masih dalam tahap uji coba


Keywords


Operations Management, Operational Management, Regional Enterprises

Full Text:

PDF

References


T. Hani Handoko,1984. Dasar-Dasar Manajemen Produksi Dan Operasi, Yogyakata, BFE.

Assauri, Sofjan,2004.“Manajemen Produksi dan Operasi Edisi Revisi 2004” Jakarta, Lembaga Penerbit FE-UI,

Sumayang Lalu, 2003. Dasar- dasar Manajemen dan Produksi, Jakarta: PT. Salemba Empat.

Jay Heyzer dan Barry Render, 2005 Manajemen Operasi, Salemba Empat, Jakarta.

D.T Johns.H. A. Harding, 2001. Manajemen Operasi Untuk meraih Keunggulan Kompetitif, Jakarta: PT. PPM Anggota Ikapi.

M. Manulang, 2001. Dasar-Dasar Manajemen, Medan, C. V.Amanlaham.

Arikunto suharsimi Prof. Dr. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sriwardany. 2006. Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Kebijakan Struktur Modal dan Dampaknya Terhadap Perubahan Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur, Tesis S2, Program PascaSarjana, Universitas Sumatera Utara.

Lestari, D.D., Nurdiani, Y., Ardillah, M., dkk: 2011. Manajemen Operasional Produk dan Jasa, Jakarta : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

D.T Johns.H. A. Harding, 2001.Manajemen Operasi Untuk meraih Keunggulan Kompetitif, Jakarta: PT. PPM Anggota Ikapi.

Prawiro Sentono, Suryadi.2007. Manajemen operasi analisis dan Study Kasus, Jakarta: PT. Bumi Aksara,

D.T. Johns dan H.A. Harding, 1996. Manajemen Operasi, PT. Ikrar Mandiriabadi,Jakarta,hlm 387

Pandji Anoraga, 2009. Manajemen Bisnis, Rineka Cipta, Jakarta, hlm 199

http://kuliah-manajemen.blogspot.co.id/2009/11/manajemen-perasional.html

http://www.academia.edu/7205386/Kontribusi_Manajemen_Operasi_Terhadap_Perusahaan

http://www.pdpasarkotakendari.com/

http://www.pdampurwakarta.com/profil-perusahaan/tugas-pokok-dan-fungsi/

http://www.negarahukum.com/hukum/perusahaan-daerah.html

https://4meli.blogspot.com/2016/09/makalah-manajemen-operasi.html

http://makalahmatakuliahekonomimanajemen.blogspot.com/2016/06/makalah-manajemen-operasional-2.html

http://www.academia.edu/28863975/Makalah_Manajemen_Operasi

http://makalahterbaruku.blogspot.com/2016/10/makalah-manajemen-operasi.html




DOI: http://dx.doi.org/10.33772/bujab.v5i1.12631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Fandi Purnayan Wulele, Jamal Bake, Makmur kambolong

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Universitas Halu Oleo Universitas Halu Oleo Kendari

Mailing:
Laboratorium Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

Address: Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232, Indonesia.
Phone: 0811-3666-227
Contact E-Mail: erniqomariyah_fisip@uho.ac.id
Website: https://www.uho.ac.id/ 


Creative Commons License
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.